ide usaha ibu rumah tangga

Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – Sobat Waca Berita, siapa sih yang nggak mau punya bisnis sendiri? Bahkan seorang ibu rumah tanggapun sekarang bisa menjalankan bisnis, dan tentu menjadi kebanggaan tersendiri ya Sob. Apalagi Sobat bisa menjalankan usahanya di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga karena sifatnya yang lebih fleksibel.

Selain bisa menambah pundi-pundi uang atau penghasilan, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa dilakukan dengan menjalankan bisnis atau usaha ibu rumah tangga, misalnya belajar mengelola keuangan.

Sobat yang merupakan ibu rumah tangga mungkin ingin mencoba merintis bisnis, tetapi bingung dengan ide usaha apa yang harus dijalankan.

Jangan khawatir, tim Waca Berita telah merangkum beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan sembari mengurus rumah. Simak penjelasannya berikut ini Sob!

Ide usaha yang sesuai untuk Ibu Rumah Tangga

Ada berbagai model bisnis. Namun manakah yang paling tepat dilakukan ibu rumah tangga? Mengingat bisnis ini sifatnya hanya sampingan, maka sebaiknya modalnya yang tidak perlu terlalu banyak.

Pilihlah usaha dengan benda/barang yang tidak mudah busuk karena akan menambah potensi kerugian. Misalnya pilih berjualan pakaian atau aksesoris lainnya. Sobat juga bisa memilih berjualan dropship agar tidak terlalu pusing memikirkan barangnya.

Ada baiknya juga Sobat memilih sesuatu yang Sobat sukai, misalnya membuat kue kering. Hal ini akan membuat Sobat lebih bersemangat menjalankan bisnis Sobat.

Contoh Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis ibu rumah tangga bisa menjadi solusi tepat bagi Sobat yang tidak ingin terjebak dalam rutinitas kantoran dan ingin mengurus keluarga, tetapi ingin menghasilkan uang. Berikut akan dijelaskan daftar ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Menulis Lepas

Menulis lepas alias freelance cocok dijalankan bagi Sobat yang suka menyalurkan unek-unek lewat menulis. Jika kegiatan ini merupakan passion Sobat, sebaiknya jadikan sebagai ladang usaha. Penghasilan yang didapat pun lumayan, yakni hingga enam digit.

Banyak perusahaan sekarang membutuhkan para penulis lepas untuk membuat konten bagi mereka. Demikian besar peluang bisnis ini. Pekerjaan ini bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya kemampuan merangkai kata-kata. Ingat pula bisnis ini dijalankan secara online, sehingga Sobat wajib terhubung dengan internet. Jika Sobat sudah profesional, Sobat dapat menjadikan kegiatan ini sebagai pendapatan tetap.

Baca Juga :  Bisnis Untung 200 Ribu Per Hari Yang Layak Dicoba

Menjadi Blogger

Berbeda halnya dengan menulis freelance, menjadi blogger dilakukan secara individu dan untuk kesenangan pribadi. Namun siapa sangka, menjadi blogger ternyata juga menjadi salah satu sumber bisnis ibu rumah tangga?

Blogging adalah kegiatan yang fleksibel serta menyenangkan. Sobat dapat membagikan cerita tentang hobi Sobat. Misalnya memasak, jalan-jalan, wisata kuliner, psikologi, berbagi ide proyek, dan lain-lain. Menarik, bukan? Blogging adalah kegiatan dengan tema yang sangat luas. Sobat pasti dapat menemukan kegemaran Sobat di sini.

Nah, nantinya Sobat dapat terafiliasi dengan pengiklan untuk menambah pemasukan. Di blog Sobat nantinya akan terpampang iklan, unggahan bersponsor, endorsement, atau pemasaran afiliasi.

Membangun blog memang susah-susah gampang, membutuhkan banyak usaha. Namun Sobat akan meraup hasil yang memuaskan jika berhasil melewati tantangan tersebut.

Membuat dan Menjual Kerajinan

Apakah Sobat tipe orang yang kreatif? Mungkin Sobat bisa mencoba bisnis kerajinan. Usaha ini bisa menjadi ide bisnis digital, lho. Misalnya Sobat gemar menjahit, membuat aksesoris pakaian, atau membuat dekorasi.

Bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil dan menyenangkan dalam membuatnya. Pasalnya Sobat akan terus memutar otak untuk membuat ide kreatif lainnya.

Lalu pasarkan barang-barang tersebut melalui media sosial atau e-commerce. Sobat juga bisa membuat situs sendiri agar memudahkan pelanggan Sobat.

Ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga: Menjadi Konsultan

Mengingat banyaknya bisnis yang beralih ke dunia digital sekarang, demikian pula dengan konsultan. Hal ini serupa dengan layanan konsultasi dengan dokter di berbagai aplikasi kesehatan.

Bisnis ini cocok bagi Sobat yang memiliki gelar di bidang tertentu, tetapi memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga penuh waktu. Sobat bisa tetap bekerja dengan menjalankan profesi sesuai keahlian Sobat. Keuntungan bisnis ini adalah Sobat memiliki jaringan baru dari karier Sobat.

Untuk memulainya, Sobat harus mengikuti perkembangan terbaru dari profesi yang Sobat geluti. Misalkan dalam bidang ekonomi, pastikan Sobat up-to-date dengan isu-isu terbaru. Buatlah situs konsultasi dan iklankan di media sosial Sobat.

Bisnis Kursus Online

Peluang bisnis ini besar jika Sobat memiliki keahlian mengajar dan memang menyukai anak-anak. Terlebih lagi apabila sekitar Sobat adalah kawasan sekolah.

Sebagai pengajar kursus online, Sobat tidak memerlukan kualifikasi khusus dalam mengajar. Yang terpenting adalah menguasai bidang mata pelajaran tersebut. Di era digital ini, Sobat juga bisa menawarkan kursus virtual.

Berjualan Roti dan Kue

Jika hobi Sobat memasak roti dan kue, Sobat dapat mulai menjualnya melalui media sosial. Selain itu, Sobat juga dapat menitipkannya di kafe atau tempat makan di sekitar Sobat. Bisnis ini cocok Sobat jalankan jika mempunyai banyak waktu senggang di rumah.

Sebelum menjalankannya, perhatikan baik-baik tentang resep Sobat, apakah rasanya sudah enak. Lalu pikirkan tentang pengemasan yang menarik.

Bisnis ini memang membutuhkan banyak peralatan, seperti oven, mixer, dan timbangan. Harganya pun tak murah. Namun dengan modal sekitar Rp5 juta, barang-barang tersebut dapat terbeli dan Sobat bisa segera memulai berjualan. Sebaiknya berinvestasilah pada peralatan yang bagus dan awet.

Baca Juga :  Bisnis Kuliner Kekinian Laris Manis di Tahun 2022

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga: Berbisnis Tanaman Hias

Tahukah Sobat, tanaman hias kembali tren sekarang? Sobat yang memiliki hobi merawat tanaman hias bisa menjadikannya sumber pundi-pundi uang.

Usaha ini cukup prospektif mengingat trennya yang naik beberapa tahun belakangan. Dengan meningkatnya polusi udara, banyak orang ingin berkebun tanaman hias di rumah.

Sobat bisa menanam tanaman hias dalam pot kecil lalu dijual di pekarangan rumah atau dititipkan ke rumah tetangga. Selain itu, banyak juga yang sekarang memasarkan tanaman hias melalui media sosial. Cara ini juga dapat Sobat pakai.

Toko Kelontong

Toko kelontong termasuk alternatif usaha rumahan. Toko kelontong menyediakan peralatan dan kebutuhan sehari-hari, sehingga kemungkinan besar banyak peminat dari tetangga sekitar Sobat.

Usaha ini juga sangat fleksibel karena Sobat sendiri pemiliknya. Sobat dapat menyesuaikan jam buka dan tutup sendiri. Sobat juga dapat menjual barang-barang sesuai permintaan pelanggan atau keinginan Sobat. Pastikan Sobat selalu menyediakan barang-barang yang akan laris sehari-harinya.

Membuka toko kelontong tidak membutuhkan keahlian khusus. Sobat hanya perlu modal untuk membeli barang-barang dagangan. Perputaran uangnya pun cukup cepat.

Membuka Kost untuk mahasiswa atau karyawan

Jika rumah Sobat ada di area perkantoran, kampus, atau sekolah, Sobat bisa membuka indekos. Sobat bisa memilih apakah indekos tersebut khusus karyawan atau khusus wanita demi menjaga privasi dan kenyamanan.

Sobat bisa mengadakan fasilitas yang dibutuhkan anak kos, seperti peralatan mebel dasar, listrik, air, dan wi-fi. Lalu pasarkan dengan cara memasang tulisan “Menerima Kos” atau semacamnya. Sobat juga bisa mengedarkan brosur ke perkantoran atau kampus di sekitar rumah Sobat.

Usaha Laundry

Laundry bisa menjadi salah satu bisnis yang prospektif. Sobat tidak membutuhkan keahlian khusus karena hanya membutuhkan mesin cuci dan setrika. Sobat juga bisa menjadikannya bisnis sampingan saat mengurus rumah tangga.

Saat usaha Sobat mulai berkembang, Sobat bisa mulai mempekerjakan orang lain. Bisnis ini sangat prospektif, mengingat konsumennya yang sangat luas. Mulai dari mahasiswa, suami-istri pekerja, hingga karyawan kantor.

Bahkan usaha ini bisa dijadikan bisnis di era digital dengan memasarkannya melalui Grup WhatsApp lingkungan tempat tinggal hingga media sosial.

Membuka Toko Online

Toko online merupakan usaha yang cukup populer. Hampir semua orang pernah berbelanja online atau bahkan berjualan secara online.

Selain itu, keberadaan toko online memudahkan pelanggan karena tidak perlu ribet mendatangi toko. Pemilik toko juga hanya perlu memikirkan gudang tempat penyimpanan tanpa perlu memusingkan display toko. Maka dari itu, bisnis ini sangat prospektif.

Menjadi YouTuber

Jika Sobat mempunyai hobi menarik untuk dipamerkan, kenapa tidak mempublikasikannya agar bisa menghasilkan uang? Zaman sekarang, YouTube tidak lagi menjadi sarana hiburan. Banyak orang menggantungkan hidupnya dengan mencari mata pencaharian dari YouTube.

Baca Juga :  Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Sebelum Jatuh Tempo

Sobat hanya perlu bermodal rekaman video dan kemampuan edit. Pilih topik yang menarik atau sesuai dengan hobi Sobat, misalnya memasak, tips bersih-bersih rumah, tips parenting, dan lain-lain.

Supaya video semakin menarik, gunakan kamera dan peralatan audio yang memadai. Gunakan pula software editing yang akan membantu Sobat menghasilkan video ciamik.

Ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga: Affiliasi Produk

Bisnis affiliasi ataua affiliate tidak membutuhkan banyak modal karena Sobat tidak perlu secara langsung menyetok barang. Sobat hanya perlu memberi informasi dari pemasok/penjual kepada pelanggan. Sobat bahkan tidak perlu menyentuh barang yang dijual secara langsung.

Secara sederhana, Sobat hanya mencari pembeli. Proses pembuatan, penyimpanan, pengemasan, hingga pengiriman dilakukan pemasok. Modal awal yang dibutuhkan seorang affiliator sekitar Rp2 juta sampai Rp4 juta saja.

Admin Medsos

Sekarang banyak perusahaan yang melakukan pemasaran melalui media sosial (medsos). Untuk itu, mereka membutuhkan seorang admin untuk mengelola berbagai media sosial, mulai dari Facebook, IG, hingga TikTok.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Sobat ibu rumah tangga. Pekerjaannya tidak terlalu sulit. Sobat hanya perlu mengunggah foto produk atau jasa, membuat keterangan atau caption, membalas komentar dan pesan masuk, dan lain-lain. Dengan begitu, pekerjaan rumah tidak akan terbengkalai.

Biasanya toko online atau perusahaan kecil tengah mencari pegawai ekstra untuk membantu mereka mengelola media sosialnya. Dengan demikian pemilik toko tak perlu susah-susah mempromosikan media sosial usahanya.

Penerjemah Bahasa Asing

Sobat yang memiliki kemampuan bahasa asing dapat memanfaatkan keahlian tersebut. Jasa ini banyak dibutuhkan, mengingat mesin penerjemah yang ada di internet tidak selalu dapat diandalkan. Kemungkinannya pun cukup bagus, karena semakin banyak bisnis yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen mereka.

Sobat bisa mencari tahu apakah ada lowongan di internet untuk penerjemah freelance. Pekerjaan ini dapat Sobat lakukan dari rumah saja sembari mengurus rumah tangga.

Refill Air Minum

Zaman sekarang banyak orang memilih mengkonsumsi air minum yang sudah diolah. Hal ini membuat bisnis refill air minum sangat menguntungkan. Apalagi jika di sekitar lingkungan Sobat tidak ada sumber air bersih yang dapat langsung dikonsumsi.

Solusi dari keadaan ini adalah membuka usaha air minum. Sobat dapat membuka bisnis ini di pekarangan rumah Sobat. Lagipula bisnis refill air minum tidak membutuhkan banyak tempat.

Sobat juga dapat mempromosikan usaha ini melalui Grup WhatsApp di lingkungan atau perumahan tempat Sobat tinggal. Untuk menarik minat pembeli, tawarkan jasa antar-jemput galon dan promosi beli 10 gratis 1.

Ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga

Demikian informasi tentang ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa Sobat coba. Semoga bermanfaat!