Biodata Stephen Hales Penemu Ventilator, Palung Pneumatik dan Bedah Forceps

Biodata Stephen Hales Penemu Ventilator, Palung Pneumatik dan Bedah Forceps

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Stephen Hales seorang penemu ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps. Penasaran ingin tahu tentang penemu ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Stephen Hales :

  • Lahir : 17 September 1677 Bekesbourne, Kent
  • Meninggal : 4 Januari 1761 (umur 83) Teddington
  • Kebangsaan : Inggris
  • Bidang : Fisiologi tanaman, Kimia, Fisiologi
  • Dikenal atas : penemu ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps. 
  • Penghargaan : Copley Medal (1739)

 

Stephen Hales adalah seorang pendeta asal Inggris yang berkarya dalam berbagai bidang ilmiah seperti: botani, pneumatik kemistri dan fisiologi. Dia menciptakan beberapa perangkat seperti: ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps untuk menghilangkan batu kandung kemih.

Biografi

Stephen Hales lahir di Beakesbourne, Kent pada tanggal 17 September 1677. Stephen Hales belajar di Universitas Bene’t (sekarang Corpus Christi, Universitas Cambridge) untuk belajar teologi, dan lulus pada tahun 1700. Stephen mendapatkan gelar masternya pada tahun 1703 dan lulus sebagai sarjana divinitas pada 1711.

Stephen lalu menyelesaikan studi teologinya di Universitas Cambridge pada tahun 1733. Saat masih menjadi mahasiswa, Stephen menekuni dunia astronomi, fisika, dan kemistri, tetapi perhatiannya langsung tertuju pada prinsip psikologi tumbuhan dan hewan.

Pada tahun 1709 Stephen meninggalkan Cambridge, tempat di mana ia telah menghabiskan 13 tahun sebagai imam abadi di Teddington, Middlesex, di mana ia tinggal dan wafat. Stephen juga menjadi rektor di Porlock, Somerest, dan Faringdon, Hampshire, tempat dia menghabiskan musim panas ketika melakukan cuti dari Teddington.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Selasa 9 Agustus 2022

Pada tahun 1719, Stephen menikah dengan Mary Newce yang meninggal pada tahun 1721. Mereka tidak memiliki anak. Stephen Hales meninggal pada tanggal 4 Januari 1761 di Teddington.

Penemuan

Udara yang buruk atau basi dianggap menjadi penyebab penyakit dan kematian pada abad ke-18. Kematian dan penyakit umum terjadi di kapal penuh sesak dan penjara. Stephen Hales adalah salah satu dari beberapa orang pada awal abad ke-18 (penemu terkenal lainnya adalah John Theophilus Desaguliers, Marten Triewald dan Samuel Sutton ) yang mengembangkan bentuk ventilator untuk meningkatkan kualitas udara.

Ventilasi buatan Stephen Hales

Ventilator Stephen Hales biasanya bekerja dengan tangan versi yang lebih besar meskipun telah didukung oleh kincir angin. Ventilator itu banyak dipasang di kapal, penjara dan tambang dan berhasil dalam mengurangi penyakit; versi ventilator Hales ‘juga digunakan dalam melestarikan makanan dan pengeringan biji-bijian.

Stephen Hales juga bereksperimen dengan cara penyulingan air tawar dari air laut, mengawetkan air dan daging di pelayaran laut, mengukur kedalaman di laut, mengukur suhu, dan menulis pada berbagai mata pelajaran termasuk gempa bumi, metode pencegahan penyebaran kebakaran, dan perbandingan angka kematian dalam hubungan dengan paroki-paroki pedesaan dan perkotaan. 

Karya Lainnya

Stephen Hales juga terkenal karena Statis Essays. Volume pertama, Staticks sayuran (1727), berisi penjelasan tentang eksperimen dalam fisiologi tanaman dan kimia. Volume kedua, Haemastaticks (1733), menjelaskan percobaan pada fisiologi hewan termasuk pengukuran “kekuatan darah”, yaitu tekanan darah.

Penutup

Itulah biodata Stephen Hales seorang penemu ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski