Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 14 Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis

Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 14 Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Mari Refleksikan

1. Jika dilihat dari cara mendapatkan makanannya, apa perbedaan tumbuhan dengan manusia dan hewan?

Jawaban : Manusia dan hewan mencari dan mendapatkan makanan dari hewan atau tumbuhan. Untuk mendapatkan makanan mereka perlu bergerak, berburu, dan mengolah/masak (khusus manusia). Tumbuhan menghasilkan makanannya sendiri.

2. Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis?

Jawaban : Cahaya matahari, air, karbondioksida, dan klorofil.

3. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?

Jawaban : Makanan (karbohidrat) dan oksigen.

4. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang sangat penting?

Jawaban : Adanya fotosintesis membuat makhluk hidup bisa bernapas dan makan. Inilah yang membuat tanaman menjadi sangat penting di Bumi ini. Manusia dan hewan bergantung kepadanya.

5. Sikap apa yang perlu kita lakukan terhadap tumbuhan setelah kamu mempelajari topik ini?

Jawaban : Menjaga dan merawat tumbuhan serta alam. Tidak sembarangan menebang pohon atau tanaman.

6. Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di muka Bumi?

Jawaban : Tidak ada yang menghasilkan oksigen dan tidak ada sumber makanan.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 88 Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi

Belajar Lebih Lanjut

Sadarkah kalian tanaman di sekitar kita bergerak mencari sinar Matahari? Percobaan di samping membuktikan bahwa tanaman bergerak mengikuti cahaya Matahari.

Ada jenis tumbuhan yang tidak memiliki klorofil, seperti bunga Rafflesia Arnoldii dan tali putri. Keduanya tidak bisa melakukan fotosintensis sehingga perlu menumpang pada tanaman lain dan ikut mengambil makanannya.

Demikian Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 14 Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

Nah itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 14 Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Fike