Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMP tentang “Kursi Roda dan Tangga” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII Halaman 272-273. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti tentang Matematika pada jenjang SMP.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

Kursi Roda dan Tangga

1. Bagian roda yang manakah yang tidak bergerak ketika roda naik dari titik B ke C?

Jawaban

Kaitan antara kursi roda dan tangga.

Penjelasan

Kursi roda sangat hemat energi saat digunakan di jalan datar, hal tersebut dapat dipahami dari fakta bahwa mengendarai sepeda membuat kita merasakan hal yang sama.

Saat berjalan kaki, menaikkan dan menu[1]runkan kaki akan membutuhkan energi ekstra untuk melawan gravitasi, dan juga perlu menghentikan kaki yang terayun ke depan dan menggunakan energi saat mengubah arah dan mengayunkan kaki ke belakang. Namun untuk gerakan rotasi roda, tidak ada gerakan vertikal, arah putaran konstan, dan tidak perlu menggunakan tenaga ekstra.

Baca Juga :  Laporan Hasil Wawancara, Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 137

Namun, situasinya berubah total saat jalan berada dalam kondisi tidak rata. Contohnya saat menggunakan stroller bayi ketika menaiki tangga, di jalan berkerikil dan jalan berlumpur, kita harus mengangkatnya. Kursi roda berjalan dengan baik di atas jalan yang rata dan keras, namun tidak terlalu berguna saat digunakan di jalan yang rusak atau tidak keras.

Seperti yang ditunjukkan di buku teks, seberapa banyak anak tangga yang dapat dinaiki kursi roda adalah momentum yang diperoleh dengan menggerakkan tubuh maju mundur dan menggerakkan pusat gravitasi kursi roda jika tinggi satu tangga ¼ atau kurang dari ¼ dari diameter roda.

Jika tinggi tangga melebihi ½ dari diameter roda, sekuat apapun kursi roda didorong, gaya tarik ke atas tidak akan bekerja pada titik kontak antara roda dan anak tangga, sehingga kusi roda tidak mungkin dapat melewati anak tangga.

Memikirkan perbedaan pergerakan roda saat berjalan di jalan datar dan saat menaiki anak tangga. Dengan fokus pada pergerakan bagian tengah roda, terlihat bahwa roda bergerak secara paralel di jalan datar. Dan saat menaiki anak tangga, ia berputar di sekitar titik kontak antara roda dan anak tangga.

2. Marilah kita perkirakan berapa kali roda perlu berputar dari ujung tangga dengan tinggi ¼ garis tengah agar dapat naik? Gambarlah lingkaran yang naik satu tangga, dan hitunglah sudut rotasinya

Jawaban

Jawaban

Penjelasan

Dari gambar 1, kita dapat mengetahui bahwa ketika roda menaiki sebuah anak tangga, ia berputar di sekitar titik kontak. Kemudian, saat pusat O dari lingkaran berada tepat di atas titik kontak, itu adalah momen saat anak tangga sepenuhnya dinaiki.

Prediksikan sudut rotasi secara intuitif dan konfirmasikan dengan menggambarnya. Dari gambar berikut yang menunjukkan bahwa pusat O lingkaran berada pada keliling lingkaran O, dapat diketahui bahwa sudut rotasinya adalah ∠OTO ‘= 60°.

Baca Juga :  Kunci Proyek halaman 71 Biosolar B30 IPA SMA Kelas 10

3. Pada jalan yang dilalui (pada gambar berikut ini), ketika roda bergerak dari A ke B, bagaimana pusat lingkaran bergerak? Gambarlah lintasan pusat lingkaran.

Jawaban

Fokuskan pada pergerakan pusat O, dan pikirkan lintasannya. Dari apa telah dipelajari sejauh ini, dapat diketahui bahwa pusat O mengulangi gerakan translasi dan rotasi seperti pada gambar berikut.

Kemudian saat mencari panjangnya, maka akan menjadi (50 – 15√3 ) + 10π + 200 + 10π + (100 – 153) -20π = 350 – 30√3 = 360,9 (cm).

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban BAB 2 Ulasan Matematika Halaman 279 Kelas 7
Jawaban BAB 1 Ulasan Matematika Halaman 278 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 275 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 277 Kelas 7

You May Also Like

About the Author: Ajis