Manfaat Anggur, Si Mungil Kaya Nutrisi

Manfaat Anggur, Si Mungil Kaya Nutrisi – Sobat Wacaberita, siapa yang hobi makan buah anggur? Selain emiliki rasa yang unik dan tentu saja lezat, buah mungil ini juga mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi anggur pada takaran tertentu dapat mencegah kolesterol tinggi hingga penyakit mata.

Buah yang satu ini sering sekali kita temukan pada produk makanan dan minuman olahan seperti minuman rasa, jus, ice cream, permen dan masih banyak lainnya. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, buah anggur tinggi akan kandungan vitamin dan nutrisi.

Pada artikel kali ini Waca berita akan membahas tentang anggur, namun sebelum kita bahas kandungan nutrisi dan manfaatnya, yuk simak dulu fakta seputar buah anggur berikut ini:

  • Terdapat sekitar 8.000 varietas buah anggur di seluruh dunia.
  • Kandungan air dan serat dalam buah anggur dapat mencegah dehidrasi.
  • Buah anggur pertama kali dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1682, dan mulai dibudidayakan sekitar tahun 1828 tepatnya di daerah Banyuwangi.
  • Daerah Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, Bali dan Kupang merupakan pusat buah anggur di Indonesia.

Kandungan Anggur

Buah anggur mudah sekali dikonsumsi atau dicampur pada menu makanan sehat sehari-hari seperti salad, smoothies hingga jus. Pada setiap 151 gram (g) anggur terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 104 kalori
  • Karbohidrat: 27,3 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Serat: 1,4 g
  • Vitamin C: 27% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin K: 28% AKG
  • Tiamin: 7% AKG
  • Riboflavin: 6% AKG
  • Vitamin B6: 6% AKG
  • Kalium: 8% AKG
  • Tembaga: 10% AKG
  • Mangan: 5% AKG
Baca Juga :  Biodata Tuanku Tambusai, Pahlawan Nasional Indonesia

Manfaat Anggur, Apa Saja?

Sobat, dengan kandungan nutrisi berupa mineral, vitamin dan gizi melimpah yang baik bagi tubuh. Tentu saja anggur mendatangkan banyak keuntungan jika kita rutin mengonsumsinya dalam takaran yang cukup. Nah Sobat, berikut ini beberapa manfaat buah anggur yang perlu kamu ketahui:

Mengandung Banyak Antioksidan

Polusi kendaraan, asap rokok, radiasi sinar ultraviolet dapat membuat kadar radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas sehingga rentan mengalami stres oksidasi.

Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang parah dan memicu berbagai penyakit seperti kanker, mata katarak, hingga menurunya fungsi ginjal.

Buah anggur mengandung senyawa polifenol, polifenol atau zat pewarna pada buah anggur ini tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Sumber Kalium

Pada 100 gram buah anggur terdapat sekitar 191 gram zat kalium. Kalium memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Buah ini dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Menurut penelitian orang yang melakukan diet natrium atau garam dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kolesterol tinggi, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya sebagai sumber antioksidan tinggi, manfaat buah anggur juga memiliki banyak nutrisi baik untuk tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan vitamin K.

Rutin mengkonsumsi buah anggur setiap hari dapat mencegah osteoporosis dan radang sendi.

Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses [penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.

Manfaat Anggur Sebagai Nutrisi untuk Mata

Peneliti telah melakukan uji coba terkait kandungan dan manfaat buah anggur untuk kesehatan. Hasilnya terbukti senyawa tanaman seperti resveratrol aktif melindungi mata dari sinar ultraviolet A, sehingga menjaga mata tetap sehat sampai usia senja.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Senin 29 Agustus 2022

Buah yang identik dengan warna ungu ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari sinar biru.

Bersifat Anti Peradangan

Inflamasi atau peradangan merupakan hasil dari mekanisme pertahanan tubuh saat melawan benda asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh seperti virus, bakteri, dan jamur.

Perdagangan yang terus menerus dapat menyebabkan penyakit berbahaya untuk tubuh seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, radang sendiri, serta penyakit autoimun.

Senyawa tanaman dalam buah anggur dipercayai memiliki sifat anti-inflamasi untuk mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Makanan Sehat untuk Program Diet

Menurut pakar kesehatan makan anggur saat diet itu baik sekali. Buah mungil ini selain sehat juga memiliki rasa yang enak cocok dimasukan kedalam menu makan pagi, siang ataupun malam.

Kamu juga bisa menjadikan anggur sebagai camilan, atau menambahnya dalam semangkuk salad .

Manfaat Anggur dalam Mencegah Penyakit Diabetes

Mengontrol kadar gula darah sangat penting dilakukan agar terhindar dari penyakit diabetes. Pada penelitian yang dilakukan pada sekelompok pria yang rutin mengonsumsi 20 gram ekstrak anggur setiap hari mengalami penurunan gula darah.

Selain itu, kandungan resveratrol dalam buah anggur juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan reseptor gula pada membran sel.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anggur merupakan sumber vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ekstrak kulit anggur juga dipercaya efektif melawan serangan virus flu.

Senyawa tanaman pada buah ekstrak buah anggur dapat mencegah penyebaran virus herpes, cacar air, jamur, dan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Escherichia coli (E. coli).

Meningkatkan Kemampuan Otak

Tidak hanya mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Konsumsi 8 ons jus anggur dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer.

Baca Juga :  Biodata Johann Schweigger Penemu Galvanometer Pertamakali

Mengonsumsi buah anggur terbukti membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan membangun suasana hati hingga 20 menit.

Manfaat Anggur dalam Mengoptimalkan Kinerja Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran.

Gaya hidup tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji rendah gizi dan tinggi kandungan garam dapat memberatkan kerja ginjal.

Ekstrak anggur dapat membantu proses sekresi tubuh dengan cara mengeluarkan asam berlebihan, sehingga meringankan beban kerja ginjal dan menjaganya tetap sehat.

Segudang Manfaat Anggur

Makanan merupakan sumber energi dan kunci utama mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Pastikan kamu memenuhi asupan gizi seimbang setiap harinya dengan mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, serat dan vitamin sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

Salah satu makanan dari jenis buah yang bisa kamu konsumsi rutin adalah anggur dengan segudang kandungan nutrisi dan manfaat yang telah dijelaskan di atas.

Akan tetapi selalu ingat ya Sobat, setiap orang memiliki jumlah nutrisi yang berbeda-beda, jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui kadar nutrisi yang tepat untuk tubuh kamu. Yuk, hidup lebih sehat dengan buah dan sayur segar. Semoga bermanfaat!