Biodata Wilhelm Hisinger Penemu Serium

Biodata Wilhelm Hisinger Penemu Serium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Wilhelm Hisinger seorang penemu Serium. Penasaran ingin tahu tentang penemu Serium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Wilhelm Hisinger :

Lahir : 23 Desember 1766

Meninggal : 28 Juni 1852

Kebangsaan : Swedia

Dikenal atas : penemu Serium

 

Wilhelm Hisinger ialah seorang fisikawan dan ahli kimia asal Swedia yang pada tahun 1807, berkolaborasi dengan Jöns Jakob Berzelius, mencatat bahwa dalam elektrolisis setiap zat yang diberikan selalu menuju ke kutub yang sama, dan zat-zat itu tertarik pada Tiang yang sama memiliki sifat lain yang sama.

Hal itu menunjukkan bahwa setidaknya ada korelasi kualitatif antara sifat kimia dan sifat listrik tubuh.
Pada tahun 1803, di laboratorium terpisah, Martin Heinrich Klaproth di suatu tempat, Berzelius dan Hisinger di tempat lain, unsur Cerium ditemukan, yang diberi nama setelah asteroid baru bernama Ceres ditemukan.

Cerium ditemukan hampir bersamaan di dua laboratorium, meski kemudian diperlihatkan bahwa Berzelius dan cerium Hisinger sebenarnya adalah campuran serium, lantanum dan yang disebut didimium.

Hisinger terpilih sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1804. Mineral herintit, silikat besi, dengan formula Fe 3+ 2 Si 2 O 5 (OH) 4 · 2H 2 O, dinamai sesuai nama Hisinger. Gunung Hisingerfjellet di Nathorst Land di Spitsbergen, Svalbard, dinamai menurut namanya.

Serium ialah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ce dan nomor atom 58. Unsur yang termasuk deret lantanida ini sering digunakan sebagai unsur pembentuk aloy aluminium dan aloy magnesium.

Serium ditemukan oleh tiga orang Kimiawan Martin Heinrich Klaproth, Jöns Jakob Berzelius dan Hisinger. Dinamai Serium setelah setelah ditemukannya asteroid  baru yang bernama Ceres.

Baca Juga :  Biodata George William Manby Penemu Alat Pemadam Api Pertamakali

Ditemukan hampir bersamaan di dua laboratorium, meskipun kemudian menunjukkan bahwa cerium Berzelius dan Hisinger itu sebenarnya merupakan campuran dari cerium, lantanum dan disebut didymium.

Penutup

Itulah biodata Wilhelm Hisinger seorang penemu Serium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_Hisinger