Mendulang Laba Dari Berbagai Peluang Usaha di Desa

peluang usaha di desa

Mendulang Laba Dari Berbagai Usaha di Desa – Sobat Waca Berita, tak dipungkiri, desa memiliki kontribusi dalam menopang perekonomian nasional yang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi beberapa tahun terakhir ini program pembangunan desa merupakan prioritas pemerintah pusat utamanya perbaikan sektor ekonomi, keadaan ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih menjelajahi berbagai peluang usaha di desa.

Selain itu, banyak sobat yang merupakan lulusan sarjana memilih kembali ke desa. Hal ini menjadi salah satu sumberdaya besar dalam menggerakkan ekonomi di desa, salah satunya dengan membangun usaha di desa. Berikut ini tim Waca Berita merangkum berbagai jenis peluang usaha di daerah pedesaan;

Peluang Usaha di Desa : Bisnis Pulsa

Sobat bisa memilih menjual pulsa di desa disebabkan usaha ini tergolong usaha modal kecil namun memiliki untung besar di pedesaan. Potensinya pun tidak diragukan. Sobat juga tidak akan kesulitan menemukan agen atau distributor dari berbagai operator karena jumlah mereka yang cukup banyak.

Pasar bisnis pulsa yang sangat luas yaitu mencakup semua kelas ekonomi dalam masyarakat membuat bisnis ini masih sangat berpotensi mendatangkan cuan. Oleh karena itu, usaha jual pulsa tidak hanya menggiurkan di kota-kota besar namun juga merupakan bisnis yang menguntungkan di desa karena semua lapisan masyarakat membutuhkannya.

Penjualan Token Listrik

Secara bertahap, saat ini masyarakat mulai beralih ke sistem listrik pra-bayar atau dengan kata lain menggunakan token listrik, tak terkecuali masyarakat di desa. Oleh karena itu, usaha penjualan token listrik merupakan bisnis di pedesaan yang paling menguntungkan.

Tidak ada persyaratan khusus untuk dapat menjadi penjual token listrik atau reseller, Sobat hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di sekitar daerah Sobat. Jualan token listrik juga merupakan bisnis usaha di desa dengan tingkat kerugian yang sangat rendah karena yang dijual adalah kebutuhan utama masyarakat.

Peluang Usaha di Desa : Penjualan Galon

Peluang bisnis di kampung cukup beraneka ragam dan terus berkembang. Usaha isi ulang galon merupakan salah satu usaha di desa yang menjanjikan karena umumnya desa kaya akan sumber mata air dan memiliki kualitas air tanah yang baik. Selain itu, berbagai alat instalasi untuk usaha depot air minum cukup mudah ditemukan, baik itu melalui daring ataupun datang langsung ke tokonya.

Apalagi dengan penggunaan dispenser listrik yang semakin meningkat, tentu saja membuat usaha isi galon menjadi bisnis menguntungkan di desa dan memiliki prospek yang cukup baik ke depannya.

Jasa Pangkas Rambut

Jenis usaha ini merupakan peluang bisnis di desa yang cukup potensial ke depannya. Sehingga, warga desa tidak perlu repot-repot lagi ke kota kecamatan atau kota kabupaten untuk mendapatkan jasa barber .

Ini juga merupakan peluang bagi para sarjana muda sebelum pulang ke desanya untuk mempelajari skill ini sebagai persiapan untuk membuka usaha di desa. Apalagi saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan dengan harga terjangkau untuk mempersiapkan seseorang menjadi barber handal.

Untuk dijalankan sebagai bisinis di desa, usaha pangkas rambut dapat dijalankan secara fleksibel, baik itu dengan cara on-site atau warga yang datang ke tempat kita ataupun dengan cara mobile di mana jika ada permintaan, kita yang akan mendatangi konsumen.

Jualan Kue Tradisional

Setiap desa umumnya memiliki penganan khas yang memiliki cita rasa tersendiri. Oleh karena itu, jualan kue tradisional khas desa merupakan usaha di desa yang menguntungkan karena masih memiliki permintaan yang tinggi. Hal tersebut disebabkan jenis usaha di kampung selalu punya tempat di hati masyarakat kota, ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi kemasan yang dapat membuat kemasan pegangan tradisional lebih higienis dan menarik.

Usaha potensial di desa ini juga memiliki modal yang cukup terjangkau karena biasanya bahan baku utamanya masih banyak tersedia di lahan-lahan pertanian di desa. Sehingga, jenis usaha di kampung ini akan berkontribusi juga dalam perbaikan hidup petani di desa.

Usaha Pertanian Hidroponik

Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini memang sedang digandrungi di perkotaan namun bukan berarti tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha di pedesaan.

Baca Juga :  Apa Itu Reksadana? Yuk Kenali Pengertian dan Jenisnya

Umumnya masyarakat desa memang telah hidup dengan pertanian sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit dipelajari dan dijalankan. Selain itu, jenis peluang usaha di kampung ini memiliki bahan instalasi yang juga cukup mudah didapatkan dan dirangkai. Sudah banyak berbagai tutorial di kanal Youtube yang menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik.

Sebagai tambahan, hidroponik merupakan usaha di kampung yang menjanjikan ke depannya karena selain menjual hasil panennya, jika kita sudah mahir merangkai instalasinya, kita juga dapat menjual berbagai bentuk instalasinya atau bahkan menjadi instruktur untuk orang-orang yang baru memulai usaha hidroponik.

Ternak Ayam Kampung

Usaha ternak ayam kampung merupakan usaha di desa yang menguntungkan karena umumya di desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam.

Membutuhkan modal yang kecil juga menjadi faktor utama mengapa beternak ayam kampung merupakan usaha di desa yang menjanjikan karena tidak seperti beternak kambing atau sapi yang membutuhkan modal yang cukup banyak.

Selain itu, jenis bisnis di kampung ini memiliki kesempatan untuk bermitra dengan berbagai perusahaan khususnya di bidang peternakan dan pangan yang umumnya dapat membantu peternak dari awal sampai dengan panen.

Usaha Sewa Alat Pertanian

Bagi yang memiliki modal yang cukup banyak dan sedang mencari peluang bisnis di pedesaan, ada baiknya melirik jenis usaha ini. Usaha sewa alat pertanian merupakan jenis usaha yang cocok di kampung dikarenakan memiliki target pasar yang jelas. Apalagi Jika memasuki musim-musim tertentu seperti panen atau menanam di mana permintaan akan alat untuk membajak sawah atau memanen sangatlah tinggi.

Peluang Usaha di Desa: Jasa Jahit

Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Apalagi cakupan usaha ini sangatlah luas dan memiliki kesempatan yang besar dalam berinovasi. Karena peluang usaha di pedesaan ini sangatlah dinamis perkembangannya, sehingga sangat cocok untuk anak muda yang mempunyai semangat untuk belajar dan berinovasi.

Saat ini juga telah banyak opsi untuk mendapatkan mesin jahit sesuai kebutuhan dan kem ampuan, baik itu membelinya secara langsung, membeli secara kredit, ataupun dengan cara menyewanya saja.

Usaha desa ini dapat menjadi modal besar ke depannya jika mempunyai rencana untuk mencari peluang usaha jahit di perkotaan mengingat kebutuhan jasa jahit menjahit semakin tinggi seiring dengan pertambahan jumlah peduduk.

Peluang Usaha di Desa : Penjualan Aneka Bibit Tanaman

Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha menjanjikan di desa karena selain kondisi lingkungan yang sangat mendukung, seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air. Peluang usaha di desa ini memiliki pasar yang luas, apalagi semenjak hadirnya marketplace yang memungkinkan kita memasarkan produk secara daring.

Bervariasinya jenis bibit juga membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk melakukan usaha bisnis di desa ini. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan.

Penjualan bibit juga dapat menjadi usaha produktif di desa karena naiknya tren menanam di masyarakat perkotaan semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut.

Pelaung Usaha Jasa Servis Parabola di Desa

Untuk desa yang agak terpencil, parabola menjadi alat yang penting bagi masyarakat. Parabola diandalkan masyarakat sebagai alat untuk menerima siaran TV. Sama seperti alat-alat elektronik lainnya, parabola butuh perawatan dan teknisi khusus jika bermasalah. Oleh karena itu, jasa servis parabola dapat menjadi pilihan bisnis di desa terpencil.

Bisnis pedesaan ini mempunyai pasar yang cukup luas karena dapat melayani di desa satu kecamatan ataupun antar kecamatan. Selain itu, perkembangan teknologi parabola cukup dinamis sehingga keterampilan ini juga menjanjikan ke depannya.

Usaha Jasa Titip Ke Kota

Usaha jasa titip ke kota merupakan bisnis di desa yang menguntungkan saat ini. Dalam konteks di desa, cara kerja bisnis ini adalah dengan membeli barang sesuai dengan permintaan konsumen ketika kita berada di kota dan nantinya konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut.

Bisnis desa ini sangat terbantu dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi sehingga menjadi peluang besar usaha di kampung untuk anak muda. Seperti dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, kita dapat mengumpulkan konsumen dalam satu grup sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mereka, seperti mengirim foto barang yang dititipkan untuk memastikan barang titipan sudah sesuai pesanan.

Peluang usaha di daerah pedesaan ini menguntungkan kedua pihak, baik itu untuk pekerja jasa titip ataupun untuk masyarakat karena tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu.

SPBU Mini

Jika membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar membutuhkan dana yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina. Pertashop dapat menjadi bisnis di desa yg menguntungkan karena memiliki pasokan rutin dari pertamina dan harga yang sama dengan yang dijual pertamina.

Selain itu, Pertashop merupakan bisnis di daerah pedesaan yang cukup potensial karena jumlah SPBU Pertamina sangat terbatas yang berada di dekat desa sehingga kehadiran Pertashop sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Usaha Penjualan Tanaman Hias

Permintaan tanaman hias mengalami kelonjakan yang cukup signifikan saat ini. Dapat dilihat ketika akhir pekan dengan banyaknya warga kota mengunjungi desa-desa yang memiliki potensi tanaman hias. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias adalah usaha di desa yang menjanjikan saat ini.

Baca Juga :  Intip Yuk, Cara Menghasilkan Uang dari HP Secara Mudah

Usaha ini juga merupakan usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah karena kondisi lingkungan desa yang mendukung. Kehadiran marketplace membantu bisnis desa ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman.

Pembuatan Pot Tanaman

Meningkatnya permintaan akan tanaman hias diikuti dengan permintaan akan pot tanaman. Oleh karena itu, pembuatan pot tanaman merupakan usaha di desa yg menguntungkan saat ini, apalagi ketika kita dapat memenuhi tuntutan aspek estetis dari konsumen. Karena tidak bisa dipungkiri, aspek kegunaan saja belum cukup, diperlukan aspek estetis yang baik seperti warna dan motif agar laku di pasaran.

Sebagai bisnis yang cocok di desa, usaha ini memiliki banyak pilihan bahan baku, mulai dari semen, tanah liat, plastik, kayu, sampai dengan porselen. Sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan alat dan bahan baku yang tersedia di desa.

Peluang Usaha di Desa – Usaha Kerajinan Mebel

Ini adalah bisnis yang bagus di desa yang masih memiliki pohon-pohon besar yang dapat dijadikan bahan baku furnitur sesuai dengan aturan yang ada. Walaupun membutuhkan modal yang banyak untuk membeli bahan baku, peralatan, dan menyewa pekerja tambahan jika dibutuhkan, namun kerajinan mebel merupakan bisnis pedesaan yang menguntungkan karena pasarnya tidak hanya menjangkau kota-kota besar dalam negeri, namun juga terbuka kesempatan besar untuk diekspor ke luar negeri.

Kehadiran teknologi digital memungkinkan masyarakat, termasuk pengusaha mebel di desa untuk melakukan riset pasar dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak utamanya konsumen dan partner usaha yang dapat mendorong kerajinan mebel menjadi bisnis sukses di desa.

Usaha Jual Ikan Asin

Ikan Asin dapat dijadikan usaha di daerah pedesaan yang cukup potensial, utamanya desa yang berada di dekat laut, sungai, danau, ataupun desa yang memiliki banyak empang.

Hal yang paling penting dari bisnis untuk di desa ini adalah pasokan bahan baku ikan dan lahan untuk menjemur. Usahakanlah untuk membeli ikan langsung dari nelayan agar dapat menghemat modal yang dikeluarkan.

Jualan ikan asin merupakan usaha di desa yang memiliki pasar yang cukup luas, bahkan sampai dengan ke mancanegara. Oleh karena itu, diperlukan riset yang baik mengenai komoditas ikan yang paling dicari di daerah Sobat, kota-kota besar di Indonesia, ataupun pasar luar negeri.

Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Sub Agen Elpiji 3Kg adalah pihak yang mempunyai izin untuk menyalurkan gas elpiji kepada pengecer atau masyarakat umum. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg dapat menjadi peluang usaha di kampung yang menjanjikan keuntungan yang cukup baik karena jumlah pengecer cukup banyak.

Walaupun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan permohonan izin, namun jika sudah berjalan dengan baik dapat menjadi bisnis di kampung yg menguntungkan. Untuk syarat lengkap menjadi sub agen gas elpiji 3kg silahkan menghubungi pertamina terdekat di tempat Sobat.

Minuman Ringan

Jualan minuman dapat menjadi jenis usaha pinggir jalan kampung yang cukup menggiurkan. Apalagi jika posisisnya berada di jalan poros desa atau berada di dekat tempat seperti lapangan olahraga ataupun sekolah.

Jualan minuman ini dapat menjadi usaha di desa yang sukses jika di kelola dengan konsisten dan rajin berinovasi, karena tidak bisa dipungkiri jika masyarakat sangat gandrung dengan sesuatu yang baru.

Selain itu, hal lainnya yang membuat jualan minuman menjadi bisnis menjanjikan di kampung adalah tidak membutuhkan banyak modal dan bahan bakunya sangatlah muda diperoleh.

Jasa Servis Motor

Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu dan kebutuhan akan pekerjanya juga terus meningkat, tak terkecuali di desa. Jika Sobat mempunyai skill ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor dapat menjadi usaha di daerah pedesaan Sobat yang cukup menguntungkan.

Jika Sobat belum mempunyai skill yang mumpuni, terdapat banyak tempat pelatihan untuk meningkatkan skill Sobat, baik itu dari pihak pemerintah ataupun swasta. Selain itu, untuk urusan suku cadang, sudah terdapat banyak distributor yang menyediakan berbagai suku cadang motor dan beberapa diantaranya sudah dapat diakses melalui marketplace ataupun situs tersendiri mereka. Oleh karena itu, cukup wajarlah jika jasa servis motor dapat menjadi bisnis di kampung yang menjanjikan melihat peluangnya yang begitu besar.

Kerajinan Tangan Asli Desa

Banyak desa yang memiliki hasil kerajinan tangan yang khas dan jika dikelola dengan baik tentunya dapat menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Berbagai bentuk kerajinan tersebut dapat berupa keranjang, gelang, ukiran kayu, kerajinan kain, topi, dan berbagai produk lainnya.

Walaupun sebagai bisnis di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tinggal bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut.

Peluang Usaha Penginapan

Jika Sobat tinggal di desa yang memiliki potensi wisata yang besar, mempersiapkan rumah sendiri untuk siap dihuni oleh wisatawan dapat menjadi peluang bisnis di kampung halaman.

Baca Juga :  Peluang Usaha Tamiya, Hobi Yang Bikin Cuan!

Walaupun tidak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang betul-betul natural. Sobat juga dapat menyediakan beberapa fasilitas seperti yang ada di hotel sesuai dengan kemampuan yang dimiliki seperti akses wifi.

Sebagai bisnis yang cocok untuk di desa, bisnis penginapan ini dapat berjalan maksimal jika Sobat membangun kerjasama dengan tempat wisata di sekitar tempat Sobat. Selain itu, memanfaatkan berbagai layanan media sosial juga membantu Sobat untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

Menjadi Reseller Suatu Produk

Desa juga telah menjadi target pemasaran berbagai brand nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai sektor seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Oleh karena itu, reseller dapat menjadi peluang usaha yg menjanjikan di desa.

Bahkan menjadi reseller dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di kampung jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada. Jika Sobat sudah melakukan riset produk mana yang paling potensial di jual di desa, maka selanjutnya yang perlu Sobat lakukan adalah bagaimana agar masyarakat tahu jika Sobat adalah reseller resmi brand tersebut, maka ada baiknya untuk menyiapkan etalase sederhana untuk produk yang Sobat jual jika mempunyai modal lebih.

Selain itu, sebagai bisnis yang cocok untuk di kampung, jika memungkinkan, Sobat perlu menyesuaikan waktu pembayarannya sesuai dengan keadaan masyarakat, seperti pembayaran dapat dilakukan ketika telah masuk masa panen.

Usaha Jual Beli Ikan Hias

Usaha jual beli ikan hias dapat menjadi bisnis di desa yang menjanjikan apalagi jika dari awal Sobat sudah mempunyai hobi di bidang tersebut. Sobat juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang tidak terlalu besar jika ingin menjalankan usaha ini.

Ada berbagai jenis ikan hias yang laku di pasaran seperti ikan Koi, ikan Mas Koki, ikan Cupang, ikan Molly, dan berbagai jenis ikan lainnya sehingga membuat jual beli ikan hias menjadi usaha di desa yang menguntungkan karena memiliki pasar yang luas.

Jika Sobat baru ingin memulai usaha ini, ada banyak sekali channel di YouTube yang memuat berbagai tips dan trik dalam memelihara ikan hias.

