Cara Menanam Tomat Dalam Pot, Mudah dan Murah

cara menanam tomat dalam pot

Cara Menanam Tomat Dalam Pot, Mudah dan Murah – Sobat Waca berita, salah satu cara menanam buah adalah dengan tambulampot, atau tanaman buah dalam pot. Tanaman tomat adalah salah satu yang bisa Sobat tanam di dalam pot. Menanam tomat di dalam pot cukup mudah dilakukan. Sobat bahkan dapat memulainya dari biji dengan proses penyemaian.

Sobat, tanaman tomat adalah salah satu tanaman yang memiliki siklus hidup singkat, yaitu hanya berkisar antara 4 hingga 5 bulan saja. Dalam waktu 3 bulan saja, Sobat sudah dapat memanen tomat yang Sobat tanam.

Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Lalu bagaimana cara menanam tomat dalam pot? Simak penjelasan dari Waca Berita berikut ini!

Memilih Benih Tomat Terbaik

Tanaman tomat yang baik dan berkualitas berasal dari benih yang terbaik. Untuk menentukannya, Sobat perlu mengetahui dua cara mendapatkan benih ini. Pertama, Sobat dapat membuat benih sendiri dari buah tomat.

Caranya, siapkan buah tomat yang sudah tua atau matang. Pastikan buah tomat yang dipilih adalah buah yang baik, segar, tidak ada cacat, dan kepadatan bijinya merata. Pisahkan biji dengan daging buahnya, lalu bersihkan dengan air mengalir dan tiriskan.

Kedua, Sobat dapat mendapatkan biji tanaman tomat melalui pembelian di toko-toko tanaman hias. Pastikan biji yang dibeli bersertifikat dan bergaransi. Biji yang baik adalah biji yang tidak terapung saat direndam.

Pot dan Media Tanam untuk Tomat

Dalam menanam tomat di dalam pot atau polybag, Sobat dapat memilih ukuran yang cocok dengan ukuran tanaman tomat pada umumnya, yakni 60 liter dengan tinggi 50 cm, sedangkan varietas tomat kecil dapat ditanam di dalam pot berukuran 30 cm. Sebaiknya, Sobat memilih pot berbahan tanah liat yang memiliki sirkulasi udara dan air yang baik.

Baca Juga :  Biodata Seno Gumira Ajidarma, Penulis Indonesia

Untuk memilih media tanam, hindari mengambilnya dari tanah di pekarangan rumah karena tanaman bisa rentan penyakit. Dilansir dari Wikihow.com, tanah pot serbaguna merupakan media tanam yang bagus, tetapi Sobat juga bisa mencampurnya dengan perlit, peat moss sphagnum, dan kompor untuk meningkatkan drainase, serta memberi nutrisi tambahan.

Penyemaian Tanaman Tomat

Kemudian, lakukan penyemaian biji di tempat yang sejuk. Metode penyemaian dapat dilakukan di polybag. Usahakan penyemaian tidak terkena sinar matahari langsung dan hujan. Siram media semai dengan secukupnya air dengan teratur untuk menjaga kelembapan tanah. Setelah benih tumbuh dan berusia 14 hari, Sobat dapat membersikan sedikit pupuk untuk merangsang pertumbuhan lebih lanjut.

Pemindahan Bibit Tomat

Setelah tanaman tomat berusia 1 bulan, Sobat dapat memindahkannya ke dalam pot untuk ditanam. Cara pencabutan bibit dari media semai perlu dilakukan secara perlahan agar akar bibit tomat tidak rusak. Jika perlu, sirami terlebih dahulu media semai agar bibit mudah dicabut. Jika sebelumnya Sobat menggunakan polybag, Sobat dapat menyobek polybag dan memindahkannya langsung. Jangan lupa untuk menambahkan media tanam baru ke dalam pot.

Cara Menanam Tomat Dalam Pot: Perawatan

Setelah tanaman pot dipindah, Sobat dapat memberikan perawatan seperti tanaman pada umumnya. Namun, tanaman tomat tidak terlalu membutuhkan air yang banyak, tetapi tidak dapat mentolerir kekurangan air. Sobat dapat menyiraminya secara teratur sebanyak 2 hari sekali saja.

Sementara pemupukan dapat dilakukan pada masa satu minggu setelah pembibitan. Pupuk diberikan sebanyak satu genggam tangan saja. Selanjutnya, Sobat dapat memberikan pupuk setiap bulan atau bila tanaman terlihat kurang subur.

Sobat juga perlu memberikan penyangga dari tongkat bambu atau kayu agar batang tomat bisa tumbuh secara tegak. Upayakan untuk rutin memangkas tunas baru yang tumbuh agar proses pembuahan tomat semakin cepat.

Baca Juga :  Cara Menanam Jambu Air Dalam Pot

Pencegahan Hama dan Penyakit

Demi mencegah datangnya hama dan penyakit, Sobat dapat menggunakan fungisida atau insektisida alami. Sobat perlu rajin-rajin memangkas bagian tanaman yang rusak agar tak menulari bagian yang lain. Sobat juga dapat memasang jaring nilon di sekeliling pot tanaman. Ini berfungsi sebagai penahan serangga seperti ulat tomat dan walang sangit.

Pemanenan

Tanaman tomat dalam pot dapat dipanen kurang lebih setelah 3 bulan. Ini bergantung dengan varietasnya. Kriteria tomat yang siap dipanen adalah yang telah berwarna merah atau hijau kekuningan ketika tepi daun terlihat kering dan batang menguning. Buah tomat ini tidak matang dengan serempak, maka Sobat perlu melakukan pemetikan setiap 2-3 hari sekali. Waktu pemetikan paling baik dilakukan saat pagi atau sore hari.

Mudahnya Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Darin penjelasan di atas, sobat sudah bisa menyimpulkan dan semoga bisa mempraktikkan bagaimana cara menanam tomat dalam pot, tentunya dengan biaya yang minimalis tapi memiliki hasil yang maksimal. Demikian Sobat penjelasan tentang cara menanam tomat dalam pot. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski