Kunci Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7

Kunci Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7

Wacaberita.com – Kunci Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7

AKTIVITAS 4.3

Sulap Menarik Taplak Meja

Pernahkah kalian melihat seorang pesulap menarik taplak meja yang di atasnya banyak piring dan gelas? Taplak meja tersebut dapat ditarik lepas dengan piring dan gelas tidak berubah posisi sama sekali. Kalian juga bisa melakukan hal yang demikian dengan aktivitas sederhana berikut yang lebih aman dan tidak merugikan.

Perhatikan Gambar 4.10 di bawah ini. Kalian dapat mengganti bendanya dengan benda yang kalian temukan di sekitar. Kira-kira cara menarik kertas atau robekan kain seperti apa yang membuat benda di atasnya tidak berpindah meski kertas atau kain telah lepas? Jelaskan hasil analisis kalian kepada Bapak/Ibu Guru di depan kelas.

Kunci Aktivitas 4.3 halaman 124 Sulap Menarik Taplak Meja IPA SMP Kelas 7

Gambar 4.10 Sebuah gelas berisi air yang diletakkan di atas selembar kain/kertas.

Jawaban:

  • Cara menarik kertas atau robekan kain yang membuat benda di atasnya tidak berpindah meski kertas atau kain terlepas adalah menarik kertas atau kain dengan kuat dalam waktu cepat.
  • Aktivitas tersebut merupakan contoh dari Hukum Newton 1. Gelas berisi air memiliki sifat kelembaman atau inersia.
  • Sifat tersebut membuat benda yang cenderung mempertahankan keadaan atau sifat kemalasan benda untuk mengubah keadaan.
  • Untuk itu, jika kertas ditarik dengan kuat dalam waktu yang cepat, sehingga gelas belum sempat merasakan gaya tarik.
  • Karena gelas berisi air belum merasakan gaya tarik, maka gelas yang berisi air akan tetap diam dan dalam posisi semula.
Baca Juga :  Jawaban Topik 11 Modul 1 Kreativitas Dan Inovasi

Demikian materi kunci jawaban soal kurikulum merdeka SMA/SMK yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni