Biodata Luigi Palmieri Penemu Seismograf

Biodata Luigi Palmieri Penemu Seismograf

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Luigi Palmieri seorang penemu seismograf. Penasaran ingin tahu tentang penemu seismograf, simak penjelasannya berikut ini.

Luigi Palmieri adalah seorang  ahli fisika dan meteoralogi asal Itali. Dia terkenal kerana kajian-kajian saintifiknya tentang letusan gunung, gempa bumi dan fenomena-fenomena meteorologi dan ia juga menemukan alat seismograf pada waktu itu.

Luigi Palmieri lahir di Faicchio, Benevento, Italia, pada tanggal 22 April 1807. Pada tahun 1845, Palmieri menjadi Profesor Fisik di Sekolah Tentera Laut Diraja di Naples. Pada tahun 1848, Palmieri bekerja di Balai Cerap Vesuvisus dan pada tahun 1854 Palmieri telah dijadikan Pengarah balai cerap tersebut.

Dengan menggunakan seismometer elektromagnet bagi pengesanan dan pengukuran gerakan tanah, Palmieri telah berhasil mengetahui gerakan yang sangat kecil untuk mencoba mendekteksi letusan gunung berapi.

Penemuan Seismograf Luigi Palmieri

Pada tahun 1855, Luigi Palmieri mulai merancang seismograf yang terdiri dari beberapa tabung berbentuk U dengan cairan merkuri, kemudian diarahkan ke berbagai titik kompas. Saat tanah bergetar gerakan merkuri di dalam tabung menciptakan kontak listrik yang menghentikan jam, dan secara bersamaan mulai mencatat gerakannya.

Pada saat itu, perangkat ini menunjukkan waktu terjadinya gerakan di tanah, intensitas relatif dan durasinya. Akan tetapi, permasalahan dalam mengukur gerakan tanah ialah mencapai titik tunak yang konsisten ketika tanah mulai bergerak.

Luigi Palmieri telah menggunakan berbagai jenis pendulum, salah satunya adalah dengan memakai massa berat yang ditahan dengan kawat seperti dalam jam. Akhirnya, pada tahun 1840 pendulum terbalik dipasang di dekat Comrie setelah serangkaian gempa bumi melanda wilayah di dekat Perthshire, Skotlandia di tahun 1839.

Baca Juga :  Biodata James Dewey Watson Penemu Struktur Molekul DNA

Sejarah Seismograf

Seismograf karya insinyur China, Zhang Heng

Seorang ilmuwan yang pertama kali menemukan seismograf adalah Zhang Heng. Ia hidup pada zaman Dinasti Han bagian Timur Cina. Seorang matematikawan dan astronom yang diklaim pertama kali menemukan seismograf itu terfikir untuk membuat alat pendeteksi gempa karena wilayah Luoyang sering mengalami gempa bumi.

Pada zaman dahulu, fenomena gempa tentu sangat membuat masyarakat ketakutan  Zhang Heng kemudian meneliti kejadian tersebut dan membuat alat yang dapat mengira- ngira kapan akan terjadi gempa. Bentuk seismograf saat itu seperti sebuah guci dengan ornamen naga dan katak yang terhubung pada  batang tembaga yang menghadap ke delapan arah mata angin.

Di sisi lain, seismolog Italia memaparkan bahwa seismograf pertama diciptakan pada tahun 1875 oleh fisikawan Italia, Filippo Cecchi. Alat deteksi gempa ciptaan Cecchi menggunakan pendulum yang mampu merekam gerakan tanah sebagai penanda waktu.

Gerakan yang dihasilkan oleh gelombang seismik pada seismograf ini akan mengaktifkan jam, dan permukaan setiap 1 cm per detik Hal ini membantu ahli untuk menetapkan waktu terjadinya gempa bumi serta durasinya.

Selanjutnya, seismograf dikembangkan kembali di tahun 1880 oleh fisikawan Skotlandia Sir James Alfred Ewing, insinyur Skotlandia Thomas Gray, dan ahli geologi Inggris John Milne. Ketiganya mulai mempelajari gempa bumi saat bekerja di Jepang. Setelah gempa bumi yang terjadi di Yokohama, Ewing, Gray, serta Milne akhirnya mengelola Seismological Society of Japan.

Mereka juga memelopori berbagai perangkat seismograf. Berdasarkan catatan, seismograf pendulum buatan Milne berhasil merekam beberapa gempa bumi yang terjadi di Jepang. Dia pun kembali ke Inggris dan mendirikan jaringan seismografi kecil di seluruh dunia menggunakan instrumen tersebut.

Baca Juga :  Biodata Rahmiana Zein Penemu Teknik Kromatografi Tercepat Di Dunia

Penutup

Itulah biodata Luigi Palmieri seorang penemu seismograf. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & kompas.com