Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 107 Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api

Energi yang Tersimpan

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 107 Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Energi yang Tersimpan

Ketika kalian makan, kalian menyimpan energi kimia dalam tubuh. Ketika melakukan berbagai macam aktivitas, kalian mengubah energi kimia pada tubuh. Jika energi pada tubuh kalian sudah hampir habis, tubuh akan terasa lemas dan tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas.

Umumnya sumber energi yang ada di alam tersimpan dalam berbagai macam benda. Energi yang tersimpan pada suatu benda disebut sebagai energi potensial. Artinya benda ini memiliki potensi atau kemampuan untuk menjadi sumber energi. Namun, tentu saja membutuhkan transformasi energi untuk memanfaatkannya.

Mari Mencoba

Yuk, kita lakukan beberapa percobaan untuk lebih memahami apa itu energi potensial. Perhatikan instruksinya terlebih dahulu sebelum memulai.

Energi Potensial pada Lilin

Alat dan bahan
1. Lilin 1 batang.
2. Korek api.
3. Wadah untuk menyimpan lilin.

Keamanan
Harap berhati-hati saat melakukan percobaan dengan api. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa kesulitan.

Langkah Percobaan

1. Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada wadah lilin.

2. Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan berikut pada buku tugas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 212 213 214 Kelas 9

a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api?

Jawaban : Energi potensial/kimia

b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian melihat energi dari benda ini?

Jawaban : Tidak bisa

c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin dinyalakan?

Jawaban : Energi panas dan cahaya

d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan ini?

Jawaban : Energi potensial/kimia menjadi energi panas dan energi cahaya.

3. Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku tugas

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 107 Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike