Cara Membungkus Jambu Air Agar Tidak Busuk

Cara membungkus jambu air agar tidak busuk – Sobat Waca Berita yang memiliki tanaman buah jambu air pasti mengharapkan hasil yang maksimal. Untuk dapat menikmati buah jambu air yang segar dan lezat, ada beberapa hal yang harus sobat lakukan agar tanaman jambu air yang sudah dirawat bisa berbuah dan tidak rusak atau busuk. Salah satu yang dilakukan adalah kamu harus membungkus jambu air tersebut dengan tepat agar tidak busuk.


Pada umumnya, tanaman yang sobat rawat dengan baik akan menghasilkan buah yang segar dan lezat. Seringkali kita menemukan tanaman jambu air yang terlihat mulai berbuah lebat, akan tetapi pada saat akan dipanen, bukannya menghasilkan, buah jambu air yang diharapkan malah rusak bahkan busuk.


Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kondisi tanamannya sendiri yang kurang sehat, faktor luar seperti hama berupa lalat buah, iklim, kondisi tanah, atau bisa juga sobat kurang tepat dalam membungkus buah jambu.


Nah, kali ini Waca Berita akan memberikan informasi seputar cara membungkus jambu air agar tidak busuk, dengan harapan sobat akan bisa mendapatkan hasil dari tanaman jambu air yang segar, lezat dan ukurannya maksimal.

Manfaat membungkus jambu air agar tidak busuk

Membungkus jambu air dengan tepat merupakan teknik sederhana yang dilakukan oleh petani buah terutama agar buah terhindar dari hama lalat buah.

Baca Juga :  Sembuhkan HIV/AIDS, Khasiat Buah Nanas Untuk ODHA

Lalat buah merupakan salah satu serangga yang berpotensi sebagai hama utama pada tanaman buah seperti belimbing, jambu-jambuan, mangga, dan sebagainya. Lalat buah juga menyerang tanaman pertanian, sob, seperti cabe, terong dan tomat.

Ciri-ciri jika jambu air terserang hama lalat adalah timbulnya bercak-bercak pada kulit buah. Jika dibelah, maka akan terlihat ulat atau belatung yang bergerombol. Selain itu warna daging buah jambu air berubah menjadi coklat atau kehitaman.

Dengan membungkus jambu air secara tepat, kamu bisa mengurangi resiko jambu air terserang hama lalat ini. Namun ingat, sobat harus bisa membungkus buah jambu air dengan cara yang benar dan tepat waktu agar buah jambu tidak membusuk.

Cara membungkus jambu air agar tidak busuk

Para petani buah memiliki teknik yang sederhana dalam membungkus jambu air agar tidak busuk. Kamu bisa melakukan teknik tersebut agar mendapatkan buah jambu air yang segar, lezat dan bagus. Ada beberapa cara membungkus buah jambu air yang bisa kamu langsung praktikkan.

Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk membungkus jambu air. Dalam hal ini yang akan waca berita bahas ada dua yaitu media plastik, kertas, dan fruit cover.

Cara membungkus jambu air agar tidak busuk dengan plastik

Salah satu media yang sering dipakai petani buah untuk membungkus jambu air adalah plastik. Untuk membungkus jambu air dengan plastik, perlu dilakukan tahapan khusus sebelum plastik dipasang. Plastik tersebut harus diberi lubang-lubang yang cukup kecil di bagian bawah untuk menjaga kelembaban di dalam bungkus plastik tersebut agar buah jambu air tidak rusak atau busuk.

Kelebihan plastik jika digunakan untuk membungkus buah jambu air adalah media ini termasuk murah dan mudah ditemukan.

Baca Juga :  Menanam dan Merawat Keladi Cat Tumpah yang Mewah

Namun ada kekurangan yang sering ditemui, jika penggunaan plastik ini tidak tepat, bisa jadi buah yang jambu air yang dibungkus jadi rusak atau busuk karena lembab.

Sebaiknya kamu perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membungkus jambu air dengan menggunakan plastik, yaitu kamu harus memilih waktu yang tepat, yaitu pada saat kondisi buah jambu air benar-benar kering. Jangan membungkus buah jambu air pada pagi hari ketika masih berembun atau setelah hujan karena akan ada resiko lembab yang menyebabkan buah cepat membusuk.

Cara membungkus jambu air agar tidak busuk dengan kertas

Oleh karena sifat kertas yang mudah rusak jika terkena air, maka membungkus jambu air menggunakan kertas dilakukan pada saat cuaca kemarau akan lebih tepat. Untuk penggunaanya mirip dengan plastik hanya saja tidak perlu dilubangi.

Untuk pemasangan cukup mudah, gunakan kertas dibentuk seperti kantong, lalu ditiup terlebih dahulu agar mengembung. Pada bagian bawah ditekan agar membentuk seperti huruf “V”, lalu ikat pada ranting dengan menggunakan kawat.

Bentuk seperti ini akan menjaga buah jambu air menempel pada sisi kertas, yang akan mengurangi resiko rusak atau busuk.

Cara membungkus jambu air agar tidak busuk dengan fruit cover

Ada media lain lagi untuk membungkus jambu air agar tidak busuk, yaitu fruit cover. Kelebihan fruit cover ini adalah lebih awet karena menggunakan bahan dasar khusus.

Kamu bisa mendapatkan fruit cover yang memang didesain khusus untuk membungkus buah di marketplace.

Brongsong Jambu Air

Seperti yang sudah tertulis di atas, bahwa untuk membungkus atau brongsong jambu air memerlukan teknik yang sederhana tapi tidak bisa disepelekan. Untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal, sobat perlu memperhatikan semua hal yang bisa berpengaruh, termasuk bagaimana membungkus atau brongsong jambu air ini agar tidak membusuk.

Baca Juga :  Bonsai Cucur Atap Juara dari Rawa Istimewa

Cara Membungkus Jambu Kristal

Pembungkusan jambu air menggunakan media plastik, kertas maupun fruit cover bisa juga dilakukan untuk buah lain seperti jambu kristal. Pada intinya membungkus buah ini bertujuan menghindari buah terserang hama berupa ulat dan lalat buah.

Demikian beberapa informasi tentang cara membungkus jambu air agar tidak busuk. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, semoga sobat bisa mencegah jambu air tidak busuk dan bsia mendapatkan buah jambu air yang segar, lezat dan ukurannya maksimal ya sob. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski