Beragam Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

manfaat buah manggis

Beragam Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan – Sobat Waca Berita, buah manggis merupakan buah yang dijuluki sebagai “ratu buah” karena kandungannya yang melimpah.

Menurut penelitian, buah manggis memang sudah seringkali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti alzheimer, kanker, dan sebagainya.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis dapat kamu rasakan jika kamu bisa mengonsumsinya dengan takaran yang tepat. Apa saja manfaat dari ratu buah ini? Berikut penjelasannya.

Mencegah Kanker

Penelitian yang diterbitkan oleh Current Molecular Medicine menemukan bahwa buah-buahan termasuk manggis mampu mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti xanthone yang bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa xanthone inilah yang dipercaya mampu melawan pertumbuhan sel kanker usus besar, payudara, perut, dan paru-paru.

Bahkan, senyawa ini juga dikatakan dapat menjadi antioksidan yang lebih ampuh lima kali lipat dibandingkan vitamin C, lho, Sobat.

Efektif Menurunkan Berat Badan

Apakah Sobat sedang ingin menurunkan berat badan? Jika iya, manggis mungkin bisa menjadi pilihan buah yang tepat untukmu.

Pasalnya, buah satu ini sudah populer akan potensinya untuk membantu menurunkan berat badan, Sobat.

Ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food dan Nutrition Journal yang menunjukkan bahwa buah manggis mampu menurunkan berat badan pada tikus serta manusia.

Baca Juga :  Memilih dan Menyimpan Buah Manggis, Begini Caranya

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan Xanthone dalam buah manggis ternyata ditemukan tidak hanya untuk mencegah kanker, tetapi juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap harinya mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Dimana yang kita tahu resistensi insulin adalah salah satu penyebab utama terjadinya diabetes, Sobat.

Selain itu, ada berbagai serat dan nutrisi dalam buah manggis yang dipercaya mampu menjaga kadar gula darah agar tetap normal, lho.

Manfaat Buah Manggis Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis memiliki serat dan vitamin C, kedua kandungan inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, Sobat.

Selain itu, ada pula studi dari Acta Cirúrgica Brasileira yang menunjukkan bahwa berbagai zat dalam buah manggis mampu menangkal berbagai bakteri yang dapat mengancam kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Perlu Sobat catat bahwa paparan sinar UV yang terlalu berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti munculnya flek hitam, keriput, dan sebagainya.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mencoba memanfaatkan buah manggis, Sobat!

Sebab, ada penelitian yang telah menunjukkan bahwa ekstrak manggis mampu melindungi kulit dari radiasi UVB. Tidak hanya itu, ada juga studi yang menemukan bahwa mengonsumsi 100 mg ekstrak manggis setiap harinya dapat meningkatkan elastisitas kulit secara signifikan.

Mengurangi Peradangan

Multi Manfaat, itulah istilah yang tepat untuk senyawa xanthone. Selain berbagai manfaat di atas, kandungan dalam buah manggis ini juga diketahui dapat meredam peradangan, lho, Sobat.

Fungsi ini telah dibuktikan dari penelitian oleh Food and Chemical Toxicology yang menemukan bahwa xanthone memiliki efek anti-inflamasi. Sehingga dapat mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca Juga :  Biodata Emile Berliner Penemu Gramofon

Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah manggis memiliki serat yang berlimpah. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram (sekitar 2,5 buah), kamu sudah bisa mendapatkan asupan serat sebanyak 1,5 gram.

Perlu Sobat catat bahwa serat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses buang air besar (BAB).

Manfaat Buah Manggis Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah pusat yang mengendalikan berbagai saraf tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak, Sobat!

Manggis adalah salah satu buah yang dipercaya mampu menjaga kesehatan otak. Mulai dari mengurangi radang pada otak, mencegah turunnya mental, hingga menghindari gejala depresi.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Meski hanya diuji dengan menggunakan tikus, akan tetapi ada kemungkinan manfaat ini juga bisa diperoleh manusia pula, Sobat.

Mengobati Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang membuat penderitanya mudah lupa, sulit berpikir dan berbicara dengan lancar. Umumnya, penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang yang berumur di atas 65 tahun.

Nah, untuk mengatasinya, Sobat bisa mencoba memanfaatkan buah manggis. Sebab, buah ini sudah dipercayakan mampu mengobati penyakit Alzheimer secara efektif!

Menurunkan Tekanan Darah

Penting untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi menjaga tekanan darahnya agar tetap normal.

Mengapa? Karena tingginya tekanan darah dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah adalah manggis, Sobat.

Ini dikarenakan buah manggis kaya akan mineral, mulai dari mangan, tembaga, dan magnesium. Di sisi lain, ada pula kandungan kalium yang mampu mencegah berbagai penyakit pembuluh darah, termasuk salah satunya adalah hipertensi.

Mempertahankan Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah manggis dapat menurunkan tekanan darah yang dimana ini secara tidak langsung juga mencegahmu dari penyakit jantung, Sobat.

Baca Juga :  Biodata John Stuart Mill, Reformator Utilitarianisme Sosial

Terlepas dari itu, ada pula penelitian yang menunjukkan ekstrak manggis dapat meredam risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Manfaat Buah Manggis

Demikian Sobat, informasi tentang Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski