Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda

Membuat Karya Tga Dimensi Berbagai Benda – Hai sob, Karya tiga dimensi dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada karya berbentuk rumah dari bahan kertas yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel. Ada karya berbentuk binatang dari bahan tanah liat dan plastisin yang dibuat dengan cara membentuk. Kali ini waca berita akan membahas mengenai Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 8 sub tema 3 pembelajaran 6.

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 170

Udin, Siti, Edo, dan Lani berkumpul. Mereka akan membuat karya tiga dimensi berbagai benda yang
akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Apa saja yang dibuat oleh Udin dan teman‐teman? Pelajari uraian berikut.

Baca Juga :  Biodata Kyai Haji Ahmad Dahlan, Pendiri Muhammadiyah

Ayo Mengamati

Pada Pembelajaran 2 kamu sudah pernah mengamati berbagai gambar karya tiga dimensi berupa gerabah. Saat ini, perhatikan gambar berbagai karya tiga dimensi berupa benda lainnya.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Gambar 5

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 171

Gambar di atas menunjukkan berbagai karya tiga dimensi. Apa saja benda pada gambar di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban

NoGambarKeterangan Gambar
1.Gambar 1Bentuk rumah yang terbuat dari kertas
2.Gambar 2Bentuk pohon yang terbuat dari kertas.
3.Gambar 3Bentuk sapi yang terbuat dari kertas.
4.Gambar 4Maket perkotaan yang terbuat dari kertas.
5.Gambar 5Maket lingkungan peternakan yang terbuat dari kertas.

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 172

Karya tiga dimensi dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada karya berbentuk rumah dari bahan kertas yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel. Ada karya berbentuk binatang dari bahan tanah liat dan plastisin yang dibuat dengan cara membentuk. Ada karya berupa bentuk meja kursi dari bahan kayu yang dibuat dengan cara digergaji dan disatukan dengan paku. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah menggambar benda dimensi mengenai lingkungan tempat tinggal. Benda apa yang sudah kamu gambar? Untuk membuat karya tiga dimensi, sebaiknya kamu harus membuat gambar rancangan karya yang akan dibuat. Berikut gambar rancangan karya tiga dimensi yang telah dibuat oleh Udin dan teman-teman.


Setelah membuat gambar rancangan karya seni rupa tiga dimensi, Udin dan teman-teman membuat karyanya. Berikut langkah-langkah Udin dalam membuat karya tiga dimensi berupa pohon jagung.

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 173

Ayo Mencoba

1. Menyiapkan alat dan bahan.

2. Membentuk atau membuat bagian-bagian pohon jagung.

Baca Juga :  Apakah yang dimaksud iklan elektonik Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Halaman 70

3. Hasil jadi bentuk bagian-bagian pohon jagung.

4. Menyatukan bagian-bagian pohon jagung.

5. Karya tiga dimensi berupa pohon jagung sudah jadi.

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Cobalah membuat karya tiga dimensi berupa bentuk pohon jagung seperti langkah-langkah di atas. Setelah itu, buatlah karya tiga dimensi berupa benda-benda di lingkungan tempat tinggal. Setiap anak dalam satu anggota kelompok harus membuat karya berbeda. Karya tiga dimensi yang telah dibuat nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, pertimbangkanlah benda yang akan dibuat. Tuliskan karya yang akan dibuat beserta bahan dan alat yang akan digunakan dalam kolom berikut.

Kelompok:

Jawaban

NoNama Anggota KelompokKarya yang Akan DibuatBahan dan Alat
1.Kelompok MawarKarya yang akan dibuat adalah bentuk tiga dimensi dari pohon kelapaBahan dan alat yang digunakan adalah pensil, penghapus, dan penggaris.
2.Kelompok MelatiKarya yang akan dibuat adalah bentuk tiga dimensi dari mobilBahan dan alat yang digunakan adalah pensil, penghapus, dan penggaris
3.Kelompok AnggrekKarya yang akan dibuat adalah bentuk tiga dimensi dari rumahBahan dan alat yang digunakan adalah pensil, penghapus, dan penggaris.

Setelah membuat karya tiga dimensi, Udin dan teman-teman akan mengumpulkan karya-karyanya sebagai bahan pembuatan maket. Udin dan teman-teman berencana membuat maket lingkungan tempat tinggal berupa rumah pohon. Berikut contoh gambar bentuk rumah sebagai bahan pembuatan maket rumah pohon.

Berbicara mengenai rumah pohon, berikut ada sebuah cerita mengenai taman rumah pohon

Ayo Membaca

Bacalah bacaan berikut.

Taman Rumah Pohon

Devina memiliki sebuah rumah pohon. Rumah pohon itu terletak di batang pohon jambu yang berada di taman rumahnya. Rumah pohon itu lumayan luas. Di dalam rumah pohon itu ada lemari kecil tempat bukubuku cerita, 5 buah bantal besar, 2 buah tikar, sebuah selimut, 3 buah foto keluarga, dan kotak perlengkapan. Jika sedang murung, Devina lebih memilih berdiam diri di rumah pohonnya itu sampai sore. Kadang, dia juga menginap di rumah pohonnya bersama teman-temannya sambil mengadakan pesta.

Baca Juga :  Kaktus Spiral Cereus Validus Spiralis

Suatu siang, Devina mengajak Ira, Ovi, Tata, dan murid baru di kelasnya, Jenny, untuk mengadakan pesta di rumah pohonnya. Tentu saja mereka menerima ajakan itu dengan senang hati. Kebetulan, besok sekolah libur karena para guru akan rapat. Sore hari, teman-teman Devina datang. Mereka pun mengadakan pesta jambu sampai malam berganti pagi. Teman-teman Devina segera pulang ke rumahnya masing-masing. Sebelum pulang, mereka berbincang-bincang dulu. ”Rasanya, aku ingin memiliki rumah pohon yang banyak,” ucap Jenny.

“Ya, aku juga. Bagaimana kalau kita membuat taman yang berisi banyak pohon. Di setiap pohon disediakan rumah pohon untuk para pengunjung. Ya, semacam tempat wisata,” usul Ira. ”Kita tidak bisa melakukannya. Kita butuh orang dewasa misalnya, orang tua kita. Nanti aku akan bicara kepada Mama dan Papa,” balas Devina.

Seperti janjinya, Devina mengutarakan usul Ira tadi kepada kedua orang tuanya. Orang tuanya pun setuju dan segera membeli sebuah tanah yang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk beberapa pohon.Tak hanya itu, orang tua Devina juga membeli alat-alat untuk membuat rumah pohon serta bibit pohon. Orang tua Devina hanya membantu mengeluarkan uang. Sedangkan urusan menata dan membangun rumah pohon, dikelola Devina dan teman-temannya.

1 tahun kemudian ….

Taman Rumah Pohon resmi dibuka untuk umum. Tanahnya diperbesar dan barang-barang lain juga ditambahkan. Barang-barang ditambahkan bukan hanya oleh orang tua Devina, tetapi juga orang tua masing-masing teman Devina. Di hari pertama, Taman Rumah Pohon tidak memungut biaya apapun karena itu adalah hari Taman Rumah Pohon diresmikan. Banyak orang berdatangan ke Taman Rumah Pohon karya Devina dan teman-temannya.

“Harapanku, Taman Rumah Pohon akan semakin terkenal dan semakin banyak pengunjungnya,” ucap Devina.

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 177

Bagaimana sifat tokoh Devina dalam cerita tersebut? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.

Jawaban

Sifat Devina dalam cerita tersebut adalah baik dan bersahabat.

Kesimpulan

Apa saja yang sudah kamu pelajari dan kamu lakukan pada pembelajaran ini. Apakah kamu mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan? Jika kamu mengalami kesulitan, tuliskan kesulitan yang kamu alami. Jika kamu tidak mengalami kesulitan, tuliskan penyebab kamu dapat sukses mengikuti pembelajaran kali ini. Hasil renungan

Jawaban

Pada pembelajaran ini saya tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan bisa memahaminya dengan baik. Meskipun demikian, saya tetap harus terus melakukan pengulangan

Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda 178

Demikianlah pembahasan mengenai Membuat Karya Tiga Dimensi Berbagai Benda yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6. Tanyakan kepada orang tuamu mengenai keadaan lingkungan tempat tinggalmu pada waktu kamu masih bayi.

Apakah lingkungan tempat tinggalmu sama seperti saat ini? Jika berbeda, mintalah orang tua untuk menceritakan perbedaannya. Kemudian, tanyakan kepada orang tuamu, “Apakah ayah dan ibu bangga terhadap lingkungan tempat tinggal?”. Tuliskan jawaban orang tuamu pada kotak berikut. Tuliskan juga perasaanmu mengenai tempat tinggalmu

Jawaban

Kata orang tua saya, lingkungan tempat tinggal ketika saya masih bayi, terasa begitu asri dan juga menyejukkan. Berbeda dengan saat ini, di mana telah banyak pohon-pohon besar yang sengaja ditebang untuk pembangunan gedung. Meskipun demikian, ayah dan ibu saya tetap bangga bisa tinggal di lingkungan saat ini, karena meninggalkan banyak kenangan-kenangan indah saat masa muda mereka.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski