cara menanam bunga teratai
cara menanam bunga teratai

Cara Menanam Bunga Teratai di Kolam

Cara Menanam Bunga Teratai di Kolam – Sobat Waca Berita, teratai adalah bunga yang tumbuh subur di atas permukaan air yang tenang seperti rawa, danau, atau kolam.Teratai dapat berkembang biak sendiri meski hanya ditaruh satu bunga dalam suatu lokasi. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bunga teratai juga dapat menjadi tanaman hias pada kolam ikan.Untuk mendapatkan bunga teratai yang cantik, Sobat harus menanam dan merawat tanaman bunga teratai dengan baik.

Nah pada artikel kali ini Waca Berita akan membahas tentang bagaimana cara menanam tanaman bunga teratai.

Cara Menanam Bunga Teratai

Beli Tunas

Sobat, waktu yang ideal untuk membeli tunas teratai adalah pada saat musim panas.

Sobat bisa membeli tunas bunga teratai dari petani atau tempat pembibitan di daerah sekitarmu agar prosesnya lebih mudah.

Apungkan Tunas

Sobat, cara menanam bunga teratai yang selanjutnya adalah kamu mulai mengapungkan tunas. Sobat bisa menggunakan mangkuk untuk mengapungkan tunas sebelum nantinya dipindahkan ke media tanam.

Air untuk mengapungkan tunas ini sebaiknya memiliki suhu 25 – 30 derajat celcius. Letakkan mangkuk tersebut di dekat jendela hangat tapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Kalau kamu berencana memindahkan tunas tersebut ke kolam, kamu bisa menggunakan air kolam untuk mengapungkannya asalkan suhunya airnya cukup hangat.

Ganti air setiap 3-7 hari atau ketika airnya sudah mulai tampak keruh.

Baca Juga :  Biodata John Bannister Goodenough Penemu Baterai Lithium-ion

Cara Menanam Bunga Teratai: Siapkan Media Tanam

Teratai yang ditanam tanpa wadah akan tumbuh seluas area tanamnya, maka dari itu sebaiknya kamu menggunakan wadah terlebih dahulu.

Wadah untuk media tanam bunga teratai sebaiknya memiliki diameter sekitar 1 – 1,5 m, berbentuk lingkaran, dan tidak berlubang. Jika ditanam menggunakan wadah, pertumbuhan teratai dapat dikendalikan dan tidak akan menutupi seluruh kolam.

Setelah itu isi dengan tanah sesuai ketentuan berikut:

Masukkan tanah liat terlebih dahulu sekitar 60%, lalu masukkan pasir sungai sekitar 40%

Beri jarak 5 – 7,5 cm antara permukaan tanah dan bibir wadah

Tanam Tunas ke Media Tanam

Tunas yang telah siap kemudian dipindahkan ke media tanam dengan posisi sedikit masuk ke dalam permukaan pasir. Jangan tanam tunas sepenuhnya ke dalam tanah, sebab tunas tersebut nantinya justru akan membusuk.

Setelah itu timpa secara hati-hati menggunakan batu agar tunas tidak mengapung sebelum tumbuh akar.

Cara Menanam Bunga Teratai: Turunkan Wadah ke Kolam

Sebelum menurunkannya ke dalam kolam, pastikan kamu menempatkan wadah jauh dari air mengalir dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Apabila tunas sudah tidak goyah dan dirasa telah kuat untuk diturunkan ke kolam, kamu bisa mulai menurunkannya ke lokasi kolam yang sesuai.

Cara Merawat Bunga Teratai

Setelah selesai proses penanaman, ada beberapa langkah perawatan yang juga perlu Sobat lakukan agar pertumbuhan bunga teratai terjaga dengan baik.

Berikut cara merawat bunga teratai:

Sobat harus memastikan kadar air dalam kolam tidak berkurang. Kalau kadar air berkurang, pasti akan berdampak buruk pada teratai yang ditanam

Beri pupuk NPK khusus untuk tanaman setiap tiga bulan sekali. Cara pemupukannya bisa dengan menggunakan tisu yang telah diberi satu sendok makan pupuk dan benamkan ke dalam wadah teratai

Baca Juga :  Kultum Ramadhan: Menjadi Muslim itu Ibadah

Jika ditanam di kolam ikan, hindari memelihara ikan pemakan daun seperti ikan mas, gurami, atau ikan koki.

Bersihkan siput yang menempel pada teratai, sebab siput merupakan hama yang mengganggu bagi teratai

Jagalah kebersihan kolam meski teratai telah tumbuh subur.

Cara Menanam Bunga Teratai

Demikian artikel tentang Cara Menanam Bunga Teratai, semoga ada gambaran dan bisa kamu praktikan agar bisa mendapatkan bunga teratai yang indah. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob!