Sistem Aquaponik Terbaik, Budidaya Tanaman Menarik

Sistem Aquaponik Terbaik, Budidaya Tanaman Makin Menarik – Sobat Waca Berita, perkembangan yang pesat terutama di perkotaan berdampak pada semakin berkurangnya lahan pertanian yang ada.

Seiring maraknya pembangunan perekonomian dan pemukiman di wilayah perkotaan, semakin meningkat pula alih fungsi lahan yang terjadi di perkotaan. Lahan-lahan yang dulunya merupakan lahan pertanian, berubah menjadi pemukiman penduduk.

Dengan semakin menyempitnya potensi lahan di perkotaan yang bisa dimanfaatkan, maka pemanfaatan pekarangan merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mendukung pembangunan pertanian di perkotaan.

Pemanfaatan pekarangan kemudian sangat erat kaitannya dengan usaha mencapai ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari skala yang paling kecil, yaitu skala rumah tangga. Beberapa cara yang bisa digunakan dalam pemanfaatan pekarangan adalah teknologi budidaya tanaman dengan sistem vertikultur, hutan mini dan sistem aquaponik terbaik.

Apa itu Sistem Aquponik?

Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya.

Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan dan bagi kita yang mengaplikasikanya tentu saja akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak akan terlalu luas.

Bagaimana Membuat Sistem Aquaponik Terbaik?

Ikan adalah kunci dalam sistem aquaponik. Ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman. Ada berbagai jenis ikan yang dapat digunakan dalam sistem aquaponik. Jenis ikan ini tergantung pada iklim lokal dan jenis yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling saring digunakan yaitu ikan nila.

Baca Juga :  Biodata Alexander Parkes Penemu Plastik atau Parkesine Pertamakali

Aquaponik tidak hanya baik untuk sayuran hijau. Aquaponik akan menumbuhkan hampir semua jenis sayuran. Beberapa varietas sayuran buah yang berkinerja baik adalah; terung (ungu), tomat, cabe, melon dll.

Sistem Aquaponik Terbaik, Budidaya Tanaman Makin Menarik

Demikian informasi singkat tentang Sistem Aquaponik Terbaik, Budidaya Tanaman Makin Menarik, semoga bermanfaat!