Biodata Stanley Gerald Thompson Penemu Unsur Transuranium

Biodata Stanley Gerald Thompson Penemu Unsur Transuranium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Stanley Gerald Thompson seorang penemu Unsur Transuranium. Penasaran ingin tahu tentang penemu Unsur Transuranium, simak penjelasannya berikut ini.

Stanley Gerald Thompson (1912-1976) adalah seorang ahli kimia asal Amerika. Bersama Glenn T. Seabrorg ia menemukan beberapa unsur transuranium. Thompson menerima Guggenheim Fellowship (Ilmu Pengetahuan Alam – Kimia) pada tahun 1954.

Berkelium salah satu unsur yang sangat kecil diproduksi dalam eksperimen nuklir. Unsur ini pertama kali disintesis, diisolasi dan diidentifikasi pada bulan Desember 1949 oleh Glenn T. Seabrorg, Albert Ghiorso, Stanley G. Thompson, dan Kenneth Street, Jr.

Mereka menggunakan siklotron 60 inci di University of California, Berkeley. Mirip dengan penemuan amerikium yang hampir simultan (unsur 95) dan curium (unsur 96) pada tahun 1944, unsur baru berkelium dan kalifornium (unsur 98) keduanya diproduksi pada tahun 1949-1950.

Berkelium ialah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Bk dan nomor atom 97. Unsur sintetik logam radioaktif anggota deret kimia aktinida ini pertama kali disintesis dengan menembakkan amerisium dengan partikel alfa (ion helium) dan diberi nama dari nama Berkeley, California dan Universitas California, Berkeley. Berkelium merupakan unsur transuranium kelima yang berhasil disintesis.

Penutup

Itulah biodata Stanley Gerald Thompson seorang penemu Unsur Transuranium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : en.wikipedia.org

Baca Juga :  Biodata Paul Ehrlich Penemu Kemoterapi

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski