Kunci Proyek halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA Kelas 10

Kunci Jawaban Soal Kurikulum Merdeka SMA SMK

Wacaberita.com – Kunci Proyek halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Proyek  halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Proyek halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA/SMK Kelas 10

PROYEK

Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok

Setelah Kalian selesai mengidentifikasi spesies mahkluk hidup pada kegiatan Proyek Tahap 1, maka pilihkah satu saja spesies yang menarik untuk Kalian pelajari. Indentifikasilah kelompok spesies tersebut dalam sistem klasifikasi 5 Kingdom dan ciri-ciri spesies tersebut. Kalian juga bisa melakukan kajian literatur tentang spesies tersebut.

Jawaban:

Pada tahun 1969, Robert H Whittaker mengemukakan sistem klasifikasi 5 kingdom. Kingdom tidak lagi hanya terbatas pada Animalia dan Plantae saja, tetapi juga Monera, Protista, dan Fungi atau jamur.

Kingdom Animalia

Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, hewan digolongkan ke dalam kingdom Animalia. Sebagaimana yang kita tahu, hewan adalah makhluk hidup dengan ciri utama “tidak dapat membuat makanannya sendiri” alias hidup dari memakan makhluk hidup lain. Berdasarkan kepemilikan tulang belakangnya, kingdom ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Avertebrata yang tidak memiliki tulang belakang dan Vertebrata yang memiliki tulang belakang.

Animalia atau hewan adalah kelompok organisme multi seluler yang bersifat heterotrof. Sel pada kingdom animalia merupakan sel eukaryotik yang tidak memiliki dinding sel. Animalia terdiri atas banyak spesies, mulai dari yang sederhana hingga ke yang kompleks, seperti porifera, coelenterate, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, arthropoda, moluska, Echinodermata dan chordata.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 47 Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi

Seperti halnya plantae, animalia juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan tidak jarang juga yang merugikan.

Ciri-Ciri Kingdom Animalia

1) Dapat bergerak

Hewan-hewan dalam kelompok Kingdom Animalia memiliki sistem gerak untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh hewan

2) Tidak memiliki dinding sel

Berbeda dengan sel tumbuhan. Sel animalia tidak memiliki fungsi dinding sel pada tumbuhan yang memberikan kesan keras atau kaku untuk perlindungan terhadap isi sel di dalamnya, namun tetap memiliki fungsi membran sel.

Dengan tidak adanya dinding sel ini menunjang sistem gerak pada hewan sehingga memungkinkan animalia bergerak dengan aktif.

3) Habitat

Habitat kingdom ini dapat ditemukan di perairan air, perairan tawar, dan di tanah

4) Sistem Organ

Hewan-hewan dalam kelompok Kingdom Animalia memiliki banyak sistem organ. Sistem organ tersebut mempunyai fungsi spesifik yang penting untuk bertahan hidup.

Sistem organnya terdiri dari sistem skeletal (rangka), sistem otot, sistem pencernaan, sistem sirkulatori, sistem reproduksi, sistem imun, dan hormon.

5) Bentuk Tubuh

Bentuk tubuhnya sebagian besar simetris bilateral, sedangkan hewan primitive (hewan sederhana) memiliki tubuh asimetris, dan yang lainnya memiliki bentuk simetris radial, seperti echinodermata. Bentuk tubuh ini diadaptasi dari bagaimana mereka mendapatkan makanannya.

Demikian materi Kunci Proyek halaman 167 Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Baca Juga :  Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 4 Aktivitas 1.1 Alat Ukur dan Kegunaannya

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni