habitat suplir
habitat suplir

Karakteristik dan Habitat Suplir Yang Perlu Kamu Ketahui!

Karakteristik dan Habitat Suplir Yang Perlu Kamu Ketahui – Sobat Waca Berita, tanaman suplir pernah begitu populer dikalangan pecinta tanaman hias. Karakter daunnya yang rimbun dan meneduhkan membuat tanaman suplir kembali digemari, terutama untuk yang memiliki hunian di wilayah panas dan berpolusi tinggi. Tanaman suplir menjadi solusi memberi kesejukkan di luar dan di dalam rumah.

Meski begitu, seiring dengan perubahan tren dan gaya desain baik untuk taman maupun hiasan interior yang semakin simpel, pesona tanaman suplir pun mulai tergantikan dengan tanaman hias lainnya. Akan tetapi, tidak mengapa jika kamu masih menyukai tanaman ini sebagai hiasan rumah. Nah kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang karakteristik dan habitat suplir yang perlu kamu ketahui.

Klasifikasi ilmiah

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah tanaman suplir

Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Pteridales
Famili: Pteridaceae (Adiantaceae)
Genus: Adiantum

Karakteristik dan Habitat Suplir

Tanaman suplir termasuk kelompok tumbuhan paku yang dikenal dengan nama ilmiah Adiantum. Pada tangkai hitamnya yang tipis,daun-daun kecil tumbuh saling menumpuk. Berbeda dari jenis tumbuhan paku lainnya yang khas dengan bentuk daun yang memanjang atau runcing, tanaman suplir memiliki bentuk daun yang membulat dan bergelombang seperti kipas.

Tanaman suplir memperbanyak diri melalui spora. Kerap kali tanaman suplir ditemukan di alam liar, terutama di wilayah dengan tingkat kelembapan yang tinggi seperi hutan tropis, sungai, dan air terjun.

Tanaman Suplir sebagai Hiasan Rumah

Daun tanaman suplir yang rimbun jelas menyejukkan mata. Tidak heran, tanaman suplir kerap diletakkan di teras rumah sebagai tanaman hias. Terdapat berbagai jenis tanaman suplir yang digunakan untuk mempercantik tampilan rumah, di antaranya adalah jenis Adiantum cudatum, Adiantum raddianum, Adiantum tenerum, Adiantum hispidum, dan Adiantum diaphanum.

Tanaman suplir dikenal sangat sensitif terhadap perubahan suhu di lingkungan ia tumbuh, tapi beberapa jenis tanaman suplir tersebut cukup toleran terhadap perubahan tingkat kelembapan sehingga bisa dipelihara dirumah. Kelima jenis tanaman suplir tersebut juga aman untuk binatang peliharaan karena tidak mengandung racun yang berbahaya.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Jika ingin menjadikan tanaman suplir sebagai tanaman hias indoor, kamu bisa menyiapkan tempat seperti habitat suplir asli, letakkan di tempat yang cukup lembab. Untuk kebutuhan cahaya matahari, tanaman suplir menyukai sinar matahari di pagi dan sore hari, namun daunnya beresiko berubah kecoklatan jika terpapar sinar matahari di siang hari.

Demikian informasi tentang karakteristik dan habitat suplir, semoga bermanfaat ya Sob!

Ativador Office 2016