Biodata William Standish Knowles Penemu Sintesis Asimetris Terkatalisis

Biodata William Standish Knowles Penemu Sintesis Asimetris Terkatalisis

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William Standish Knowles seorang penemu sintesis asimetris terkatalisis. Penasaran ingin tahu tentang penemu sintesis asimetris terkatalisis, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata William Standish Knowles :

Lahir : 1 juni 1917 Taunton, Massachusetts, Amerika Serikat

Meninggal : 13 Juni 2012 (umur 95) Chesterfield, Missouri, Amerika Serikat

Lembaga : Thomas dan Hochwalt Laboratorium, Monsanto Company

Alma mater : Harvard University (BS), Columbia University (Ph.D.)

Penasihat Doktor : Robert Elderfield

Dikenal untuk : Ligan fosfin kiral yang terbukti efektif dalam sintesis enantio selektif dari L-DOPA

Penghargaan : Nobel Kimia (2001)

 

William Standish Knowles adalah kimiawan asal Amerika. Knowles adalah salah satu penerima Nobel Kimia tahun 2001. Knowles berbagi setengah hadiah dengan Ryoji Noyori untuk pekerjaan mereka dalam sintesis asimetris, khusus untuk karyanya dalam reaksi hidrogenasi. Sisi lainnya diberikan kepada K. Barry Sharpless untuk karyanya dalam reaksi oksidasi.

William Standish Knowles lahir pada tanggal 1 Juni 1917 di Taunton, Massachusetts, Amerika Serikat. Pendidikannya diawali di Sekolah Berkshire di Sheffield, Massachusetts.

Knowles mengetuai akademis kelasnya dan setelah lulus diterima di Universitas Harvard setelah melewati ujian College Board. Merasa bahwa Knowles terlalu muda untuk kuliah, Knowles menghabiskan satu tahun di Phillips Academy di Andover, Massachusetts .

Knowles menerima penghargaan pertamanya di bidang kimia, sebesar $ 50 Boylston Hadiah sekolah. Setelah satu tahun mempersiapkan pendidikannya, Knowles menghadiri sekolah di Harvard, di sana Knowles mengambil jurusan kimia, dengan fokus pada kimia organik.

Baca Juga :  Biodata Charles Goodyear Penemu Sisir Berbahan Karet

Knowles mendapatkan gelar sarjana pada tahun 1939, dan menghadiri Columbia University untuk sekolah pascasarjana.

Penghargaan dan kehormatan

Pada tahun 2008, William Standish Knowles menerima Peter H. Raven Lifetime Achievement Award, dari Academy of Science, St. Louis.

Hadiah Nobel

Knowles berbagi setengah dari Hadiah Nobel Kimia pada tahun 2001 dengan Ryoji Noyori untuk “pekerjaan mereka pada reaksi hidrogenasi chirally katalis”.

Setengah dari hadiah itu diberikan kepada K. Barry Sharpless untuk pengembangan berbagai oksidasi katalitik asimetris. Knowles mengembangkan salah satu yang pertama hidrogenasi asimetris katalis dengan mengganti akiral trifenilfosfina ligan dalam katalis Wilkinson dengan kiral ligan phosphin.

Katalis eksperimental ini efektif untuk sintesis enantioselektivitas, mencapai 15%  kelebihan enansiomer.

Hidrogenasi-Knowles1968

Knowles yang pertama untuk menerapkan katalis logam enantioselektif untuk sintesis skala industri; saat bekerja untuk Monsanto Company ia mengembangkan langkah hidrogenasi enantioselektif untuk produksi L-DOPA , memanfaatkan DIPAMP ligan.

L-DOPA synthesis2

Kehidupan pribadi

Setelah pensiun pada tahun 1986, Knowles tinggal di Chesterfield, Missouri, pinggiran St. Louis. Dalam pensiun Knowles mengembalikan padang rumput rumput asli di sebuah peternakan seluas 100 hektar yang diwariskan kepada istrerinya.

Knowles menikah dengan Nancy, selama 66 tahun dan memiliki empat anak, Elizabeth, Peter, Sarah dan Lesley McIntire. Knowles juga memiliki empat cucu.

Kematian

William Standish Knowles meninggal di Chesterfield pada tanggal 13 Juni 2012 di usia 95 tahun. Knowles dan istrinya sebelumnya telah menyatakan bahwa pertanian mereka akan disumbangkan untuk dikonversi menjadi taman kota setelah kematian mereka.

Penutup

Itulah biodata William Standish Knowles seorang penemu sintesis asimetris terkatalisis. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia

 

 

Baca Juga :  Biodata Josaphat Tetuko Sri Sumantyo Penemu Radar Satelit Pengamatan Permukaan Bumi

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski