peluang usaha tamiya

Peluang Usaha Tamiya, Hobi Yang Bikin Cuan!

Peluang Usaha Tamiya, Hobi Yang Bikin Cuan! – Banyak jenis bisnis yang tumbuh dan berkembang.
Mulai dari kuliner sampai teknologi. Banyak orang yang ingin terjun dalam bisnis tetapi masih belum mengetahui akan menjual produk apa saja.

Hobi yang dijadikan bisnis menurut Sobat bagaimana? Enak, bukan? Nah, di artikel ini Waca Berita akan menjelaskan hobi yang sekaligus juga dapat dijadikan bisnis. Ulasan ini diambil dari beberapa sumber termasuk BukuWarung.

Di kesempatan ini Waca Berita akan membahas mainan 4WD atau Tamiya. Mainan Tamiya adalah leluhurnya mainan mobil dan sekarang ini masih melegenda. Di Indonesia mainan ini bahkan sampai diperlombakan. Beragam jenis dan keunikan Tamiya didapatkan dari memodifikasinya. Yuk, simak penjelasan dari Waca Berita sebagai berikut ini.

Apa Itu Tamiya?

Mainan mini 4WD atau yang sering dikenal dengan Tamiya adalah mainan mobil balap yang eksistensinya sudah puluhan tahun. Mainan ini pertama kali diproduksi pada tahun 1980-an.

Penamaan Tamiya didapatkan pada sebuah merek perusahaan mainan asal Jepang. Perusahaan ini didirikan oleh Yoshi Tamiya sejak tahun 1946. Promosi Tamiya menggunakan film kartun yang membuatnya digandrungi oleh anak-anak pada saat itu.

Sejak itulah mainan mobil 4WD dinamai Tamiya. Tamiya eksis di kalangan anak-anak, remaja, hingga penghobi Tamiya yang sudah dewasa. Bisa disimpulkan semua umur menyukai mainan ini.

Tamiya berbentuk mobil sedan yang mempunyai casing bermacam-macam dan unik. Ban Tamiya bisa bergerak semuanya yang membuatnya sangat cepat. Kecepatan inilah yang membuat orang-orang melombakan Tamiya mereka.

Harga Tamiya di Indonesia sangat beragam mulai dari Rp 10.000 – jutaan rupiah. Tamiya yang mahal biasanya telah dimodifikasi oleh pemiliknya. Memodifikasi Tamiya diyakini membuat makin cepat dan tidak keluar lintasan saat dilombakan.

Baca Juga :  Cara Kerja Shopee PayLater, Kenali Sebelum Pakai!

Saat ini semakin banyak komunitas Tamiya di Indonesia dan mereka sering mengadakan pertemuan-pertemuan yang bertujuan untuk diskusi dan sekedar mengadu kecepatan mobil Tamiyanya.

Prospek Usaha Tamiya

Jika kita berbicara prospek suatu bisnis memang sangat dinamis. Banyak bisnis yang hari ini diramalkan akan berprospek cerah tetapi, setahun berikutnya malah kebalikannya. Misalnya saja dalam bisnis makanan yang sepi peminat karena resep baru yang tidak disukai pasar.

Tamiya, mainan mobil fisik yang sering diperlombakan juga memiliki prospek bisnis. Jika dianalisa tentunya akan ada kelebihan dan kekurangan dalam bisnis Tamiya.

Prospek bisnis Tamiya di tahun-tahun berikutnya diramalkan masih cerah berawan. Dikatakan cerah berawan karena di masa depan diramalkan semua permainan akan beralih ke dunia digital. Dunia digital dianggap adala era baru untuk permainan. Misalnya, sekarang ini banyak tersedia game online yang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja.

Namun, Sobat tidak perlu risau karena masing-masing bisnis tentu ada peminatnya masing-masing. Tamiya saat ini peminatnya makin bertambah mulai dari berbagai kalangan. Peminat Tamiya yang paling banyak didominasi umur 20 tahun keatas bahkan penghobi garis keras sering datang dari kalangan yang sudah berkeluarga.

Mereka yang berkeluarga lebih sering dan loyal untuk membeli Tamiya. Harga ratusan sampai jutaan bisa mereka borong karena memang hobinya.

Ditambah lagi Tamiya ada perlombaannya, loh. Lomba diadakan oleh komunitas Tamiya atau toko Tamiya yang bertujuan untuk mengadu kecepatan Tamiya rakitannya. Keuntungan lainnya dari perlombaan Tamiya adalah menarik pelanggan baru, menambah relasi pertemanan, dan masih banyak lagi.

Peluang Usaha Tamiya

Bagi Sobat yang menanyakan apakah masih mungkin untuk terjun dalam bisnis Tamiya? Nah, disini akan Waca Berita jelaskan sedetail-detailnya.

Baca Juga :  Memulai Bisnis Gorengan Omset Jutaan!

Peluang usaha Tamiya di Indonesia bisa dikatakan masih terbuka dan pasar stabil. Berurusan dengan penghobi memang tidak ada habisnya. Mulai dari awal Tamiya diproduksi sampai saat ini masih eksis, loh. Buktinya makin banyak komunitas Tamiya di Indonesia bahkan di dunia.

Jika Sobat ingin terjun di bisnis Tamiya Waca Berita menyarankan untuk melakukan promosi digital melalui media sosial, website ataupun marketplace. Kenapa Waca Berita menyarankan untuk melakukan promosi digital? Karena saat ini perilaku pasar adalah membeli barang melalui online tanpa harus mendatangi toko fisiknya.

Sobat juga harus menyediakan toko fisik untuk tambahan promosi dan penghasilan. Jika modal yang Sobat miliki cukup sedikit tidak perlu khawatir karena Sobat juga bisa membuka toko online yang 100% gratis.

Pasar Tamiya yang beragam membuat Sobat harus menentukan usia berapakah yang akan Sobat targetkan? Sebagai contoh, jika usia anak-anak Tamiya yang dijual harus murah dan memiliki tampilan yang sangat bagus, jika usia remaja Tamiya yang dijual harganya bisa sedang berkisar puluhan sampai ratusan ribu, jika sudah menginjak pasar dewasa atau penghobi Sobat bisa menjual Tamiya yang original, berkualitas, dan kecepatannya tinggi.

Pasar yang berbeda-beda membuat penghasilan yang Sobat dapatkan juga berbeda-beda. Oleh karena itu, Waca Berita sarankan untuk melakukan riset pasar dan menyesuaikan dengan modal yang ada untuk mengantisipasi penghasilan yang tidak konsisten dan acak-acakan.

Modifikasi Tamiya yang dilakukan oleh penghobi juga bisa menjadi ide bisnis yang omzetnya sangat menggiurkan. Modifikasi Tamiya sendiri menghabiskan dana sekitar Rp 2-3 juta per unit mainannya. Harga tersebut juga bervariasi, loh. Bahkan ada yang menghabiskan puluhan juta dalam modifikasinya.

Kondisi ini membuat rezeki nomplok bagi pengusaha Tamiya. Mereka bisa memanfaatkan kebiasaan para penghobi untuk mengupgrade mobil mainannya. Jika diasumsikan 1 unit modifikasi menghabiskan Rp 2-3 juta Sobat bisa meraup untung puluhan juta hanya dengan menerima orderan modifikasi minimal sekitar 5 unit saja.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Profesional di Indomaret Group

Sungguh menggiurkan, bukan? Memang kalo masalah hobi tidak boleh dipandang sebelah mata. Jangankan uang jutaan rupiah, waktu dan tenaga bisa mereka luangkan untuk hobi, loh.

Nah, itulah penjelasan dari Waca Berita tentang prospek dan peluang Tamiya. Jika disimpulkan, prospek dan peluang usaha Tamiya masih terbuka dan luas. Sobat jika ingin terjun boleh banget, loh. Waca Berita menyarankan untuk menyesuaikan dengan modal dan target pasar agar tidak terjadi kebangkrutan dalam berbisnis.

Mempelajari perilaku pasar juga harus Sobat lakukan. Semua bisnis dari berbagai sektor harus mempelajari perilaku pasar agar menyesuaikan dengan minat pelanggan mereka. Jika dalam bisnis Tamiya hal yang bisa dilakukan adalah menganalisa apakah masih banyak orang yang memainkan Tamiya dan dari mana saja rata-rata orang membeli Tamiya beserta sparepartnya.

Misalnya pelanggan Tamiya sering membeli sparepart dan keperluan lainnya melalui toko online, Sobat harus membuka juga toko online karena keberadaan pelanggan ada disana.

Nah, itulah sekilas ulasan tentang peluang usaha tamiya yang bisa sobat coba. Semoga bermanfaat!