Fakta dan Opini

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 106 107 dan 108 Fakta dan Opini

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 106 107 dan 108 Fakta dan Opini. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Fakta dan Opini

Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan dan benarbenar terjadi.
Opini adalah pendapat atau pikiran.

Bahas Bahasa

Membuat Kartu Fakta dan Opini
Apakah kalian sudah paham tentang perbedaan fakta dan opini? Mari melakukan permainan ini. Buatlah satu koleksi Kartu Fakta dan Opini yang masing-masing berisi satu kalimat. Mintalah teman kalian untuk menebak kalimat dalam koleksi kalian.

Jawaban:

Ambillah sebuah kertas atau karton berukuran sedang. Lipatlah menjadi delapan bagian sama besar. Tuliskan dalam setiap baris lipatan satu kalimat fakta dan satu kalimat opini tentang suatu hal. Setelah itu, potonglah kertas tersebut. Perlihatkan kalimat tersebut kepada para peserta didik. Mintalah mereka menebak apakah kalimat tersebut termasuk fakta atau opini.

Latihan 4

Bacalah dengan saksama dan tentukan apakah kalimat di bawah ini adalah fakta atau opini.

1.Pertemuan itu dihadiri oleh dua puluh orang.

Jawaban: Fakta

2.Kue lupis buatan Ibu paling enak di dunia.

Jawaban: Opini

3.Bahasa Indonesia adalah pelajaran paling menyenangkan.

Jawaban: Opini

4.Belajar daring menggunakan perangkat teknologi.

Jawaban: Fakta

5.Operasi hitung bilangan diajarkan pada pelajaran Matematika.

Jawaban: Fakta

Latihan 5

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

Bacalah kembali teks “Pengalaman Belajar Daring” di halaman sebelumnya. Dapatkah kalian menemukan kalimat fakta dan opini lainnya? Tuliskan pada buku tulis kalian.

Latihan 6

Saat kalian membaca media cetak atau berselancar di internet, kadang kalian akan menemukan iklan. Iklan berisi fakta informasi tentang produk. Iklan juga berisi kalimat opini untuk menarik perhatian pembaca. Perhatikan keempat iklan berikut. Dapatkah kalian menentukan kalimat fakta dan opini dari iklan-iklan tersebut? Mana yang fakta (F) dan mana yang opini (O)?

Jawaban:

  1. Dibuat dari gandum pilihan (Fakta)
  2. Paling enak dan tiada duanya(Opini)
  3. Tersedia dalam tiga warna pilihan (Fakta)
  4. Anak keren pakai pulpen merek Tren (Opini)
  5. Dilengkapi sabuk pengaman di setiap tempat duduk(Fakta)
  6. Mobil keluarga terbaik di Indonesia (Opini)
  7. Mengandung vitamin dan mineral (Fakta)
  8. Membuat anak jadi pintar (Opini)

Berbicara Berdiskusi dan Mempresentasika

Pilihlah sebuah iklan pada media cetak (surat kabar, majalah, atau dari internet). Temukan fakta dan opini yang terdapat pada iklan tersebut. Kemudian, sebutkan manfaat kita mengenali fakta dan opini dari sebuah informasi yang dibaca.

Jawaban:

Fakta : Dari pucuk teh pilihan
Opini : Rasa teh terbaik ada dipucuknya.

Manfaat dari fakta adalah dapat memberikan bukti atas apa yang sedang terjadi dan bukan hanya sekedar pendapat atau pikiran saja. Manfaat opini adalah memberikan berbagai pendapat atau pandangan terhadap sesuatu untuk mencapai keinginan tertentu.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 106 107 dan 108 Fakta dan Opini. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Proyek halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA Kelas 10