Biodata Nikola Tesla Penemu Listrik Terbesar Sepanjang Masa

Biodata Nikola Tesla Penemu Listrik Terbesar Sepanjang Masa

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Nikola Tesla seorang penemu listrik terbesar sepanjang masa. Penasaran ingin tahu tentang penemu listrik terbesar sepanjang masa, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Nikola Tesla :

Lahir : Smiljan, Kroasia, 10 Juli 1856 

Meninggal : New York City, 7 Januari 1943 (umur 86)

Dikenal atas : penemu listrik terbesar

 

Nikola Tesla (10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang  fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik asal Amerika Serikat. Dia penemu listrik pertama di dunia yang lahir pada tanggal 10 Juli 1856 di Smijan yang ketika itu menjadi bagian dari kerajaan Austro Hungarian, kini Yugoslavia.

Tesla pertama kali datang ke New York pada tahun 1884, waktu itu dia hanya membawa uang 4 sen serta koper berisikan beberapa artikel teknik yang di tulisnya di Beograd dan juga Paris. Ini merupakan  sebuah buku kumpulan puisi karya Nikola dan beberapa kalkulasi teknis mesin terbang.

Namun  dalam pemikirannya telah tersimpan semua detail mengenai generator arus C polyphase yang  selanjutnya  menjadi dasar instalasi pembangkit listrik tenaga air tahun 1895 di air terjun niagara serta sebagai standar mesin industri.

Nikola Tesla dianggap sebagai salah satu penemu listrik terpenting dalam sejarah dan  juga merupakan salah satu teknisi terbesar di akhir abad ke- 19 dan ke- 20. Tesla adalah seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel juga daya listrik. Dia merupakan keturunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat  pada tahun 1981 saat bekerja di negara itu.

Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan  dasar dari daya listrik arus bolak balik modern, termasuk halnya distribusi daya polyphase dan juga motor AC, yang dia umumkan pada revolusi industri ke- 2. Setelah pendemonstrasikan komunikasi tanpa kabel di tahun 1893 dan juga  memenangkan perang arus, Nikola dianggap sebagai salah satu teknisi listrik Amerika Serikat yang paling hebat.

Baca Juga :  Biodata Radjiman Wedyodiningrat

Di New York Tesla bekerja untuk Edison dan sukses merancang sebanyak 24 jenis dynamo. Akan tetapi keduanya seakan tidak pernah cocok, sehingga pada tahun 1887 Tesla memutuskan untuk keluar dan  juga mendirikan laboratorium sendiri.

Hanya dalam waktu  yang singkat saja Nikola Tesla berhasil membuktikan bahwa sistem arus AC – nya jauh lebih hebat apabila dibandingkan dengan sistem AC edision. Luar biasanya lagi, kurang dari 1 tahun Tesla telah  mematenkan sekitar 30 karya.

Kemudian di 20 tahun berikutnya Tesla mengeluarkan penemuannya dalam bidang teknik listrik serta radio dalam jumlah yang sangat mengagumkan.  Namun  sangat disayangkan sekali, serangkaian kecelakaan telah memusnahkan banyak tulisannya.

Untungnya masih ada usaha untuk meluruskan penemuannya, misalnya saja Nikola bukan nya Marconi sebagai penemu sirkuit pencari gelombang yang menjadi dasar radio. Pahitnya, fakta tersebut di tentukan pengadilan tinggi Amerika Serikat tepat ditahun kematiannya.

Sebenarnya  masih berjajar kemungkinan gelar yang lainnya seperti peneliti pertama sinar katoda dan juga sinar X, radiasi ultraviolet dari arus dengan frekuensi tinggi dan juga  efek terapinya terhadap tubuh.

Tesla juga yang telah merancang nenek moyang tabung lampu fluorescent serta  mengembangkan alat berupa laser. Karena kreatifitasnya tersebut  pada  tahun 1912 Nikola Tesla di nominasikan untuk hadiah Nobel dalam bidang ilmu fisika. Akan tetapi dia menolaknya , Nikola Tesla lebih merasa berhak mendapatkan di tahun 1909 atas Nobel yang di anugerahkan pada Marconi. Alasannya, di tahun 1898 di Madison Square Garden dia telah mendemonstrasikan perahu radio kontrol.

Berbeda dengan Marconi, Nikola Tesla sangat peduli dengan transmisi energi tidak hanya dalam jumlah kecil yang berupa sinyal radio saja, namun  juga energi besar listrik untuk keperluan rumah tangga serta industri.

Baca Juga :  Contoh Soal Berdasarkan Kisi Kisi PPG Dalam Jabatan 2022

Pada tahun 1899 Tesla membangun stasiun pengirim tenaga listrik raksasa di Colorado Springs. Prinsip kerjanya sangat sederhana, yaitu  serupa dengan mainan ayunan anak – anak. Dorongan ringan akan mulai menggerakkannya,  dan juga dorongan sama disaat yang tepat akan menjadikan ayunan itu semakin tinggi.

Demikian juga rangkaian dari getaran listrik, frekuensi yang diterimanya tepat pada kumparan utama. Getaran pada tiang di hubungkan dengan menggunakan  kumparan kedua Nikola akan bangkitkan gelombang radio frekuensi tinggi yang  dapat  berjalan jauh hingga ke belahan bumi lainnya secara bolak – balik.

Penutup

Itulah biodata Nikola Tesla seorang penemu listrik terbesar sepanjang masa. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

sumber : toko.co.id

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski