Segudang Manfaat Kulit Manggis Sebagai Obat Alternatif

manfaat kulit manggis

Segudang Manfaat Kulit Manggis Sebagai Obat Alternatif – Sobat Waca Berita, buah manggis memang pantas dijuluki sebagai ratu buah. Jika daging buahnya bisa dikonsumsi dan memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat, ternyata kulit manggis pun juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Kulit manggis terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi berupa zat xanthones dan turunannya. Senyawa tersebut secara langsung membantu tubuh mencegah dan melawan berbagai penyakit, termasuk menghambat pertumbuhan kanker. Tidak heran kulit manggis sering digunakan sebagai pembuatan obat herbal.

Jika kamu ingin mencari tahu berbagai manfaat lanjut serta kandungan lainnya dari kulit manggis, berikut ini merupakan deretan informasi lengkapnya!

Kandungan Kulit Manggis

Bagian terluar dari buah manggis ini bukanlah sesuatu yang baru dikalangan pengobatan alternatif. Sejak turun temurun, kulit manggis memang digunakan untuk mencegah serta mengobati beberapa jenis penyakit.

Manfaat tersebut juga tidak lain berasal dari kandungannya yang berlimpah dan kaya nutrisi. Dalam sebuah kulit manggis sendiri mengandung:

  • Xanthone
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Tanin
  • Mangan
  • Tembaga
  • Kalium
  • Magnesium

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Melalui kandungan yang terdapat di dalamnya, kulit manggis semakin dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kamu terima antara lain:

Baca Juga :  Biodata Karl Benz Penemu Mobil Dengan Bahan Bakar Bensin

Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel atau jaringan pada tubuh agar tidak terjadi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh sebab itu, diperlukan asupan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Selain buahnya, kulit manggis juga memiliki kandungan tinggi antioksidan yang berperan penting dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel maupun jaringan tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Gula Darah Menjadi Terkontrol

Kadar gula darah yang tidak stabil tentunya dapat menimbulkan penyakit diabetes. Tentunya hal ini dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-sehari. Agar dapat mencegah terjadinya diabetes, kamu dapat mengonsumsi asupan-asupan yang bergizi.

Kulit pada buah manggis memiliki kandungan yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, sedikitnya kandungan kalori membuat kulit manggis aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang jika tidak ditangani dengan segera akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat berujung kematian. Oleh sebab itu, kita perlu mendapatkan asupan-asupan bergizi yang dapat mencegah timbulnya kanker.

Kulit manggis adalah salah satu asupan yang berperan sangat baik dalam mencegah kanker. Kandungan zat xanthone yang terdapat pada kulit manggis berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada kulit manggis juga membantu dalam proses penyembuhan.

Manfaat Kulit Manggis untuk Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Munculnya berbagai macam penyakit kardiovaskular dan jantung disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat. Salah satu asupan yang dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular dan jantung adalah kulit manggis.

Kulit manggis dipercaya dapat mencegah kehadiran penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung karena tingginya kandungan serat yang terdapat pada kulit manggis.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Kandungan serat yang dimiliki juga dapat meningkatkan kolesterol baik serta mengurangi kolesterol jahat yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. Seperti stroke, hipertensi hingga serangan jantung.

Manfaat Kulit Manggis dapat Membasmi Racun Dalam Tubuh

Racun yang terdapat pada tubuh tentunya dapat menyebabkan aliran darah menjadi terganggu, sehingga penyaluran oksigen dan nutrisi menjadi tidak maksimal. Salah satu cara untuk dapat mengatasi timbulnya racun dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi asupan yang bergizi.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit manggis sangat membantu tubuh dalam membuang racun-racun yang ada. Oleh sebab itu, kulit manggis sangat bisa diandalkan untuk kamu yang ingin membuang ataupun membasmi racun dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik tentunya adalah hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Karena berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu dibutuhkan asupan yang dapat membuat kondisi imun tubuh tetap terjaga.

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat kulit manggis sebagai asupan yang sangat bisa diandalkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar selalu fit saat beraktivitas dan tidak mudah terkena virus maupun bakteri.

Menjaga Kesehatan Mata dan Tulang

Memiliki tulang yang kuat serta mata yang sehat adalah harapan bagi semua orang agar kegiatan sehari-harinya tidak terganggu. Untuk menjaga kesehatan tulang dan mata, selain dengan cara menjaga pola hidup, tentunya Kamu juga harus memilih asupan yang bergizi.

Kulit manggis adalah asupan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tulang dan mata. Kandungan Kalsium dan Vitamin A inilah yang berperan sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang serta kesehatan mata Kamu.

Manfaat Kulit Manggis sebagai Anti-inflamasi dan Alergi

Dalam mengatasi inflamasi dan alergi tentunya Kamu membutuhkan penanganan yang baik seperti pemberian obat ataupun asupan-asupan yang dapat meredakan inflamasi dan alergi.

Baca Juga :  Jawaban Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah 

Zat anti alergi dan inflamasi yang terkandung dalam kulit manggis ini tentunya dapat menghambat proses alergi maupun inflamasi. Selain itu, zat prostaglandin yang dimiliki oleh kulit manggis juga sudah terbukti dapat memperlambat kadar histamin dan peradangan pada tubuh.

Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala pada umumnya dapat mengganggu aktivitas keseharian Kamu. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya sakit kepala. Mulai dari kurang tidur, stres, dan suara yang keras.

Manggis berperan sebagai obat yang dapat mengatasi sakit kepala. Sifat analgesik dan kandungan flavonoid yang terdapat pada tumbuhan ini juga berperan penting dalam peredaan sakit kepala serta memulihkan kondisi fisik agar kembali segar.

Mencegah dan Mengatasi Flu

Sifat antibakteri serta antivirus yang terdapat pada tanaman herbal ini mampu mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, salah satunya adalah flu.

Jika Kamu sedang dalam kondisi flu, tentunya kegiatan kamu akan terganggu, Oleh sebab itu, kamu dapat mengandalkan tanaman herbal satu ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi penyakit flu.

Bisa dijadikan Salep untuk Menutrisi Kulit

Mempunyai kulit bersih dan sehat adalah keinginan bagi setiap orang, khususnya wanita. Agar dapat memiliki kulit yang indah tentunya Kamu harus selalu merawat serta menutrisi kulit agar keindahannya selalu terjaga.

Tanaman herbal satu ini tentunya dapat digunakan sebagai salep. Kamu dapat meraciknya sendiri dengan mudah. Kamu hanya tinggal menghaluskan daun manggis, lalu balurkan racikan tanaman herbal ini ke bagian kulit yang diinginkan.

Segudang Manfaat Kulit Manggis

Demikian informasi tentang manfaat kulit manggis yang begitu beragam dan bisa menjadi alternatif obat untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ya Sobat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski