Sukses! Begini Cara Jualan Online Bagi Pemula

cara jualan online

Sukses! Begini Cara Jualan Online Bagi Pemula – Sobat Waca Berita, seperti yang Sobat ketahui, pada eranya jualan online seperti saat ini, keperluan dari ujung rambut hingga ujung kaki, bisa Sobat temukan di internet. Dengan kata lain, apa saja bisa Sobat jual secara online.

Namun, meski ada banyak sekali kesempatan, tak semua orang memiliki kisah sukses jualan online. Tak sedikit toko online yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita macam inilah yang mungkin membuat Sobat bingung dalam berusaha.

Perkembangan bisnis online atau berjualan secara online memang telah mengalami peningkatan yang cukup baik saat beberapa tahun belakangan. Untuk para konsumen juga untuk mencari barang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki juga dapat ditemukan dengan lebih mudah secara online.

Namun, meski untuk peluang pada bisnis terbuka lebar untuk siapapun, tidak semua menjalani kesuksesan seperti yang telah diharapkan ada yang telah gagal, ada yang berhasil. Untuk keberhasilan yang diraih juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Meski terlihat mudah, berjualan secara online juga perlu strategi yang jitu. Selama ini mungkin Sobat mengira bahwa berjualan secara online bisa langsung mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Tentu saja, selama Sobat tahu bagaimana cara meramu strategi jualan online untuk usaha Sobat.

Bagaimana tidak, berjualan online berarti Sobat akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat sehingga Sobat harus mencari cara agar usaha untuk bisa unggul di kancah online commerce. Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan ada berbagai strategi jualan online untuk usaha Sobat.

Simak Cara Jualan Online Bagi Pemula

Berikut ini Cara Jualan Online Bagi Pemula yang berhasil dirangkum oleh redaksi Wacaberita!

Ketahui apa itu Nilai Jual Produk (Unique Selling Points)

Apa yang menjadi kelebihan produk dalam bisnis Sobat? Jawaban yang jadi: harga terjangkau, kualitas super, atau pertama di kelasnya. Pertanyaan semacam ini cenderung mudah dijawab. Bagaimana kalau saya ubah pertanyaannya jadi: apa yang menjadi kelebihan produk yang tidak dimiliki pesaing Sobat?

Pertanyaan itu seharusnya memang membuat Sobat berpikir. Sebab, di sanalah Sobat sedang mencari jawaban unique selling points (USP) atau disebut sebagai nilai jual produk. Berbeda dengan kelebihan dari produk yang jumlahnya bisa banyak, USP biasanya hanya satu saja. Satu poin tersebut yang nantinya akan menjadi kunci untuk membedakan bisnis Sobat dari kompetitor.

Lebih mudahnya membayangkan USP yang menarik, dibawah ini adalah contoh USP yang telah dimiliki produk bisnis kelas dunia.

Starbucks ? berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas premium;
Zappos ? kebijakan penukaran barang yang sangat ramah untuk pelanggan;
FedEx ? jaminan paket sampai dalam semalam;
Domino’s Pizza ? pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit.
Ketika Sobat telah temukan beberapa calon USP yang menarik, kali ini sesuaikan USP dengan para calon pelanggan, keputusan beli, kebiasaan pelanggan, trend, dan tokoh panutan pelanggan.

Dengan begitu, coba cara jualan online dengna mengkombinasikan calon USP dengan sifat pembeli yang mungkin telah Sobat buat. Jika Sobat telah mampu mengeksekusi tips ini dengan baik, penjualan Sobat dijamin akan semakin laku.

Baca Juga :  Inspirasi Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan

Buat Website Toko Online Sendiri

Banyak yang menganggap tidak perlu membuat toko online sendiri, karena banyaknya marketplace yang telah menyediakan serta membantu orang banyak untuk berjualan secara online.

Marketplace memang bersifat relatif lebih mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan menjalankan bisnismu. Namun, justru dengan kemudahan tersebut memiliki banyak pesaing yang membuat Sobat akan berebut calon pelanggan hingga pada akhirnya membuat Sobat memasang harga yang murah sehingga memakan waktu lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review.

Namun, setelah menjalani proses tersebut brand Sobat masih belum dikenal secara baik. Mereka hanya akan mengingat marketplace yang akan digunakannya dibandingkan dari merk produk milikmu. Karenanya menjadi penting untuk kamu memiliki website sendiri sebagai alat untuk mengenalkan merk serta produk milikmu.

Pelajari dan Pahami Data

Data menjadi hal penting dalam sebuah bisnis. Peter Sondergaard mengatakan bahwa data layaknya sebagai minyak di abad 21. Lalu, analisa data adalah menjadi mesin pembakarannya. Maksudnya, Sobat harus cerdas dalam mempelajari data yang berkaitan dalam bisnis. Khususnya data soal penjualan juga data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Pertama, data soal penjualan. Biasanya dalam data ini otomatis bisa didapat dari fitur laporan pada CMS yang digunakan. Data tersebut, Sobat bisa tahu produk jualan online terlaris, produk macam yang disukai pelanggan, kapan penjualan yang baik, serta kapan penjualan sedang menurun. Dari kelompok data pertama, Sobat bisa melakukan riset produk dan selera pasar. Lalu membuat produk-produk baru untuk dirilis ke pasaran.

Kedua, data yang berhubungan dengan promosi juga marketing. Lewat analisa dari Google, Sobat bisa memantau performa website secara menyeluruh. Siapa calon pelanggannya? Halaman mana saja yang paling banyak dibuka oleh pelanggan di toko online? Bagaimana caranya?

Tak hanya itu saja, Google Analytics juga bisa membaca data khusus untuk sebuah bisnis. Sobat bisa membaca performa website pesaing dalam satu industri yang sama, dapat mengetahui kata kunci yang sedang populer, mengetahui faktor yang menyebabkan user meninggalkan web, dan juga bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan sebuah email.

Cara Jualan Online Memakai Strategi Content Marketing

Sudah dengar istilah “Content Marketing”? Content marketing merupakan salah satu cara jualan online, yaitu sebuah teknik promosi yang berjalan pada pembuatan konten. Bukan asal sembarang konten yang dibuat, melainkan konten yang bersifat relevan, penting, bermanfaat, dan juga bisa menarik pelanggan dalam jangka panjang.

Semakin baik dan bermanfaat konten yang telah dibuat, semakin besar pula kemungkinan usaha Sobat ditemukan oleh para calon pelanggan melalui Google. Maksudnya adalah semakin besar pula kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan melalui strategi ini.

Blog bisnis menjadi sebuah investasi jangka panjang. Lewat blog Sobat bisa menunjukkan sisi friendly bisnis, membangun hubungan dengan para calon pelanggan, mengumpulkan data calon pelanggan, dan meningkatkan reputasi bisnis.

Bicara soal teknis, blog juga bisa jadi tempat baik untuk mengumpulkan semua promosi. Sehingga, konten promosi Sobat lebih mudah diakses oleh calon pelanggan. Mereka pun tak perlu repot untuk mengakses akun Instagram, Twitter, atau Facebook Page.

Aktif di Media Sosial

Meskipun Sobat sudah memiliki website dan blog, jangan pernah lupakan fungsi sosial media. Dari sosial media menjadi pintu utama sebuah perkenalan dibuka dengan calon pelanggan. Setelah mengetahui dan mengenal bisnis lebih dekat, mereka akan tertarik. Entah itu nanti dalam bentuk mengikuti akun, komentar, ataupun mengunjungi website yang telah diberikan (termasuk di dalamnya website, blog, dan YouTube).

Baca Juga :  Aplikasi Jual Pulsa Termurah Tahun 2021

Pernyataan di atas bukan sekedar asumsi. Faktanya, sebanyak 95 persen para pengguna sosial media pada umur 18-34 tahun tercatat telah mengikuti akun sosial media bisnis. Lalu sebanyak 93 persen pemilik akun menjadikan sosial media sebagai cara berkomunikasi dengan para brand (customer service). Ketika Sobat berhasil mewujudkan interaksi sosmed yang menyenangkan, menyentuh sebanyak 71 persen para pengguna akan merekomendasikan bisnis Sobat pada orang-orang terdekat.

Manfaatkan Word of Mouth Marketing

Berdasarkan fakta apa yang menjadi kata orang sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. Sobat kira, mengapa seorang pebisnis rela membayar untuk key opinion leader untuk bicara bagus soal bisnisnya? Itulah makna mengapa tips yang bisa dicoba agar jualan online Sobat semakin laris adalah dengan memanfaatkan word of mouth marketing.

