Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan

Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan – Hai sob, Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para
pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Kali ini waca berita akan membahas Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 sub tema 3 pembelajaran 6.

Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan 196

Sikap kepahlawanan dan patriotisme tidak hanya dibutuhkan dalam meraih cita-cita kemerdekaan bangsa. Namun,
juga dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan.

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh seorang guru. Manfaat apa yang kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru? Karena guru, kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu pun diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.

Baca Juga :  Kultum Ramadhan: Manfaat Membaca Al-Qur'an dan Puasa

Bisakah kamu membayangkan jika seorang guru tidak memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang miskin ilmu dan keterampilan. Kamu akan tumbuh menjadi generasi yang tertinggal. Guru merupakan pahlawan masa kini bagi kita. Kita harus menghargai jasajasanya.

Berbagai peristiwa dari masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita. Jasa mereka begitu besar. Kita pun harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan 197

Ayo Membaca

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Kini kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. Dengan demikian, kamu telah turut menghargai jasa para
pahlawan.

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilainilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

2. Berjiwa Besar

Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Jawaban

Baca Juga :  Biodata Marie Francois Raoult Penemu Sifat Koligatif Larutan
Cara Menghargai Jasa Pahlawan

– Meletakkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
– Mengisi kemerdekaan dengan belajar bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita.
– Menerima kekalahan dengan ikhlas.
– Meminta maaf apabila telah berbuat salah.

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah

1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.

Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?

Jawaban

Jika saya menjadi Heru, saya akan memaafkan Bambang, karena dia sudah meminta maaf dan Bambang tidak sengaja menginjak kaki Heru

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?

Jawaban

Jika saya menjadi Bambang, saya akan menjelaskan lagi bahwa saya tidak sengaja menginjak kaki Heru dan meminta maaf atas ketidak sengajaan yang sudah diperbuat.

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernahkah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?

Jawaban

Merasa senang, karena apa yang saya harapkan bisa terwujud

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?

Jawaban

Jika saya tidak mendapat nilai yang tidak saya harapkan, maka saya akan merasa sedih dan belajar lagi lebih giat lagi

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun.

Bagaimana sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?

Jawaban

Saya akan merasa tenang, karena saya sudah siap untuk menghadapi ulangan dengan belajar sehari sebelum ulangan dimulai

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?

Jawaban

Tentu tidak, karena jawaban yang sudah saya kerjakan adalah usaha saya belajar sehari sebelum ulangan.

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Masalah Sosial di Sekitar Kita

Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?

Jawaban

Tidak, karena Andi dan Agus tidak membantu seorang nenek yang sedang membutuhkan pertolongan

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban

Jika saya menjadi Agus atau Andi, saya akan membantu nenek terlebih dahulu kemudian berangkat ke sekolah.

5. Saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan Pak Guru.

Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?

Jawaban

Saya akan memperingati terhadap dua temanku, agar tidak berbicara sendiri pada saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?

Jawaban

Saya akan memperingati terhadap dua temanku, agar tidak berbicara sendiri pada saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas.

Ayo Berkreasi

Sikap yang juga mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan adalah cinta tanah air. Sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa. Unsur budaya bangsa yang dapat kamu pelajari dan kamu kembangkan adalah seni lukis daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, ciri, contoh, dan bahkan kamu telah mencoba menerapkannya dengan memadukannya ke dalam surat udangan. Sekarang, buatlah karya seni lukis daerah berupa gambar kesenian yang berasal dari suku bangsa atau daerahmu sendiri.

Sebagai contoh, amatilah gambar-gambar berikut!

Lukisan-lukisan tersebut hanya sebagian dari karya yang menggambarkan keanekaragaman kesenian yang ada di Indonesia. Ayo, kamu juga dapat membuat lukisan kesenian lainnya.

Kesimpulan

Kamu telah mempelajari materi yang dapat mengantarkanmu menjadi seorang pahlawan, baik bagi dirimu sendiri, orang lain, keluarga, maupun bangsa dan negara. Selanjutnya, kamu tentu akan berusaha membiasakan perilaku-perilaku yang dapat mendukungmu menjadi pahlawan. Bagaimana wujud perilaku yang akan kamu lakukan? Apakah perilaku tersebut sudah kamu biasakan mulai dari sekarang?

Isilah tabel berikut ini dengan perilaku-perilaku yang dimiliki oleh pahlawan. Catatlah apakah kamu sudah membiasakan untuk melaksanakannya atau belum.

Jawaban

NoPerilaku dalam PembiasaanPelaksanaan
SudahBelum
1Rela berkorban 
2Berjiwa besar 
3Cinta Tanah Air 
4Pemberani 
5Pantang menyerah 
6Sabar 

Demikianlah Pembahasan Mengenai Jawaban Menghargai Jasa Para Pahlawan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6. Semoga bermanfaat

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!

Jawaban

Minggu lalu, saya dibangunkan di pagi hari oleh Ibu, padahal biasanya Ibu mengizinkan saya untuk bangun siang. Ternyata ibu ingin memberikan sebuah hadiah untuk keperluan sekolah ku. Kubuka kado yang diberikan oleh ibu, dan ternyata berisi tas dan buku-buku baru.

Aku tahu, sebenarnya orangtua ku ingin membeli oven baru untuk memulai usaha jualan kue. Tapi mereka rela tidak beli barang yang mereka inginkan demi bisa mengisihkan uangnya untuk membeli keperluan sekolah anaknya. Aku sangat sayang kedua orangtuaku.