Cara Merawat Daun Miyana Merah

Cara Merawat Daun Miyana Merah – Tanaman hias yang satu ini sudah tidak asing lagi ya di telinga Sobat Waca Berita. Tanaman yang memiliki berbagai nama berbeda di daerah-daerah di Indonesia ini selain dimanfaatkan untuk penghias taman, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Miyana Merah memiliki nama ilmiah Coleus atropurpureus. Masyarakat beberapa daerah di Indoensia menyebutnya dengan daun iler, mayana, miana, Sigresing, Adong-adong, Jawek Kotok, Iler, Ati-ati dan Serewung.

Manfaat daun Miyana Merah

Seperti yang sobat ketahui, daun miyana ini tidak hanya dijadikan tanaman hias, namun masyarakat juga memanfaatkannya sebagai sayuran dan obat tradisional. Tercatat daun miyana memiliki segudang manfaat. Ambil saja salah satu bagian tanaman ini yaitu daunnya yang berkhasiat sebagai obat wasir, obat bisul, obat demam nifas, obat radang telinga dan obat haid tidak teratur.

Perawatan Tanaman Hias Miyana Merah

Secara umum tanaman hias miyana menyukai lokasi yang terang dan bisa beradaptasi pada area yang disinari matahari penuh. Kamu dapat merawat tanaman ini dengan menyiramnya satu sampai dua hari sekali, karena tanaman miyana menyukai air. Jadi jangan sampai terlambat menyiraminya ya Sob karena bisa beresiko membuat miyana merah menjadi layu.

Sobat juga bisa menanam miyana di dalam pot. Jika menghendaki agar tanaman miyana merah tidak terlalu tinggi, kamu harus sering melakukan trimming atau pemangkasan agar tumbuh rimbun.

Selain itu, daun miyana merah ternyata juga tahan dengan panas matahari, daunnya tidak mudah terbakar jika terkena sinar matahari langsung. Kamu juga harus tahu nih, bahwa sinar matahari yang optimal bisa mempengaruhi warna miyana. Semakin mendapat paparan sinar matahari, warnanya akan semakin memikat mata.

Baca Juga :  Biodata Siti Latifah Herawati Diah

Pemupukan Miyana Merah

Untuk pemupukan, kamu dianjurkan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang alami sebulan sekali. Tanaman ini termasuk tanaman yang fast growing atau bertumbuh dengan cepat, jadi tidak perlu terlalu sering memberi pupuk.

Penyakit Daun Miyana Merah

Pada umumnya tanaman hias miana sering terserang hama berupa ulat dan kutu putih. Kamu dapat menyemprotkan insektisida secara berkala untuk mencegah hama-hama tersebut mengganggu tanaman hias kesayanganmu ini.

Cara Merawat Daun Miyana Merah

Demikian informasi tentang cara merawat daun miyana merah. Bagaimana Sob, tertarik untuk membudidayakan tanaman hias ini?

Semoga bermanfaat.