Jika memiliki budget yang cukup, tak ada salahnya untuk mencoba promo melalui micro influencer. Seketika, bisnis Sobat dapat dikenal oleh para calon pelanggan dalam jumlah lebih banyak dan juga jangkauan audiens bisa bertambah luas.

Coba Cara Jualan Online Dengan Mengiklankan Bisnis Melalui Facebook, Youtube, dan Instagram

Berbeda dengan bahasan sebelumnya, pada bagian ini akan membahas secara spesifik tentang beriklan dalam sosial media.

Beriklan dalam sosial media tak hanya bertujuan meningkatkan brand awareness pada produk Sobat, beriklan juga dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan Sobat. Spesifiknya, beriklan dalam medsos merupakan sebuah langkah strategis serta lebih menghasilkan. Bahkan yang dapat bisa jadi lebih besar daripada beriklan melalui Google Ads.

Pertama, bagaimana cara sistem Google Ads dan Sosial Media Ads bekerja. Google Ads bekerja ketika para konsumen sudah tahu apa yang mereka butuhkan. Namun, dalam sosial media ads bekerja di dalam tahapan yang berbeda. Sosial media ads mengacu pada pelanggan bahkan sebelum pelanggan tahu apa yang mereka inginkan. Iklan produk akan tetap ditampilkan sesuai dengan segmentasi pasar yang telah dibuat.

Dengan kata lain, dalam sosial media ads menuntun pelanggan dari tahap awareness hingga pembelian. Sehingga, Sobat bisa menghadirkan bisnis pada tiap customer journey. Sehingga, akibatnya lingkup pasar Sobat akan jauh lebih luas.

Kedua, sosial media sendiri telah menawarkan opsi targeting yang lebih besar. Tak perlu repot – repot untuk mencari pelanggan satu per satu. Sosial media ads yang akan bekerja keras. Sobat hanya tinggal duduk bersantai sambil menikmati angka penjualan Sobat meningkat drastis.

Terdapat empat opsi targeting yang bisa disediakan sosial media ads:

Custom targeting

Dengan ini Sobat bisa menjangkau para pelanggan dengan kumpulan data leads yang telah dimiliki seperti alamat email, nomor telepon.

Lookalike targeting

Raih pelanggan baru dengan karakteristik yang sesuai dengan pelanggan yang Sobat miliki sekarang.

Interest targeting

Mirip dengan keyword targeting yang berada dalam Google Ads. Sosial media tempat beriklan akan menganalisa pengguna yang sebelumnya menggunakan keyword yang dipasang.

Connection/behaviour targeting

Jangkauan para calon pelanggan tertentu berdasar kebiasaan serta intensi belanja mereka atau bagaimana mereka pernah menyangkut ke salah satu halaman spesifik di website Sobat sebelumnya.

Cara Jualan Online dengan Membuat Isi Deskripsi Produk yang Unik serta Menarik

Hal-hal teknis seputar teknologi sering kali menjadi cara menaikan keuntungan pada jualan online. Hal yang tampak sepele dan remeh seperti deskripsi produk bisa juga mempengaruhi laris tidaknya sebuah jualan online Sobat.

Copywriting akan menjadi sebuah pelengkap semua dari usaha promosi yang sudah Sobat lakukan. Dengan kalimat promosi atau tulisan yang persuasif, Sobat dengan mudah meraih sisi emosional para pelanggan. Hingga dari sana, tuntunlah pelanggan potensial ke halaman pembayaran untuk selesaikan transaksi.

Baca Juga :  Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Bagaimana cara menulis yang berhasil menyentuh sisi emosi? Caranya yaitu;

Tentukan Target Persona Sobat dan Apa Produk Sobat

Kunci sukses dari sebuah bisnis adalah mengetahui siapa Sobat serta siapa konsumen Sobat, karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Memiliki gambaran yang baik terhadap siapa pelanggan yang akan sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis. Berbekal persona para pembeli, Sobat bisa dapat menyesuaikan bentuk tulisan agar dekat dan juga sesuai dengan keseharian mereka.

Misalnya, menulis copy untuk segmen pasar anak muda. Tentunya Sobat akan memakai bahasa yang lebih santai dan disertai slang. Berbeda halnya, dengan segmen pasar orang tua yang bahasanya lebih umum.

Selain profil pelanggan, jenis produk pun ikut mempengaruhi bentuk copy. Contohnya lagi, copy untuk aksesoris atau kaos anak muda. Selipan humor di deskripsi akan jadi poin keunikan tersendiri.

