Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Sobat Musti Coba!

bisnis online untuk pelajar

Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Sobat Musti Coba! – Sobat Waca berita terutama yang berstatus sebagai pelajar bukanlah suatu halangan untuk memulai sebuah bisnis. Sebab, ada banyak pilihan usaha yang dapat dikerjakan meski sambil belajar. Rasanya, tentu menyenangkan bukan bila memiliki penghasilan sendiri? Nah umumnya, kendala terbesar pemula adalah merasa bingung peluang bisnis online untuk pelajar bagaimanakah yang tepat.

Kini Sobat tak perlu khawatir, dalam artikel kali ini Populix akan merangkum beberapa contoh bisnis online untuk pelajar dengan modal kecil dan untung besar. Jadi, daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya hingga akhir, ya!

Berikut contoh bisnis online untuk pelajar yang bisa menambah pengalaman dan juga penghasilan tambahan Sobat, diantaranya:

Menjadi affiliate marketing

Ide bisnis online untuk pelajar pertama adalah affiliate marketing atau bisnis affiliate. Cara kerjanya mirip MLM, yakni Sobat hanya diminta mengajak orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan. Produk tersebut adalah milik bisnis orang lain, sehingga Sobat akan memperoleh komisi bila berhasil mengajak sejumlah orang untuk membelinya.

Membuat blog

Sobat tertarik di bidang tulis menulis atau mahir membuat kata-kata? Mungkin ide bisnis online untuk pelajar satu ini bisa untuk dicoba. Ide tersebut adalah membuat blog atau menjadi blogger. Sobat dapat mulai belajar menulis artikel, cerita, dokumenter, dan lainnya. Sobat bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blog tersebut.

Baca Juga :  Bayar Shopee Paylater dengan Virtual Account

Menjadi admin media sosial

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah menjadi admin media sosial. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Sobat yang sangat aktif dan kreatif dalam mengelola media sosial. Sobat bisa membuka jasa admin media sosial misalnya untuk akun Instagram atau TikTok UMKM atau bisnis orang lain.

Fotografer

Bisnis online untuk pelajar satu ini adalah salah satu ide bisnis yang paling mudah dimulai, apalagi jika Sobat hobi di bidang fotografi. Sobat hanya membutuhkan kamera DSLR atau kamera sejenis lainnya, serta kemampuan mengambil angle gambar dan mengeditnya. Kalau tidak punya kamera? Jangan khawatir, Sobat dapat menyewanya dari tempat rental kamera.

Menjadi reseller atau dropshipper

Ide bisnis online untuk pelajar berikutnya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Agar pekerjaan ini dapat memberikan Sobat keuntungan yang banyak, Sobat bisa memilih supplier yang menjual produk terkenal, sedang tren dan terpercaya.

Membuka jasa online

Sobat mahir dalam mendesain sesuatu, menulis artikel atau berita, dan menguasai banyak bahasa asing? Yuk mulai sekarang manfaatkan kelebihan Sobat tadi dengan membuka jasa untuk mengerjakan hal-hal tersebut.

Seperti jasa desain logo merek, desain poster, desain konten media sosial, menulis artikel dan berita, serta penerjemah novel atau cerita. Sobat bisa menentukan biaya jasanya sendiri sesuai dengan kualitas yang Sobat berikan.

Streamer

Ingin hobi bermain video game Sobat semakin bermanfaat? Mungkin streamer adalah salah satu solusinya. Menjadi streamer merupakan ide bisnis online untuk pelajar yang sangat menyenangkan. Sobat bisa menjalin kontrak bersama platform live streaming untuk bisa mendapatkan uang dari donasi seperti berupa koin, likes, sticker gift, dan sebagainya.

Membuat podcast

Akhir-akhir ini podcast menjadi salah satu konten media yang digemari oleh banyak orang. Hanya dengan perlengkapan audio yang cukup dan kamera perekam jika menggunakan YouTube, Sobat sudah bisa menjadi seorang podcaster.

Baca Juga :  Tips Memulai Usaha Fotocopy Sukses dan Menguntungkan

Namun, tentunya Sobat harus menyampaikan topik yang menarik dan pembawaan yang asyik. Bukan tak mungkin, nantinya Sobat bisa berkolaborasi dengan sponsor. Informasi lebih lengkapnya dapat Sobat baca di cara membuat podcast untuk pemula.

Menjadi vlogger

Selain menjadi podcaster di YouTube, Sobat juga bisa membuat video blog atau vlog. Sobat dapat membuat berbagai macam video dengan tema menarik, unik dan informatif. Dengan begitu, nantinya banyak penonton yang menonton video Sobat akan men-subscribe, sehingga Sobat bisa mendapatkan adsense dari hasil tersebut.

Bisnis camilan

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah menjual makanan camilan. Ada banyak pilihan jenis makanan camilan menarik yang bisa Sobat jual, seperti keripik, camilan dari tepung aci, biskuit, dan lainnya. Sobat bisa menjualnya melalui media sosial atau bahkan e-commerce dengan modal yang tidak terlalu besar, bahkan bisa di bawah Rp 100.000.

Menjual barang preloved

Jika Sobat gemar membeli dan mengoleksi barang-barang branded, Sobat bisa menjual kembali produk tersebut yang mungkin sudah tidak dipakai lagi atau disebut juga preloved. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi Sobat dibanding hanya disimpan begitu saja di rumah.

Membuka les privat

Merasa kemampuan akademik Sobat baik dan senang mengajari ilmu pengetahuan kepada teman? Sobat harus coba membuka bisnis online untuk pelajar dengan menjadi guru privat.

Tak semua pelajar punya dana cukup untuk bisa les privat di lembaga bimbingan belajar. Maka dari itu, Sobat bisa membuka les privat dengan harga lebih terjangkau guna memfasilitasi mereka yang belum mampu, itu merupakan hal yang sangat bermanfaat sekaligus menguntungkan.

Menjual kerajinan tangan

Bagi Sobat yang suka membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wall, dan sebagainya, Sobat dapat mulai menjual kerajinan tangan. Di samping menyalurkan hobi, Sobat juga akan memperoleh keuntungan besar dari bisnis ini.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Pertamina 2021 Fresh Graduates, Buruan Daftar !!

Apalagi saat ini banyak orang Indonesia telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga ke luar negeri. Peluang usaha yang menggiurkan bukan?

Menjadi influencer

Profesi ini mungkin tidak asing lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial. Yup, menjadi influencer memang tampak mengasyikkan karena bisa mendapatkan penghasilan hanya dari sosial media.

Kalau Sobat memiliki followers banyak di Instagram misalnya, tak ada salahnya Sobat mencoba menjadi seorang influencer dengan membuat konten yang menarik. Jangan lupa asah skill public speaking Sobat, ya.

Menjadi content creator

Sama halnya dengan menjadi podcaster atau vlogger, menjadi content creator ini cakupannya lebih luas. Tak hanya di YouTube, tapi Sobat juga bisa membuat konten sekreatif dan semenarik mungkin sesuai passion Sobat di beberapa platform media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Dengan ketekunan Sobat dalam menjalaninya, kesempatan Sobat untuk menjadi content creator terkenal sangat terbuka lebar.

Nah sobat, itulah beberapa ide bisnis online untuk pelajar yang bisa Sobat coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sobat mau nyoba yang mana nih?

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi