filter akuaponik
filter akuaponik

Filter Akuaponik, Bagian dan Fungsinya

Filter Akuaponik, Bagaimana Cara Membuatnya? – Sobat Waca Berita, filter sangat berpengaruh pada sistem akuaponik. Tujuan utama pemakaian filter adalah untuk kesehatan ikan itu sendiri, hasil dari filter juga bagus untuk tanaman karena mengandung nitrat yang tinggi.

Ikan akan mendapat keuntungan kedua yaitu berupa tambahan oksigen yang dilepas akar tanaman, selain air yang sudah jauh lebih bersih karena terfilter dengan baik. Jenis dan cara membuat filter akuaponik sendiri bisa sangat beragam tergantung metode yang digunakan.

Pada tulisan kali ini Waca Berita akan memberikan pembahasan tentang filter akuaponik dan cara membuatnya.

Filter Akuaponik, apa saja bagian-bagiannya?

Filter akuaponik atau kolam ikan yang akan kita bangun terdiri dari 4 bagian penting yang tidak bisa dipisahkan karena sudah menjadi standar minimal sebuah sistem akuaponik. Empat bagian tersebut adalah SLO (Solid Lifting Overflow), Swirl (pengendapan), Bio (rumah bakteri baik), Sump (tampungan).

SLO berfungsi untuk menyedot kotoran padat ikan. Kotoran ikan biasanya terkumpul pada area terendah pada kolam. Kotoran ini akan menganggu kesehatan ikan jika tidak dibuang. Penyedotan dengan teknik SLO banyak diterapkan pada sebuah akuarium.

SLO pada akuarium otomatis terbuat dari kaca pembentuk akuarium itu sendiri. Kotoran akan disedot habis oleh SLO dan dimasukan ke Filter Padat yang biasanya berisi Spon, Arang, dan Zeolit. SLO akan optimal jika dipasang tepat ditengah kolam bundar, kolam bundar biasanya pada bagian tengah lebih rendah dari yang lain, disitulah terjadi akumulasi kotoran ikan, dan dapt tersedot dengan baik.
SLO akuaponik

SWIRL filter berfungsi untuk mengendapkan kotoran padat yang diperoleh dari SLO. Kotoran ini akan diendapkan supaya tidak kembali lagi ke kolam. dalam kurun waktu yang lama endapan ini akan menjadi pupuk yang baik bagi tanaman. Jadi harus di ambil dalam kurun waktu yang lama melalui saluran bawah, bisa menggunakan saluran kran.

Baca Juga :  Cara Menanam Blueberry yang Manis

BIO filter berfungsi sebagai rumah bakteri penguarai Nitrit ke Nitrat. Untuk media bisa menggunakan bioball yang banyak dijual di toko akuarium. Air setelah melalui media bio filter sudah aman bagi tanaman Akuaponik dan ikan. Tidak lagi mengandung Amonia dan Nitrit yang berbahaya bagi kedua makluk hidup diatas.

SUMP adalah bak penampungan Air yang sudah terfilter dengan baik, juga sebagai tempat Pompa Air menyedot air untuk di distribusikan ke tanaman lalu kembali ke kolam, dan sebagian lagi dikembalikan lagi ke kolam. Sump harus mempunyai ukuran lebih besar dari filteBio dan Swirl.

Demikian informasi tentang bagian-bagian filter akuaponik. Semoga bermanfaat!