Kenali Jenis Jambu Air Termanis di Indonesia

Kenali Jenis Jambu Air Termanis di Indonesia – Sobat, jambu air merupakan salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi kalau dimakan bersama dengan sambal rujak atau lutis. Jambu air yang memiliki rasa manis berpadu dengan asam pedas sambal rujak sangat segar dimakan saat siang hari.

Tahukah sobat, buah jambu air sendiri memiliki beragam jenis dengan keunggulan masing-masing. Tak heran kalau jambu air sangat cocok untuk dibudidayakan. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, buah jambu air juga memiliki kandungan air yang cukup banyak. Dengan begitu jambu air sangat cocok dijadikan menu camilan sehat.

Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan berbagai jenis jambu air termanis dan keunggulannya masing-masing. Tim wacaberita.com merangkumnya dari berbagai sumber.

Jenis Jambu Air Jambu Madu Super Green

Jambu madu super green merupakan varietas unggulan dari tanaman jambu air. Jenis jambu air ini memiliki keunggulan berupa ukuran buahnya yang sangat besar. Besarnya jambu air ini bisa mencapai ukuran satu botol minuman kemasan gelas.

Sedangkan kalau ditimbang, 1 kilogram berisikan 4 buah jambu air. Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, untuk soal rasa, jambu super green memiliki rasa yang super manis.

Bisa dibilang jambu air ini memiliki rasa manis yang merata, dari atas hingga ke bagian bawah buahnya.

Baca Juga :  Biodata Raden Mattaher, Pahlawan Nasional dari Jambi

Jambu Bol

Jambu bol jamaika merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah yang besar.

Satu buah jambu bol jamaika bisa mencapai ukuran segenggaman tangan orang dewasa. Daging buah jambu bol jamaika tergolong tebal.

Jambu Air King Rose

Jambu air king rose merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan keunikan warnanya yang merah legam seperti bunga mawar. Ukuran buah jambu ini juga dikategorikan jumbo, yaitu mencapai 200-350 gram per buahnya.

Keunggulan buah jambu air king rose ini tak kalah dengan jambu super green. Rasanya sangat manis dan segar dengan kadar airnya cukup tinggi dan lebih hebatnya lagi buah jambu air king rose biasanya tidak memiliki biji jadi lebih mudah untuk dikonsumsi.

Jambu Air Delima

Jambu delima merupakan varietas unggulan buah khas dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jambu delima memiliki keunggulan daging buahnya yang renyah dan mengandung banyak air, ditambah lagi, rasanya yang manis mirip dengan jambu citra.

Jambu Air Cincalo Merah

Jambu cincalo merah merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan daging buah yang cenderung tebal dan padat.

Selain itu, rasa buahnya manis dan menyegarkan. Uniknya lagi, bentuk buah jambu cincalo memanjang seperti lonceng, tetapi tidak gemuk membulat di bagian tengahnya sehingga dari pangkal ke ujungnya tampak lurus.

Jambu Air Citra

Jambu air termanis berikutnya adalah jambu air citra. Jambu air ini merupakan salah satu jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah besar, ditambah dengan rasanya yang super manis.

Pohon jambu air citra dapat berbuah sebanyak 3 kali. Keunggulan lainnya adalah tanaman buah jambu air citra tergolong gampang untuk dibudidayakan dan tidak perlu memakan waktu lama untuk panen.

Baca Juga :  Biodata Teuku Nyak Arif, Gubernur Aceh Pertama

Jenis Jambu Air Bajang Leang

Jambu bajang leang merupakan salah satu jenis jambu air yang paling banyak. Bentuk jambu air ini sangat besar dengan warna yang menarik serta rasa yang manis. Selain itu, kandungan air buah ini sangat tinggi.

Jamu Madu Kesuma Merah

Jambu air termanis berikutnya adalah jambu kesuma merah. Jambu air ini merupakan salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah, Selain itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh.

Keunggulan lain jambu air kesuma merah adalah memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, sehingga terkadang cukup sulit untuk memecahkan jambu ketika ingin dimakan. Tanaman buah jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya. Hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. Biasanya pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.

Jambu Madu Deli Hijau

Jenis jambu air ini memiliki warna hijau dengan tingkat kemanisan yang luar biasa. Jambu madu hijau tidak memiliki biji di dalamnya dan memiliki daging yang rapuh sehingga legit saat dimakan.

Pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih banyak walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya. Keunggulan lain dari jambu madu deli hijau adalah sifatnya yang genjah, cepat berbuah.

Jenis Jambu Air Camplong

Jenis jambu air ini merupakan salah satu jenis buah unggulan dari Provinsi Jawa Timur. Jambu air camplong mempunyai warna putih mengkilat serta daging buah yang tebal.

Jambu air ini tidak mempunyai biji. Rasanya pun manis dan segar. Berat buah rata-rata 80-100 g/buah. Buah ini bersifat musiman. Masa panen buah ini sekitar bulan Juli hingga Agustus.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Senin 17 Oktober 2022

Jenis Jambu Air Termanis

Sudah semakin paham ya Sobat, apa saja macam jambu air termanis di Indonesia. Ada yang paling kamu suka atau ada rencana untuk membudidayakannya? Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat!