Biodata George Sorocold Penemu Kincir Air Pompa

Biodata George Sorocold Penemu Kincir Air Pompa

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George Sorocold seorang penemu kincir air pompa. Penasaran ingin tahu tentang penemu kincir air pompa, simak penjelasannya berikut ini.

George Sorocold adalah seorang insinyur di Derby, Inggris pada abad ke-18. Sorocold dilahirkan di Derby sekitar tahun 1668, putra dari James Sorocold yang pindah dari Lancashire. Sorocold menikah dengan Mary, putri dari Henry Franceys pada tanggal 7 Desember 1684, sampai tahun 1702 mereka memiliki tiga belas anak, dimana delapan tetap hidup. Sekitar tahun 1685 sampai 1687 Sorocold terlibat pada penyediaan air untuk Macclesfield dan tahun 1687, ia mendapatkan pekerjaan untuk memasang kembali lonceng-lonceng di All Saints Church, sekarang bernama Katedral Derby.

Pada tahun 1692, Sorocold membangun distribusi air yang pertama di kota, menggunakan kincir air untuk memompa air kedalam pipa sepanjang empat mil menggunakan batang dari pohon elm. Untuk pekerjaan ini Sorocold membuat mesin bor, yang kemudian ia patenkan.

Distribusi air ini berfungsi sampai hampir seratus tahun, dan ia mengerjakan beberapa pekerjaan yang sama di beberapa daerah, di Bridgnorth, Bristol, Deal, King’s Lynn, Leeds, Newcastle upon Tyne, Norwich, Portsmouth, Sheffield, dan Great Yarmouth.

Di London Sorocold membangun Marchants Water Works, merombak London Bridge Water Works dan peningkatan saluran New River. Diantara penemuannya termasuk pompa yang bekerja dengan kincir air yang naik dan turun berdasarkan tinggi arus air. Sebuah paten juga diberikan pada rekan kerjanya bernama John Hadley pada tahun 1693.

Pada tahun 1695 dan 1699, Sorocold membuat perencanaan untuk navigasi Sungai Derwent, meskipun akhirnya tidak dipakai. Sorocold juga terlibat dalam pengembangan sungai-sungai Lea, Aire dan Cam.

Baca Juga :  Mengenal Ikan Salem Laut dan Manfaaatnya

Sorocold membangun pemintalan sutra pertama di Derby atas instruksi Thomas Cotchett, yang bekerja dengan pemintal sutra dari Spitalfields di London dan menyadari keunggulan pemanfaatan tenaga air dalam proses pemintalan.

Sorocold menyalin model mesin-mesin yang digunakan oleh penggilingan masyarakat Belanda. Mungkin karena lebih tidak efisien dibanding buatan masyarakat Italia, atau karena alasan bisnis, pekerjaan itu gagal.

Ide itu lalu dilanjutkan oleh John Lombe dengan kakaknya Thomas, melibatkan Sorocold untuk membangun sebuah pemintalan yang lebih besar dan baru, berdasarkan rancangan Italia, di lokasi samping pemintalan yang lama dan selesai tahun 1722.

Bagi Sorocold, yang sebelumnya mengerjakan pompa-pompa dan kincir air, pekerjaan ini merupakan tantangan. Mesin pabrik yang diselesaikan meliputi 10.000 kumparan (gelondongan), dengan 25.000 kincir penggulung berputar, hampir 5.000 roda gigi, lebih dari 9.000 sabuk penggulung dan 46.000 pengikat gulungan, semuanya digerakkan dari satu kincir air.

Mendekati saat-saat kematiannya George Sorocold. Suatu hari, ketika memandu satu kelompok pengunjung ke pemintalan, Sorocold terpeleset dari jalan yang dilaluinya dan terjatuh ke pintu air. Deras dan kuatnya arus air menyeretnya ke roda gigi di antara dua bilah bagian kincir air, untungnya satu patah dan melemparkannya ke ujung aliran.

Sorocold juga meningkatkan sistem pengairan dari tambang-tambang, membuat besi tempa dan mesin peniup udara. Sorocold juga memberi masukan untuk industri galangan kapal, kemungkinan Dok Howlands di Surrey dan juga Old Dock yang dibangun Thomas Steers di Liverpool.

Sorocold mendapatkan popularitas nasional, dan orang non militer petama yang disebut “insinyur”. Tanggal kematiannya tidak jelas, namun dipercaya setelah tahun 1738.

Penutup

Itulah biodata George Sorocold seorang penemu kincir air pompa. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Demokritos, Bapak Teori Atom

sumber : George Sorocold РWikipedia