Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 118 119 Apa yang dimaksud dengan energi kinetik

Energi Kinetik

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 118 119 Apa yang dimaksud dengan energi kinetik. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Energi Kinetik

Semua yang bergerak akan memiliki energi kinetik. Walaupun beberapa energi gerakannya tidak terlihat, tetapi kita dapat merasakannya.

1. Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.
2. Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.
3. Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.
4. Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.

Mari Refleksikan

1. Apa yang dimaksud dengan energi kinetik?

Jawaban : Energi kinetik adal energi yang dihasilkan karena ada pergerakan atau segala sesuatu yang bergerak dan bisa menghasilkan energi.

2. Energi apa saja yang termasuk dalam energi kinetik?

Jawaban : Beberapa energi yang masuk energi kinetik adalah energi radiasi, energi suara, energi panas, dan energi mekanik.

3. Mengapa energi cahaya, panas, bunyi, dan listrik termasuk ke dalam energi kinetik?

Jawaban : Sebab energi cahaya, panas, dan listrik bisa bergerak atau merambat dari sumber energi ke arah yang berbeda, meskipun tidak bisa diamati secara langsung.

4. Perubahan energi apa saja yang bisa terjadi pada energi kinetik?

Jawaban : Enegi kinetik menjadi energi bunyi contohnya pada alat musik gitar yang dipetik dawainya akan menghasilkan bunyi atau irama

Belajar Lebih Lanjut

Energi Kinetik dan Bentuk Energi Lainnya

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 173 Mari kita coba mengelompokkan kebutuhan kita berdasarkan kepentingannya

Walaupun berbentuk energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi, namun energi kinetik tidak bisa dipisahkan dari energi ini.

1. Ban sepeda akan terasa panas saat kalian pakai.

2. Badan kalian akan terasa panas sehabis berolahraga.

3. Petir yang keras akan membuat kaca-kaca bergetar.

4. Bahkan leher kalian akan terasa bergetar saat berbicara.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 118 119 Apa yang dimaksud dengan energi kinetik. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike