Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 205 Apa hal baru yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini

Kini Aku Menjadi Lebih Tertib!

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 205 Apa hal baru yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Topik B: Kini Aku Menjadi Lebih Tertib!

Pertanyaan Esensial
1. Apakah perbedaan antara peraturan tertulis dan tidak tertulis?
2. Mengapa kita perlu mematuhi peraturan?
3. Apa yang terjadi jika kita melanggar norma yang berlaku di masyarakat?

Adanya peraturan diharapkan dapat mengatur tingkah laku manusia. Tahukah kalian, ada banyak peraturan atau norma yang dibuat oleh manusia. Ada peraturan yang berlaku hanya di wilayah tertentu, ada juga yang berlaku secara menyeluruh bagi semua warga negara. Peraturan yang ada dibuat dengan mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, dari masa ke masa peraturan akan terus bertambah dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Ada peraturan yang tertulis adapula yang tidak tertulis. Apa perbedaan dari kedua peraturan tersebut?

Mari Mencari Tahu

Supaya kalian lebih mengetahui apa itu peraturan dan bagaimana peraturan diterapkan, lakukan aktivitas berikut ini.
1. Guru kalian akan meminta kalian mengambil satu buah kartu berisi tulisan/gambar lokasi tertentu.

Baca Juga :  Materi Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Angiospermae

2. Setelah mengambil kartu itu, ambillah alat tulis kalian.

3. Tuliskanlah dalam buku tugas hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan di tempat itu.

4. Tuliskan juga, apa yang kira-kira akan terjadi jika kalian melakukan hal-hal yang dilarang di tempat itu.

Lakukan Bersama

Pada kegiatan ini, kalian akan diminta untuk bermain peran. Sebelum mulai bermain peran, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan.

1. Berkumpulah dalam kelompok kecil berdasarkan kartu yang didapat pada kegiatan sebelumnya.

2. Secara berkelompok, kalian akan mendiskusikan dialog singkat berdasarkan situasi pada kartu yang kalian dapatkan.

3. Buatlah dialog tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

4. Aturlah pembagian peran dan lakukan latihan dialog sesuai peran masing-masing.

5. Setiap kelompok akan bermain peran secara secara bergiliran di depan kelas.

6. Pikirkan akibat dari pelanggaran yang terjadi pada situasi yang dimainkan kelompok lain. Tuliskan dalam buku tugas.

7. Guru kalian akan memimpin untuk diskusi bersama.

Peraturan Tertulis dan Tidak Tertulis

Peraturan ada yang tertulis dan ada juga yang tidak tertulis. Semuanya bertujuan untuk menciptakan situasi yang tertib sehingga kita semua dapat hidup berdampingan secara damai. Di rumah ada peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Begitu juga di sekolah, masyarakat, jalan raya, juga tempat ibadah. Apakah ada tempat-tempat di sekitar kalian yang memberlakukan peraturan tertentu?

Peraturan tertulis artinya peraturan dengan sanksi yang memaksa. Biasanya peraturan ini dibuat oleh negara atau pengelola sebuah tempat. Peraturan tidak tertulis adalah peraturan yang dibuat oleh manusia dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat atau daerah setempat. Sanksi peraturan tidak tertulis ini lebih berupa teguran, peringatan, malu, atau perasaan menyesal pada diri sendiri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 50 Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api

Mari Mencari Tahu

Mari belajar mengenai peraturan tertulis dan tidak tertulis. Simak instruksi berikut dengan saksama, ya.

1. Buatlah tabel berikut pada buku tulis kalian.

No Peraturan Tertulis Peraturan Tidak Tertulis
1 Peraturan Lalu Lintas Menghormati yang lebih tua
2 Hukum Pidana Adat istiadat
3 Undang-undang Menjaga ketertiban lingkungan
4 Peraturan Sekolah Menolong teman yang sedang membutuhkan

2. Ingat kembali situasi bermain peran yang telah kalian lakukan sebelumnya.

3. Tuliskan minimal 3 contoh peraturan tertulis dan tidak tertulis dari situasi tersebut.

Mari Refleksikan

1. Apa hal baru yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini?

Jawaban : Ada banyak hal baru yang bisa kita peroleh diantaranya adalah saya mengetahui contoh peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis yang ada di masyarakat.

2. Apa sajakah peraturan tidak tertulis yang ada di lingkungan sekitar kalian? Dari mana kalian mengetahui peraturan tersebut?

Jawaban : Contoh peraturan tidak tertulis yang ada di lingkungan sekitar adalah, menghormati yang lebih tua, Adat istiadat yang ada di lingkungan, menolong sesama dan sebagainya. Saya mengetahui peraturan dari nasehat orang tua dan kebiasaan yang ada pada masyarakat.

3. Apa sajakah peraturan tertulis yang ada di lingkungan sekitar kalian? Dari mana kalian mengetahui peraturan tersebut?

Jawaban : Contoh peraturan tertulis adalah peraturan sekolah, peraturan lalu lintas dan juga Undang-undang dasar . Saya mengetahui peraturan tersebut karena tertulis dan tertuang secara jelas dan dipelajari baik di sekolah maupun pada buku undang- undang.

4. Dampak apa yang kalian rasakan/lihat dengan adanya peraturan?

Jawaban : Jika mentaati peraturan yang ada, maka kehidupan pada mayarakat akan terasa lebih nyaman dan tertib.

5. Apakah kalian pernah melanggar peraturan? Mengapa?

Jawaban : Jawaban disesuaikan dengan kondisi kalian masing-masing

Belajar Lebih Lanjut

Mengenal Peraturan Tidak Tertulis

Baca Juga :  Jawaban INFORMATIKA Halaman 66-67 Kelas 7

Pernahkah kalian mendengar peribahasa “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”? Di lingkungan masyarakat, peribahasa itu berlaku di mana pun. Artinya ketika kita pergi ke mana pun kita harus mengikuti aturan yang berlaku di tempat tersebut. Peribahasa tersebut mengisyaratkan bahwa ada aturan tersirat (tidak tertulis) yang harus kita pahami dan patuhi. Jika aturan tersebut dilanggar, maka sanksi yang didapat bisa berupa teguran maupun rasa malu.

Mengenal Peraturan Tertulis

Jalan raya perlu memiliki sebuah peraturan agar para penggunanya, baik yang berkendara maupun yang berjalan kaki, bisa dengan aman melakukan aktivitasnya. Peraturan berlalu lintas untuk keselamatan ini dituliskan dengan jelas. Hal ini dilakukan agar semua orang memahami dan mematuhi peraturan tersebut. Pelanggaran peraturan di jalan raya bisa berupa sanksi tegas seperti, hukuman atau denda.

Selain peraturan tertulis tersebut, saat berkendara di jalan raya juga ada peraturan tidak tertulis yang perlu ditaati agar jalanan tertib. Misalnya, bagaimana masing-masing pengendara saling memberi jalan dan tidak menyerobot demi bisa berjalan lebih cepat.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 205 Apa hal baru yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike