Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 20 Mengapa serangga senang hinggap di bunga

Hubungan antara Serangga dan Bunga.

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 20 Mengapa serangga senang hinggap di bunga. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Perkembangbiakan Tumbuhan

Apakah tumbuhan di hutan ditanam oleh manusia? Jika tidak, lalu bagaimana tumbuhan bisa tumbuh tersebar di mana-mana? Siapa yang menanamnya? Bagaimana cara tumbuhan berkembang biak dan memperbanyak jenisnya?

Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna

Benang sari dan putik adalah alat perkembangbiakan tumbuhan. Benang sari dan putik bisa terletak dalam 1 bunga yang sama. Ini dinamakan bunga sempurna. Namun, ada bunga yang benang sari dan putik terpisah dalam bunga yang berbeda. Ini disebut bunga tidak sempurna.

Mari Mencoba

1. Bagaimana tumbuhan berbunga berkembang biak? Mari kita baca dahulu teks berikut. Lalu, jawab pertanyaannya.

Hubungan antara Serangga dan Bunga

Baca Juga :  Jawaban Topik 14 Modul 1 Membaca Bersama

Pernahkah kalian melihat lebah yang terbang di sekitar bunga? Serangga ini senang sekali dengan bunga. Bagaimana tidak? Bunga adalah sumber makanannya. Serangga ini senang sekali dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum memikat para serangga untuk hinggap di bunga.

Lebah dan serangga lainnya kemudian asyik menikmati sari bunga yang lezat. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain.

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik. Ini adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga.

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat, namun ada serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.

a. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?

Jawaban : Karena bunga menjadi sumber makanan. Nektar atau sari bunga, warna bunga, dan aroma harum memikat serangga untuk hinggap di bunga.

b. Apa itu proses penyerbukan?

Jawaban : Penyerbukan adalah peristiwa serbuk sari menempel pada kepala putik

c. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?

Jawaban : Sari bunga atau nektar menjadi makanan serangga seperti kupu kupu dan lebah. Saat serangga sedang menikmati sari bunga yang lezat, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya.

Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, serangga akan terbang ke bunga yang lain. Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga.

d. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?

Jawaban : Setelah proses penyerbukan maka dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat.

2. Setelah mempelajari teks sebelumnya, buatlah sebuah komik 4 strip yang bercerita tentang penyerbukan. Dalam komik tersebut sertakanlah:
a. serangga yang mencari makan di bunga;
b. serbuk sari yang menempel pada serangga;
c. serbuk sari yang jatuh di kepala putik saat serangga mencari makan;
d. bunga yang berubah menjadi buah setelah adanya proses penyerbukan.

Jawaban : 

Contoh isi komik sebagai berikut:

a. Kupu kupu: Perutku sakit, aku lapar.

Bunga cantik warna merah: Hey kupu kupu, kemarilah. Aku punya makanan yang sangat lezat untukmu.

b. (Kemudian kupu kupu bergegas menghampiri bunga cantik warna merah)
Kupu kupu: Nyam nyam lezat sekali nektar ini.

Bunga cantik warna merah: Benarkan kataku kupu kupu? Nektarku sangat lezat kan?
(Ketika kupu kupu asyik makan nektar, serbuk sari menempel pada tubuh kupu kupu)

c. Bunga cantik warna kuning: Hey kupu kupu, aku juga punya nektar yang lezat lho.
Kupu kupu: (Segera bergegas menuju ke bunga cantik warna kuning sambil membawa serbuk sari yang menempel di tubuhnya) Siap, aku meluncur bunga cantik.

Bunga cantik warna kuning: Terimakasih ya kupu kupu, kamu kesini dengan membawa serbuk sari. Ini serbuk sari sudah menempel di kepala putik.
Kupu kupu, silakan nikmati nektar yang lezat.

Kupu kupu: Nyam nyam lezat sekali, terimakasih ya bunga cantik warna kuning.

Bunga cantik warna kuning: Sama sama kupu kupu, saya juga terimakasih kamu telah membantuku dalam proses penyerbukan.

d. Bunga cantik warna kuning: Hore aku sekarang telah memiliki biji. Aku punya keturunan yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

3. Saling bertukarlah komik dengan masing-masing teman kalian. Bacalah komik yang sudah dibuat teman kalian dengan saksama!

Baca Juga :  Jawaban Post Test, Latihan Pemahaman, Hingga Aksi Nyata Pada Platform PMM Terbaru

4. Selesai membaca, sampaikan kepada teman kalian apa yang kalian suka dari komik buatannya.

 

Demikian Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 20 Mengapa serangga senang hinggap di bunga.

Nah itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 20 Mengapa serangga senang hinggap di bunga. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

 

You May Also Like

About the Author: Fike