Mengenal Jenis Jeruk Manis di Indonesia

Mengenal Jenis Jeruk Manis di Indonesia – Sobat Waca Berita, jeruk merupakan tanaman asli dari benua Asia khususnya dari India sampai Cina. Banyak spesies jeruk yang telah dibudidayakan di daerah subtropik. Akan tetapi, ternyata di Indonesia yang secara geografis berada pada daerah tropis juga memiliki banyak jenis jeruk yang dibudidayakan mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Bahkan, beberapa jenis jeruk yang dibudidayakan amat sangat terkenal, tak hanya karena manis tetapi juga rasanya menyegarkan. Sebut saja jeruk Pontianak maupun jeruk Medan.

Buah yang terkenal kaya akan vitamin C ini bisa dibilang merupakan buah yang paling populer karena dicintai banyak orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Jika Sobat hendak membeli buah jeruk manis, cari tahu terlebih dahulu karena ragamnya cukup banyak. Pilih yang sesuai dengan seleramu.

Jenis Jeruk Manis di Indonesia

Buah jeruk, selain mudah didapat juga ternyata sangat mudah diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Lebih jauh berikut ini rangkuman informasi mengenai jenis jeruk manis yang populer di Indonesia, enak dan kaya manfaat.

Jeruk Pontianak

Jeruk Pontianak menjadi salah satu macam jeruk manis populer di Indonesia. Seperti sebutannya jeruk Pontianak, jeruk ini banyak dibudidayakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Jeruk ini memiliki cita rasa yang manis serta kandungan air yang banyak. Kulit Jeruk Pontianak berwarna hijau mengkilat kekuningan dengan permukaan yang tipis membuatnya sangat mudah dikupas.

Baca Juga :  Biodata Syekh Yusuf Tajul Khalwati, Pahlawan Nasional

Jeruk Medan

Selain jeruk Pontianak, macam-macam jeruk manis lainnya adalah jeruk medan. Jeruk ini biasanya tumbuh di daerah dingin seperti di Brastagi, Sumatra Utara. Karakteristik jenis jeruk ini berwarna oranye, hijau kekuningan, atau kuning pada bagian permukaannya. Rasanya tak kalah manis dari Jeruk Pontianak.

Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin atau Mandarin orangestermasuk dalam spesies Citrus reticulata yang punya varietas lain seperti Satsuma, Clementine, Dancy, Honey, Pixie, dan tangerines. Spesies ini memiliki kelebihan berupa rasanya yang manis, kulit berwarna oranye terangnya mudah dikupas, dan daging buahnya mudah dipisahkan.

Dilihat dari sisi kesehatan, konsumsi jeruk Mandarin baik untuk tubuh. Konsumsi 1 cup-nya dapat memenuhi 28% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Jeruk Mandarin juga mengandung jenis antioksidan lain seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Jeruk Sunkist

Macam-macam jeruk manis berikutnya adalah jeruk Sunkist. Tentu saja jeruk ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Tak heran jika jeruk Sunkist sangat dicintai masyarakat di seluruh dunia. Jeruk ini berasal dari California, Amerika. Permukaan jenis jeruk ini bertekstur licin dan tebal.

Karena itu, jeruk berwarna oranye tidak bisa dikupas tanpa menggunakan alat bantu. Jeruk ini juga kerap diambil sarinya untuk diolah menjadi berbagai macam minuman.

Jenis Jeruk Tangelo

Penamaannya jeruk Tangelo diambil dari gabungan dari kata Tangerine dan Pamelo. Jenis jeruk ini merupakan hasil persilangan berbagai hibrida dari varietas jeruk reticulate. Karakteristik jenis jeruk ini memiliki daging yang manis dan tajam dengan sedikit rasa pahit.

Jeruk Limau Gedang

Limau Gedang atau grapefruit merupakan jenis jeruk manis yang berasal dari persilangan dari jeruk manis dan pamelo. Jenis jeruk ini memiliki rasa yang cukup unik dibandingkan jeruk lainnya.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Rabu 19 Oktober 2022

Cita rasa asam hingga semi-manis hingga pahit dapat dirasakan menjadi satu pada jeruk ini. Dinamai grapefruit karena tanaman Limau gedang tumbuh dalam tandan yang mirip dengan tanaman anggur.

Daging jeruk manis ini memiliki warna yang bervariasi, mulai dari merah, putih-krem, atau merah muda yang tergantung pada kultivarnya. Limau Gedang atau grapefruit ini memiliki beberapa jenis seperti Grapefruit Ruby Red dan White Grapefruit.

Jeruk Tangerine

Tangerine merupakan macam jeruk manis lainnya yang bisa Sobat coba. Jeruk ini berasal dari hasil persilangan antara hibrida Jeruk Mandarin. Nama jeruk ini sesuai dengan tempatnya berasal, yaitu Tangier di Maroko.

Tangerine memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk biasa dengan daging buah yang lebih manis. Rasa Tangerine yang sangat manis, membuatnya biasa digunakan sebagai berbagai macam minuman, makanan penutup, dan hidangan lainnya.

Mirip jenis jeruk lainnya, bukan hanya dagingnya saja yang memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Melainkan kulit Tangerine juga dapat dikonsumsi dengan lapisan coklat. Untuk menikmati jeruk manis Tangerine, Sobat bisa menunggu musimnya berbuah pada bulan Oktober hingga Januari.

Jenis Jeruk Manis orange

Bisa dikatakan jeruk Manis atau Orange merupakan macam jeruk manis yang sangat disukai oleh hampir seluruh orang di dunia. Jeruk manis yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis ini adalah hasil dari persilangan antara Pamelo dan Jeruk Mandarin.

Selain rasanya yang sangat manis dan segar, jenis jeruk ini juga terkenal memiliki aroma jeruk yang sangat kuat. Selain daging buahnya yang nikmat, kulit jeruk ini juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat parfum. Untuk dapat menikmati jeruk manis ini, Sobat bisa menantinya di musim panennya pada bulan Januari hingga November.

Baca Juga :  Biodata Eduard Buchner Penemu Fermentasi Tanpa Sel

Jeruk Bali

Terakhir ada jeruk Bali atau juga dikenal sebagai jeruk Pamelo yang merupakan salah satu jenis jeruk yang berukuran besar. Jeruk ini biasanya berdiameter 15 hingga 25 cm dengan berat sekitar 1 hingga 2 kg per buah. Pamelo memiliki daging berwarna putih kemerahan yang rasanya bisa manis, asam atau kombinasi keduanya.

Macam jeruk manis ini tidak selalu tersedia di pasaran karena biasanya hanya muncul saat musim panen saja. Karena kulitnya yang cukup tebal, maka diperlukan cara khusus untuk mengupasnya dengan benar. Di beberapa daerah di Indonesia kulit pamelo sering dijadikan makanan lain sejenis manisan yang disebut dengan kalua jeruk.

Banyaknya Jenis Jeruk di Indonesia

Nah, ternyata banyak juga ya jenis jeruk manis di Indonesia. Sobat bisa mencoba semuanya dengan memborong buah tersebut di pasar buah atau supermarket terdekat. Semoga bermanfaat!