Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok

Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok

Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok – Kalian pastinya sudah pernah mencoba Salah satu jenis jambu yang satu ini bukan? Buah yang satu ini sudah banyak ditemukan di Indonesia dan populer karena rasa manis dan renyah pada dagingnya. Tak heran buah ini banyak ditemukan di toko buah ataupun pasar . Hal ini yang membuat orang orang membudidayakannya di lahan lahan yang dimiliki. Namun budidaya tanaman buah jambu kristal sering mengalami kendala bunga rontok dan tidak berbuah? Masalah dirasakan oleh hampir semua pembudidaya tanaman ini.

Jika sobat waca berita juga sedang mengalami masalah ini juga, Tenang saja, kali ini waca berita akan membahas Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok. Untuk mengatasi jambu kristal supaya tidak rontok, memang harus mencermati beberapa aspek. Hal ini dikarenakan sebuah proses pembungaan pada setiap tanaman terlebih pada jambu kristal, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor dalam tanaman, akan tetapi juga oleh faktor yang berada di luar dari tanaman jambu itu sendiri.

Cara merawat bunga jambu kristal agar tidak rontok

Agar perkembangan pada jambu kristal berjalan maksimal. Ada beberapa beberapa hal yang perlu diperhatikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya adalah

Memperhatikan Kandungan Air

Air adalah salah satu unsur yang sangat diperlukan oleh setiap jenis tanaman. Oleh karena itu apabila tanaman kekurangan akan membuat pertumbuhan tanaman terhambat. Tentu saja hal ini juga berlaku pada jambu kristal, kondisi kekurangan air akan membuat jambu kristal menjadi kerdil dan proses dalam pembentukan bunga juga sulit dilakukan. Proses penanganan untuk masalah air, sobat waca berita harus memperhitungkan setiap takaran kandungan yang diperlukan.

Baca Juga :  Biodata Martha Christina Tiahahu, Pahlawan Nasional Perempuan dari Maluku

Langkah tersebut akan mampu untuk membuat tanaman jambu kristal yang kita tanam bisa terhindar dari kerontokan bunga sebelum terjadinya pembuahan. Selain memperhitungkan kandungan, kamu juga perlu menyuplai jumlah kebutuhan air yang sesuai. Jangan sampai terlalu kering ataupun justru menggenangi tanaman. Terutama pada musim kemarau. Langkah penyiraman secara rutin bisa membuat dampak kerontokan bisa berkurang dan pohon jambu kristal bisa menghasilkan jumlah bunga yang banyak untuk proses pembuahan.

Pemberian Pupuk

Selain pengairan, pemberian pupuk tentulah harus menjadi prioritas setelah kondisi kebutuhan air sudah dipastikan aman. Dengan memberikan pupuk pada tanaman jambu kristal, maka proses pertumbuhan akan lebih baik bahkan lebih cepat. Selain itu, Pemberian pupuk juga mampu menghindari kerontokan pada bunga jambu kristal. Oleh karenanya, ada baiknya kalian memberikan pupuk pada saat tanaman jambu belum menampakkan bunga. Hal ini dimaksudkan agar nantinya akan membuat tanaman bisa menghasilkan produksi bunga yang lebih banyak.

Kandungan dari pupuk memang banyak mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman. Kandungan yang terdapat pada pupuk itulah yang digunakan untuk menunjang proses pembungaan. Selain itu pemberian pupuk juga bisa bisa membuat tangkai tanaman lebih kuat dan tangkai bunga bisa berdiri lebih kokoh dalam menopang penyerbukan.

Pemberian Hormon Perangsang Bunga

Dan salah satu Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok yang paling efektif adalah dengan memberikan hormon perangsang bunga. Agar bunga jambu kristal bisa tumbuh sempurna dan kuat, sobat waca berita dapat memberikan hormon yang bisa digunakan untuk proses penyerbukan dan mekarnya bunga sehingga nantinya pada proses pembuahan bisa berjalan lancar.

Biasanya jenis hormon yang bisa digunakan adalah jenis hormon Gibberellin dan juga hormon Auksin. Kedua jenis hormon ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko pertanian. Kedua hormon ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai perangsang pertumbuhan tanaman. Kamu bisa memberikan hormon pada bagian akar, bagian daun, bagian bunga ataupun juga pada bagian buah.

Baca Juga :  Contoh Soal Berdasarkan Kisi Kisi PPG Dalam Jabatan 2022

Karena kita sedang membahas mengenai cara merawat bunga supaya tidak mudah rontok, maka tentunya target pemberian hormon tersebut adalah bagian kuncup bunga supaya bisa lebih stabil dan cepat memasuki proses pembuahan.

Cara Membuat Hormon Perangsang Bunga

Selain membeli di toko pertanian, kamu juga bisa membuatnya hormon untuk merangsang pertumbuhan bunganya sendiri loh. Yang harus kamu siapkan adalah beberapa bahan yang diperlukan seperti 1 kg keong mas, 5 liter air, sekitar 1 kg gula dan yang terpenting jangan lupa untuk menyertakan juga EM4 atau MOL sekitar satu gelas. Apabila semua bahan sudah terkumpul, kamu bisa langsung membuatnya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Rebus Keong mas pada air yang mendidih
  • Selanjutnya, pisahkan daging keong dan cangkangnya dan masukkan ke dalam wadah
  • Berikutnya, campurkan daging keong dengan EM4 atau MOL
  • Beri penutup yang rapat dengan menggunakan plastik yang diikat karet
  • Tunggu sekitar 15 hari sebelum siap digunakan
  • Apabila sudah selesai kamu bisa langsung menyemprotkannya pada bunga jambu kristal

Pada saat memberikan obat perangsang yang kamu buat sebelumnya, pastikan untuk memperhatikan target yang akan diberi perangsang. Untuk membuat bunga jambu kristal tidak rontok, maka tempatkan penyemprotan pada bagian kuncup dari bunga jambu kristal. Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti dosis pemberian, penyiraman harus dilakukan secara konsisten dan jangan sampai airnya menggenangi pohon dan juga jangan lupa untuk memberi pupuk dengan kandungan yang bisa membuat proses pembuahan lebih cepat.

Nah sob, itulah Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok mulai dari memperhatikan pengairan, pemberian pupuk sampai dengan memberikan hormon yang bisa merangsang perkembangan bunga secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Biodata Rudolf Carnap, Filsuf Positivisme Logis

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski