Biodata William Painter Penemu Tutup Botol

Biodata William Painter Penemu Tutup Botol

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata  William Painter seorang penemu tutup botol. Penasaran ingin tahu tentang penemu tutup botol, simak penjelasannya berikut ini.

Asal-usul tutup botol yang kita kenal mulai tahun 1892 dengan dipatenkannya temuan ini oleh William Painter  (U.S. Patent 468,258)Painter datang dengan ide untuk menggunakan tutup satu kali pakai dengan lekukan dan gerigi yang ia disebut gerigi mahkota karena mirip mahkota Ratu Inggris. Jenis tutup botol masih digunakan secara luas hari ini oleh industri bir.

Penemuan di awal tahun 1900-an ini diproduksi massal pada botol kaca sehingga menyebabkan peningkatan penggunaan “tutup mahkota”. Selain itu, pertumbuhan lebih lanjut datang dimana kemasan minuman lainnya diubah menjadi botol dengan menggunakan “tutup mahkota” sehingga dalam 20 tahun hampir semua minuman ringan dan botol bir, serta minuman olahraga menggunakan “tutup mahkota”.

Selama tahun 1960-an munculnya bahan sintetis yang lebih murah dan serta sumber daya logam yang jarang menyebabkan penggantian lapisan logam di tutup dengan plastik dan aluminium. Selain itu, beberapa “tutup mahkota” telah diganti dengan tutup plastik yang memiliki twist-off  sehingga tidak memerlukan pembuka tutup terpisah.  
 
Saat ini botol aluminium dan plastik anti bocor telah menggantikan sebagian besar “tutup mahkota” pada minuman botol kaca dan minuman kemasan plastik.Walaupun begitu masih banyak minuman bir dan minuman soda yang masih menggunakan tutup mahkota ini, walau terdapat perbedaan pada desain awal dimana dulu tutup botol mahkota ini memiliki 24 gerigi, sedangkan sekarang hanya memiliki 21 gerigi.

Penutup

Itulah tadi biodata  William Painter seorang penemu tutup botol. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Georges Claude Penemu Lampu Neon

sumber : tutupbotol83.blogspot.com