Peluang Usaha di Desa: Lobster Air Tawar

Selain lebih murah dibandingkan lobster air laut, lobster air tawar juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan kolesterol yang lebih rendah, oleh sebab itu budidaya lobster air tawar dapat menjadi usaha di desa yang sukses karena kelebihannya tersebut.

Sama seperti usaha ikan hias, budidaya lobster dapat dijalankan walaupun Sobat tidak memiliki lahan yang luas. Pasar ekspor untuk komoditas ini juga masih sangat besar seperti ke negara Korea, Jepang, dan Singapura adalah tujuan ekspor utama.

Peluang Usaha di Desa – Beternak Lele

Walaupun jenis usaha ini tidak terbilang baru dan sudah cukup banyak yang menjalankannya, ternak lele masih menjadi bisnis di desa yg menjanjikan karena permintaannya masih tinggi dan bahkan keran ekspor ke berbagai negara telah terbuka.

Bibit ikan lele juga cukup mudah untuk di dapatkan baik itu di marketplace atau mendatangi langsung penjualnya dan kolamnya tidak harus membutuhkan lahan yang luas.

Karena jumlah usaha ternak lele cukup banyak maka Sobat perlu strategi pemasaran yang baik, seperti melakukan pemetaan pedagang pecel lele yang potensial, mencari kesempatan kerja sama dengan supermarket dan restaurant, sampai dengan memasarkannya melalui media sosial. Jika strategi tersebut dapat dimaksimalkan, budidaya lele dapat menjadi usaha di pedesaan yang menjanjikan untuk saat ini dan ke depannya untuk Sobat.

Peluang Usaha di Desa : Keramba Jaring Apung

Usaha keramba jaring apung adalah bisnis yang cocok di kampung yang berada dekat dengan laut. Walaupun membutuhkan modal cukup banyak namun memiliki keuntungan yang besar jika berhasil. Usaha ini dapat dilakukan secara bersama seperti melalui kelompok nelayan.

Biaya pemeliharaannya juga tidak tinggi namun Sobat perlu memperhatikan gangguan pencemaran laut seperti sampah.

Usaha Pewangi Pakaian Literan

Pewangi usaha pakaian literan cukup digandrungi saat ini karena karena merupakan pewangi alternatif yang memiliki wangi cukup lama dengan harga yang tidak mahal. Tidak mengherankan jika menjual pewangi pakaian ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di desa.

Pewangi pakaian ini juga memiliki berbagai varian wangi yang bervariasi dengan berbagai jenis ukuran wadah, seperti dalam botol 1 atau dalam jerigen mini. Jadi sebelum menjadi reseller, Sobat perlu melakukan riset kecil wangi yang banyak diminati masyarakat umum dan ukuran yang sesuai untuk masyarakat di desa.

Selain itu, bisnis ini dapat menjadi usaha di kampung untuk anak muda yang memiliki latar belakang akademik kimia. Dengan modal pengetahuan kimia, Sobat dapat meracik formula jenis pewangi ini karena bahan bakunya tidak sulit didapat dan melengkapi persyaratan jika ada dari pemerintah.

Peluang Usaha di Desa : Rental Playstation

Jika jaringan listrik di desa Sobat cukup stabil dan desa Sobat mempunyai jumlah anak-anak dan remaja yang cukup banyak, rental PlayStation dapat menjadi bisnis yang cocok untuk di kampung Sobat.

Jika Sobat ingin mengetes pasarnya, Sobat bisa mulai dengan menghadirkan dua unit saja (2 TV Flat dan + 2 PlayStation 4), jika pengunjungnya ramai dan tidak pernah putus, mungkin Sobat bisa mempertimbangkan untuk menambah unitnya lagi.

Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Walaupun bukan merupakan peluang usaha daerah pedesaan yang memiliki keuntungan besar, namun membuka jasa bimbingan belajar sesuai dengan pelajaran yang kita kuasai, tetap dapat memberikan kita pemasukan lebih sambil membantu adik-adik untuk memahami pelajaran di sekolah. Apalagi di masa pendemi ini di mana jam pertemuan langsung antara siswa dan murid jadi berkurang.

Selain itu, ini juga membantu para sarjana muda agar tidak lupa akan pengetahuan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

30 Peluang Usaha di Desa yang Berpotensi Mendatangkan Cuan Laba

Demikian Sobat, jenis-jenis usaha di desa yang bisa Sobat bangun ketika memang memiliki keinginan untuk mencari cuan atau laba di desa atau kampung halaman. Semoga berhasil ya!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski