Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 12 Kunci Aktivitas 1.4

Wacaberita.comJawaban IPA Kelas 10 Halaman 12 Kunci Aktivitas 1.4 – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 12 Kunci Aktivitas 1.4  

Aktivitas 1.4

1. Kalian akan mengukur satu benda yang sama, dengan menggunakan tiga alat ukur yang berbeda. Menurut pendapat Kalian, apakah hasil pengukurannya akan sama atau berbeda? Jelaskanlah alasannya.

Jawaban:

Dalam percobaan ini tiga alat ukur yang di gunakan adalah jangka sorong, mikrometer sekrup, dan penggaris.

Hasil pengukuran sama atau tidaknya sesui dengan benda yang akan diukur. Misal disini benda yang akan di ukur adalah Baut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 82 Mengapa benda elastis bisa menghasilkan gaya

Maka, hasil pengukuran seharusnya antara jangka sorong dan mikrometer sekrup akan sama karena alat ini sangatlah cocok untuk benda bulat atau memiliki diameter. Sedangkan menggunakan penggaris tidak disarankan, karena penggaris hanya bisa digunakan untuk mengukur benda lurus dan penggunann penggaris tidak cocok untuk mengukur secara teliti.

2. Salinlah dan isi tabel dengan hasil pengukuran ketiga alat tersebut pada buku latihan Kalian.

Jawaban:

Lakukan Percobaan dan tulis hasilnya dalam tabel.

3. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, adakah besaran yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Besaran apa saja yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Jelaskan mengapa alat ukurnya tidak sesuai?

Jawaban:

Beberapa benda ada yang tidak sesuai dengan alat ukurnya.

a. Diameter dalam tutup botol sesuai diukur menggunakan Jangka sorong dan lebih teliti. Tidak sesuai diukur menggunakan mikrometer sekrup dan penggaris.

b. Diameter luar tutup botol sesuai diukur menggunakan Jangka sorong dan mikrometer sekrup karena lebih teliti. Tidak sesuai diukur menggunakan penggaris.

c. Panjang botol sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

d. Tebal buku ketiga alat ini dapat di gunakan untuk mengukur ketebalan buku hanya berbeda di toleransi ukuran.

e. Lebar buku tulis sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

f. Panjang buku tulis sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

Baca Juga :  Kunci Ayo Buat Aktivitas 6.6 halaman 179 Data dan Fakta Keanekaragaman Hayati IPA SMP Kelas 7

Hasil pengukuran sama atau tidaknya sesui dengan dimensi benda yang akan diukur.

4. Berdasarkan hasil perbandingan hasil pengukuran yang Kalian dapatkan, alat ukur apa yang cocok dan tidak cocok untuk mengukur diameter baut? Seberapa teliti pengukurannya? Jelaskan alasannya.

Jawaban:

Alat yang tidak cocok untuk mengukur diametr baut adalah penggaris karena ketelitan kurang dan tidak disarankan untuk pengukuran benda bulat atau memiliki diameter. Pembuatan baut memiliki toleransi dan ketelitian yang presisi.

Alat ukur yang cocok adalah jangka sorong dan mikrometer sekrup karena memiliki ketelitian 0.01 mm. Dalam pembuatan baut harus presisi dan memiliki toleransi sehinngga baut dapat berfungsi.

Demikian materi Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 12 Kunci Aktivitas 1.4 yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: