manfaat buah mangga

Manfaat Buah Mangga, Bisa Untuk Obat Anemia

Manfaat Buah Mangga, Bisa untuk Obat Anemia – Sobat Waca berita, buah mangga dinobatkan sebagai buah yang paling banyak di konsumsi di dunia. Rasanya yang manis dengan wangi khas mangga tak heran membuat buah ini paling banyak disukai. Sudah menajadi hal yang wajar kalau buah ini menjadi favorit ya Sob.

Bukan hanya karena rasanya yang enak dan lezat saat dikonsumsi, buah mangga ini memiliki segudang nutrisi dan manfaat di dalamnya. Mangga ternyata kaya akan vitamin C, vitamin A, protein, kalsium, zat besi, dan karbohidrat. Tentu saja ini baik untuk kesehatan tubuh Sobat.

Nah pada artikel kali ini Waca berita akan membahas tentang manfaat buah mangga yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya!

Manfaat Buah Mangga bisa Mengurangi Diabetes

Kandungan glikemik pada buah mangga termasuk rendah yaitu sekitar 41-60, jadi aman untuk penderita diabetes mengkonsumsi buah mangga karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darahnya. Selain buahnya, daun mangga juga menyehatkan lho. Rebus 4-5 daun mangga rendam semalaman dan saring rebusan airnya di pagi hari. Resep ini bisa membantumu mengatur kadar insulin dalam tubuh.

Mencegah Degenerasi Makula

Manfaat buah mangga sebagai pencegahan degenerasi makula didukung oleh kandungan zat anti oksidan zeaxanthin berperan untuk menjaga kesehatan mata dan menangkal terjadinya kerusakan degenerasi makula. Banyak studi yang sudah membuktikan bahwa konsumsi buah setiap hari dapat bantu mencegah resiko degenerasi makula.

Baca Juga :  Biodata William James, Filsuf Pendiri Pragmatisme

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah mangga berikutnya yaitu mencegah serta mengatasi penyakit jantung. Serat, vitamin, dan kalium adalah kandungan di dalam mangga untuk membantu menyehatkan organ jantung. Dengan meningkatkan asupan kalium serta mengurangi asupan natrium akan menjadi pola makan yang baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Terdapat beberapa senyawa yang terkandung dalam buah mangga, diantaranya asam galat, astragalin, quercetin, fisetin, isoquercitrin, serta enzim lainnya. Dapat membantu melindungi payudara, usus besar, kanker prostat, dan leukimia.

Manfaat Buah Mangga bisa Menyehatkan Tulang

Khasiat buah mangga juga bisa untuk membantu pertumbuhan tulang juga menguatkannya. Tidak hanya susu saja yang mampu memperkuat tulang dengan kandungan kalsiumnya, vitamin k pada buah mangga juga dapat membantu menjaga kesehatan tulangmu. Jadi, konsumsi buah dan sayur secara rutin ya.

Melancarkan Pencernaan

Serat pada buah mangga dapat membantu melancarkan pencernaan secara alami. Kemudian kandungan enzimnya juga dapat membantu menghancurkan protein dan lemak pada tubuh dari makanan yang kita makan. Dengan rajin konsumsi buah mangga kamu jadi satu langkah lebih maju untuk mencegah penyakit pencernaan dan jadi lebih sehat tentunya.

Manfaat Buah Mangga Sebagai Obat Anemia

Anemia adalah kondisi dimana kamu kekurangan nutrisi zat besi yang mengakibatkan jumlah sel darah merah menurun, dan tubuh menjadi mudah atau cepat lelah. Kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah mangga. Mangga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, cocok untuk mengobati anemia secara alami.

Menjaga Kadar Kolesterol

Buah mangga memiliki kandungan serat dan vitamin c yang tinggi, mampu membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Selain itu, kandungan kalium pada buah ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah serta detak jantungmu.

Baca Juga :  Segudang Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Pencegahan Asma

Masih banyak yang belum tahu kalau buah mangga ternyata dapat mencegah pengembangan resiko asma. Hal tersebut dikarenakan buah mangga memiliki kandungan beta karoten seperti pada jenis sayuran brokoli, wortel, dan labu. Beta karoten ini lah yang berkhasiat untuk mencegah asma.

Menyehatkan Mata

Mata merupakan panca indera yang penting sebagai jendela jiwa bagi manusia. Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata menjadikan penglihatan mata menjadi lebih tajam. Mangga juga cocok dikonsumsi bagi penderita mata minus, rabun, dan kekeringan pada mata.

Segudang Manfaat Buah Mangga

Nah, itulah beberapa manfaat buah mangga untuk terutama bagi kesehatan, setelah mengetahui banyaknya manfaat pada buah ini sudah saatnya untuk Sobat memasukkan buah ke dalam menu harian favorit kamu. Yuk, mulai hidup sehat dengan rajin konsumsi buah dan sayur!

Semoga bermanfaat ya Sobat!