Biodata Ole Kirk Christiansen Penemu LEGO

Biodata Ole Kirk Christiansen Penemu LEGO

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ole Kirk Christiansen seorang penemu LEGO. Penasaran ingin tahu tentang penemu LEGO, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Ole Kirk Christiansen : 

  • Lahir : 07 April 1891, Filskov, Denmark
  • Meninggal : 11 Maret 1958 (umur 66) Filskov, Denmark
  • Kewarganegaraan : Denmark
  • Pekerjaan : Tukang kayu
  • Dikenal karena : Mendirikan Perusahaan Lego.
  • Anak : Godtfred Kirk Christiansen

 

Ole Kirk Christiansen adalah pendiri perusahaan mainan Lego Group asal Denmark. Berawal dari permainan bebek kayunya, LEGO sekarang menjadi permainan yang mengasah kreativitas dan imajinasi lewat ribuan model permainan.

Biografi

Ole Kirk Christiansen lahir di Filskov, Denmark pada tanggal 7 April 1891, ia adalah anak ke-10 dari keluarga kurang mampu di Jutland di Denmark Barat. Christiansen dilatih sebagai tukang kayu dan mulai membuat mainan kayu pada tahun 1932 untuk mencari penghasilan setelah kehilangan pekerjaannya selama depresi, karena kehilangan istrinya untuk selamanya.

Christiansen terinspirasi untuk membuat sebuah bebek mainan kecil dari kayu untuk anak-anaknya. Ternyata anak-anaknya sangat menyukai mainan baru itu, lalu Christiansen memutuskan untuk membuat bebek ke dalam produksi menggunakan kayu sisa dari pekerjaan lamanya.

Pada tahun 1942 kebakaran terjadi di pabrik dan memaksanya untuk membangun kembali. Awalnya, Christiansen membuat versi miniatur rumah-rumah dan furnitur saat ia bekerja sebagai tukang kayu, tetapi pada tahun 1947 Christiansen beralih menggunakan plastik, yang awalnya beruang plastik kecil dan bergetar.

Pada tahun 1949 Christiansen telah menghasilkan lebih dari 200 mainan plastik dan kayu. Ole Kirk Christiansen datang dengan nama Lego dari kata Denmark leg godt yang berarti “bermain dengan baik” dan perusahaan tumbuh menjadi Lego Group.

Baca Juga :  Cara Menanam Durian, Raja Buah yang Banyak Disuka

Penemuan Lego

Logo LEGO

Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja.

Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal terbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibuat. Alat permainan ini dikeluarkan oleh Perusahaan LEGO dari Denmark.

LEGO diciptakan oleh Ole Kirk Christiansen. Awalnya, ia mendirikan The Danish Company yang memproduksi barang keperluan sehari-hari yang terbuat dari kayu. Tangga kayu dan papan setrikaan adalah produk unggulan The Danish Company. Tapi, penjualannya semakin menurun karena terjadi krisis keuangan global.

Ini menyebabkan semakin menurunnya permintaan akan produk-produk kayu itu. Tetapi Christiansen tidak tinggal diam, ia berusaha mencari solusi agar usaha yang dimilikinya tidak bangkrut dan bisa diselamatkan. Christiansen pun terpikir untuk membuat mainan berbahan dasar kayu, sesuai dengan keahliannya.

Lego Duplo

Christiansen memberi nama LEGO, yang dalam bahasa Denmark disebut dengan leg godt. Kata ini berarti bermain dengan baik. Ia mengubah namanya menjadi LEGO yang memiliki arti menyatukan secara bersama-sama.

Pada tahun 1935, Christiansen mulai menjual mainan LEGO pertamanya dengan model bebek dan ternyata cukup disukai masyarakat. Dari situ perusahannya pun semakin berkembang.

Pada tahun 1946, pabrik yang Christiansen miliki hangus terbakar. Namun ia tidak putus asa, Christiansen mendirikannya kembali di tahun 1947 dan mulai membuat inovasi permainan dari produk berbahan kayu menjadi produk berbahan plastik. Permainan ini pun berkembang luas.

Pada tahun 1957, permainan LEGO sudah merambah ke wilayah Eropa seperti Prancis, Belgium, dan Inggris. Dibantu oleh putranya, Godtfred Kirk Christiansen, LEGO terus membuat inovasi-inovasi keren dan menarik. Mereka juga memiliki prinsip Der bedste er ikke for godt yang berarti, yang terbaiklah yang pantas.

Baca Juga :  Apa Saja yang Sudah Kamu Pelajari Hari Ini Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 33 dan 34

Kematian

Ole Kirk Christiansen meninggal di Filskov, Denmark pada tanggal 11 Maret 1958, karena serangan jantung, selanjutnya putra ketiganya Godtfred Kirk Christiansen segera mengambil alih perusahaan.

Penutup

Itulah biodata Ole Kirk Christiansen seorang penemu LEGO. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu