Gambar Jenis-jenis Bunga Tulip, Indah dan Menawan

Gambar Jenis-jenis Bunga Tulip, Indah dan Menawan – Sobat Waca Berita, bunga tulip dikenal sebagai salah satu bunga yang paling indah di dunia. Bukan hanya di Belanda saja, tulip merupakan tanaman nasional dari Turki dan Iran. Bunga tulip diidentikkan sebagai simbol cinta yang sempurna. Hal ini tak terlepas dari keindahan bagian batang, daun, dan bunga tanaman tulip.

Jenis Bunga Tulip beserta gambarnya

Flora berbunga yang banyak dikembangkan di Eropa ini termasuk dalam keluarga lily atau Liliaceae yang terdiri dari 100 spesies. Dalam perkembangannya, bunga tulip pun kini memiliki jenis yang sangat beragam. Nah Sobat Waca Berita, simak yuk apa saja jenis bunga tulip lengkap dengan gambarnya.

Beberapa jenis bunga tulip yang paling populer antara lain:

Little Princess

tulip

Jenis bunga tulip yang satu ini dinamakan Little Princess karena ukurannya kerdil atau kecil, namun bentuknya sangat indah. Little Princess adalah tulip hybrid, hasil dari persilangan Tulipa aucheriana dan Tulipa hageri.

Bunga ini berwarna merah atau jingga dengan bagian tengah berwarna kuning, sehingga tampak indah karena warnanya yang kontras. Seiring bertambah usia, bunganya akan semakin gelap.

Walaupun ukurannya kecil, Little Princess adalah bunga yang kuat. Bunga ini mampu hidup cukup lama, bahkan tahan terhadap serangan hewan pengerat. Little Princess adalah bunga tulip yang menghasilkan bau wangi yang ringan serta memiliki daun berwarna hijau muda.

Baca Juga :  Biodata Justus von Liebig Penemu Cermin

Berdasarkan makna atau filosofi, Tulip Little Princess adalah simbol cinta yang sempurna dan kebahagiaan abadi.

Darwin Hybrid

jenis bunga tulip hybrid
gambar jenis bunga tulip

Bunga tulip Darwin Hybrid merupakan hasil persilangan dari jenis Fosteriana dengan Tulip Darwin. Bunga ini populer dengan ukuran bunganya yang lebih besar daripada jenis tulip lainnya.

Warna ungu tuanya pun sangat cantik, ehingga tak heran jika tulip Darwin Hybrid sering dijadikan tanaman hias di taman. Selain itu, bentuk bunganya yang besar dan cantik membuat Darwin Hybrid juga sering dijadikan bunga potong.

Gambar Jenis Bunga Tulip : Tulip Angelique

bunga tulip

Jenis ini adalah salah satu tulip yang paling terkenal di dunia. Banyak yang beranggapan bahwa bunga tulip Angelique adalah bunga paling cantik di antara semua jenis bunga. Bentuknya cenderung klasik dan feminin. Bunganya memiliki kelopak ganda dan bentuknya menyerupai bunga peony.

Tulip Angelique menghasilkan bunga berwarna merah muda yang lembut. Kelopaknya penuh sehingga tampak elegan, walaupun sebenarnya susunan kelopaknya agak berantakan. Tulip angelique cocok ditanam di saat musim dingin, yaitu dari akhir Oktober sampai November. Penyiraman harus dilakukan secara teratur agar bisa tumbuh dengan sempurna.

Tulip Single Late

gambar bunga tulip

Tulip berjenis Single Late termasuk salah satu bunga tulip dengan proses berbunga lama jika dibandingkan dengan jenis tulip yang lain. Pada umumnya, tulip akan mekar di awal bulan April. Namun Single Late baru mekar di akhir bulan April, bahkan terkadang di bulan Mei.

Tulip Double Late

bunga tulip

Kelopak bunga tulip Double Late tergolong besar jika dibandingkan dengan jenis tulip lainnya. Kelopaknya besar dan tersusun dengan rapi. Namun tulip Double Late tidak bisa tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan tinggi ataupun angin kencang, serta cuaca ekstrim lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Durian Untuk Kesehatan, Luar Biasa Sob!

Gambar Jenis Bunga Tulip : Bunga Lady Tulip

bunga

Salah satu jenis tulip yang sangat populer karena bentuknya yang cantik adalah Lady Tulip. Saat mekar, bunganya membentuk formasi bintang dengan diameter 4 inchi. Bagian tengah kelopaknya berwarna putih hingga krem dan dihiasi sedikit warna emas, sedangkan bagian luar kelopak berwarna pink tua.

Tinggi Lady Tulip sekitar 6 sampai 12 inchi dengan lebar 8 inchi. Batangnya cukup tinggi dan berbentuk lurus. Lady Tulip tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari penuh namun dengan cahaya teduh.

Tulip Tarda

Jenis tulip yang satu ini adalah tulip yang tumbuh abadi. Bunga ini berasal dari Asia Tengah dan memiliki warna kuning di bagian tengah, sementara bagian ujungnya berwarna putih. Karena tumbuh abadi, maka Tulip Tarda menjadi jenis tulip yang paling andal. Ukurannya bisa mencapai 8 inchi saat mekar secara penuh di saat cuaca sedang cerah.

Pada 1 batang, tanaman Tulip Tarda akan ditumbuhi sebanyak 5 bunga. Karena kecantikannya, Tulip Tarda bahkan menerima penghargaan, yaitu Royal Horticultural Society Award dan Garden Merit di tahun 1993 dan Flower Bulb of the Year di tahun 1997.

Tulip Shirley

tulip

Tulip Shirley adalah salah satu jenis tulip yang unik karena kombinasi warna bunganya yang sangat menawan. Warnanya dominan dengan putih gading dengan semburat warna ungu muda di bagian ujungnya.

Ketika bertambah tua, warnanya akan berubah menjadi putih dengan dasar berwarna ungu gelap. Pada akhirnya, bunga Tulip Shirley akan berwarna ungu.

Sesuatu yang membuatnya semakin unik adalah tidak ada satu pun bunga Tulip Shirley yang warnanya sama persis. Selain dari warnanya, bentuk Tulip Shirley yang seperti cangkir tunggal juga sangat cantik. Pada umumnya bunga tumbuh di bulan April dan Mei. Karena kecantikannya, Tulip Shirley juga biasa dijadikan bunga potong.

Baca Juga :  Biodata Katamso Darmokusumo, Pahlawan Revolusi

Gambar Jenis Bunga Tulip yang indah lagi menawan

Nah Sobat, setelah mengetahui jenis bunga tulip yang populer di dunia beserta gambarnya, kira-kira kamu suka yang mana? Baik Sob, semoga bermanfaat ya!