Gunakan Bahasa dan Nada yang Natural

Bentuk deskripsi yang baik tak harus menurut kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Semakin komunikatif dan natural bahasa yang digunakan, maka akan terdengar seperti yang diucapkan kerabat sendiri. Hasilnya, Sobat telah sukses menyentuh sisi emosional pembaca.

Mudahnya, ciri-ciri bahasa yang natural adalah mudah dibaca. Ketika tulisan memakai bahasa yang natural, calon pembeli tak perlu membaca deskripsi produk berkali-kali untuk tahu apa yang dijual. Cukup sekali sehingga mereka sudah tahu jelas mengenai kelebihan produk yang ditawarkan.

Ceritakan Bagaimana Produk Membantu para Pelanggan

Produk Sobat punya keunggulan yang tak dimiliki kompetitor? Hal itu menjadi sebuah keuntungan untuk Sobat. Pastinya Sobat perlu ceritakan hal tersebut ke dalam deskripsi produk.

Namun tetap perlu di ingat. Terlalu fokus pada fitur juga kehebatan produk memiliki konsekuensi fatal, yaitu Sobat bisa takkan menyentuh bagian sisi emosional para pelanggan potensial.

Sebagai gantinya, dengan fokus pada target konsumen. Gunakan cara paling terbaik dan gunakan “sepatu” mereka. Ceritakan siapa identitas mereka, masalah apa yang mereka akan hadapi, dan bagaimana produk Sobat yang akan memberikan solusi serta menjadikan diri mereka lebih baik lagi.

Ide Jualan Online Terlaris 2022

Setelah mengetahui banyaknya tips jualan online bagi pemula, kita perlu mengetahui apa produk jualan online terlaris. Hal ini dapat membantu untuk menentukan jenis bisnis yang tepat. Sobat bisa melakukan riset sendiri. Baik menggunakan Google Trends atau riset keyword.

Gadget

Indonesia merupakan salah satu kandang pasar gadget yang besar. Bahkan menurut sebuah data yang tertulis, setiap orang telah memiliki hingga 2 perangkat. Yang mana, gadget masih menjadi sebuah produk yang menjadi potensial untuk dijual.

Sesuai dengan data dari Google Trends juga menunjukkan bahwa pencarian “gadget” pada kategori “Shopping” pernah menembus angka tertinggi di tahun ini.

Makanan

Google Trends memang tidak menunjukkan tren yang terbilang tinggi untuk pencarian makanan. Hasil yang muncul terbilang stabil tentu dapat dipahami mengingat bahwa makanan adalah kebutuhan utama.

Pada Faktanya, berbagai bisnis jenis produk makanan bermunculan dan tak pernah sepi pembeli. Tidak hanya pada produk makanan utama, berbagai jenis variasi makanan ringan juga laris. Kesuksesan bisnis makanan terutama yang telah ditentukan oleh kualitas makanan dan juga pemasaran yang efektif. Dengan potensi ini, memulai bisnis kuliner menjadi ide bisnis yang menarik.

Pakaian

Tentu kita pernah berbelanja pakaian online. Kemudahan untuk menemukan penjual pakaian melalui toko online menjadi alasan yang baik atas berkembangnya bisnis tersebut.

Selain itu, pilihan produk yang beragam juga menjadi salah satu kunci larisnya penjualan produk pakaian. Mulai dari pakaian untuk pria atau wanita dewasa, hingga pakaian bayi dan anak-anak.

Elektronik

Seperti halnya gadget, masyarakat Indonesia gemar sekali untuk berbelanja produk elektronik. Data dari Kemenperin menyebutkan sebuah peningkatan transaksi penjualan diprediksi mencapai hingga 10%.

Pangsa pasar pada produk elektronik sendiri cukup luas. Tidak hanya pada produk produk baru saja. Beberapa marketplace pilihan juga menampilkan produk elektronik bekas untuk dijual. Khususnya dalam perkembangan teknologi memunculkan produk baru seperti TV Curved, perangkat Gopro, dan lainnya. Hal itu mengartikan, produk elektronik tidak akan sepi pembeli dan akan terus dicari pembeli.

Pahami Cara Jualan Online Bagi Pemula

Nah Sobat Waca Berita, itulah beberapa cara jualan online bagi pemula yang bisa sobat praktikkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Sobat semua dalam menjalankan bisnis online dan tentunya menjadi sukses seperti yang diharapkan. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi