Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 208 Apa dampak dari pelanggaran pada gambar tersebut

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 208 Apa dampak dari pelanggaran pada gambar tersebut. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Topik C: Awas! Kita Bisa Dihukum!

Tahukah kalian, syarat mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) diberikan pada usia berapa tahun? Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi syarat utama untuk mendapatkan SIM. Coba tanyakan pada orang dewasa di sekitar kalian, apakah mereka memiliki KTP dan SIM? Mengapa semua orang dewasa memiliki KTP, namun tidak semua memiliki SIM? Tentu saja karena berkaitan dengan peraturan.

Peraturan dibuat oleh negara dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan yang tertib. Untuk membuat SIM ada aturan batas usia minimal. Tujuannya adalah untuk membatasi agar pengemudi kendaraan bermotor merupakan orang yang sudah bisa bertanggung jawab secara hukum.

Begitu pun peraturan yang ada di rumah, sekolah, dan di tempat tinggal kita. Semua bertujuan untuk menciptakan ketertiban. Ketertiban menciptakan hidup menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman untuk beraktivitas. Dengan kata lain, ketertiban menciptakan masyarakat yang beradab.

Mari Mencari Tahu

Supaya kalian lebih mengetahui peraturan yang berlaku di setiap daerah serta akibat dari pelanggarannya, mari lakukan aktivitas berikut ini.

1. Pelajari kembali gambar dan narasi pada Topik C.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya

2. Diskusikan bersama teman sebangku kalian mengenai:

a. Apa dampak dari pelanggaran pada gambar tersebut?

Jawaban: Dampak dari pelanggaran tersebut adalah Bisa menimbulkan kecelakaan, motor bisa disita karena melakukan pelanggaran, bahkan bisa mengakibatkan kerugian baik pada diri sendiri maupun orang lain

b. Apakah pelanggaran tersebut merugikan orang lain?

Jawaban: Ya, karena jika sampai terjadi kecelakaan korbannya bisa orang lain

c. Lalu, seperti apa seharusnya jika kita ingin menggunakan kendaraan bermotor?

Jawaban: Sesuai dengan umur yang diwajibkan, memiliki SIM, menggunakan helm, dan mentaati peraturan lalu lintas yang ada. Masyarakat juga harus senantiasa sabar dan berhati-hati dalam membawa kendaraan bermotor

3. Catatlah hasil diskusi pada buku tugas.

4. Sekarang, amatilah pelanggaran yang terjadi di sekolah kalian. Misal, pelanggaran seperti:

a. datang terlambat;

b. tidak menggunakan seragam dengan lengkap

c. tidak mengantri saat di kantin;

d. tidak menyiram kembali saat dari toilet.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 208 Apa dampak dari pelanggaran pada gambar tersebut. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.