ide bisnis makanan ringan

Inspirasi Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan

Inspirasi Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan – Sobat Waca Berita, khususnya yang sedang mencari ide bisnis yang potensial, Sobat bisa mencoba bisnis makanan ringan. Selain modal yang cukup minim, bisnis makanan ringan juga tak lekang waktu dan memiliki banyak pilihan menarik untuk dijual. Sobat tak perlu bingung karena kali ini Waca Berita akan memberikan rekomendasi tentang ide bisnis makanan ringan yang cukup menjanjikan.

Inspirasi Ide Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan atau snack memerlukan modal yang relatif kecil. Bahkan bisa dengan modal nggak sampai Rp 100.000 saja Sobat sudah bisa memulainya. Nah ini dia beberapa rekomendasi ide bisnis makanan ringan yang bisa Sobat pilih :

Aneka Gorengan

Makanan ringan yang satu ini memang dapat ditemukan di mana-mana. Minat masyarakat pada bakwan, tahu, cireng, dan kawan-kawannya juga sepertinya tidak pernah berkurang. Maka dari itu, berjualan gorengan ini bisa jadi salah satu ide bisnis camilan yang potensial.

Sosis Bakar

Ide selanjutnya adalah bisnis sosis bakar dan makanan barbecue lainnya. Makanan satu ini disukai berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu juga bisa menjual produk ini secara online dalam bentuk sosis frozen siap bakar.

Dimsum

Makanan yang mirip siomay ini terbuat dari campuran ayam, udang, dan tepung tapioka yang dibalut dengan kulit pangsit. Terkadang dicampurkan juga sayuran seperti wortel untuk menambah gizi dari makanan satu ini. Makanan ini sudah banyak dijual dalam bentuk makanan beku. Dimsum frozen hanya perlu dipanaskan sebentar kemudian bisa langsung dijadikan dengan chili oil.

Makaroni Kering

Bisnis makanan ringan lain yang tidak kalah potensial adalah makaroni kering. Makaroni sebenarnya adalah salah satu jenis pasta, tapi olahan makaroni yang digoreng kering ini juga tidak kalah menarik dan diminati di Indonesia. Biasanya makaroni ini dicampurkan dengan bumbu bubuk berbagai rasa seperti pedas, keju, balado, lada hitam, dan masih banyak lagi.

Makaroni Schotel

Olahan makaroni lainnya menjadi camilan lezat adalah makaroni schotel. Makanan ini terbuat dari makaroni, telur, keju, bawang bombai, daging giling, dan beberapa bahan lainnya. Cara memasaknya bisa dipanggang atau dikukus. Makanan ini juga bisa dibuat dalam wadah besar atau wadah kecil untuk porsi satu kali sajian.

Pisang Aroma

Pisang aroma adalah pisang yang dibalut cokelat cair dan kulit lumpia, lalu digoreng. Makanan ini juga biasa disebut pisang cokelat. Selain pisang, ada juga keju dalam kulit lumpia yang disebut keju aroma. Belakangan ini makanan tersebut menjadi makanan hits. Keju dan pisang aroma bisa disajikan dengan siraman saus manis seperti cokelat atau green tea untuk menambah cita rasa.

Pisang Bakar

Olahan camilan pisang lainnya yang bisa jadi bisnis potensial adalah pisang bakar. Pisang ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, lalu disajikan dengan berbagai topping seperti cokelat, keju, dan berbagai topping manis lainnya.

Baca Juga :  Cryptocurrency : Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Keripik Pisang

Keripik pisang adalah olahan pisang khas Indonesia yang sudah ada sejak dulu. Kini keripik pisang disajikan dengan lebih kekian sehingga lebih menarik. Mulai dari pilihan rasa yang lebih banyak hingga packaging yang lebih menarik membuat camilan satu ini semakin banyak diburu.

Telur Gulung

Telur gulung merupakan jajanan atau makanan ringan yang cukup mudah dalam pembuatannya. Jajanan ini sudah ada sejak dulu di Indonesia. Makanan ringan berbahan dasar telur ini sering ditemukan sebagai jajanan sekolah, tapi beberapa tahun belakangan ini telur gulung menjadi makanan hits yang bisa ditemukan di mana saja. Telur gulung mulai banyak dijual di mal hingga jadi menu di berbagai kafe.

Cireng

Ide bisnis makanan ringan yang kedua adalah cireng. Makanan ringan ini berasal dari Bandung. Makanan yang terbuat dari tepung tapioka ini tidak pernah sepi peminat. Ada banyak juga variasi cireng seperti cireng bumbu rujak, cireng isi, hingga cireng gepeng bumbu pedas.

Selain cireng, ada banyak olahan tepung tapioka lainnya yang bisa dijadikan ide bisnis seperti cimol atau cilok. Kamu bisa menyajikannya dengan resep yang lebih kekinian agar lebih menarik.

Tahu Bakso

Tahu bakso adalah tahu yang diisi dengan adonan bakso yang terbuat dari campuran tepung dan daging sapi, ikan, atau ayam. Tahu bakso bisa dimasak dengan dikukus atau digoreng. Makanan satu ini bisanya dijual dalam bentuk frozen food.

Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Camilan dari Bandung yang diataptasi dari makanan Tionghoa ini mirip dengan tahu bakso, tapi batagor biasanya selalu menggunakan bakso ikan.

Selain dimasukkan ke dalam tahu, ada juga adonan bakso yang dibaluti kulit pangsit. Batagor bisa disajikan dengan dua cara yaitu dengan sambal kacang atau dengan kuah kaldu.

Siomay

Camilan selanjutnya ini terkadang dijual bersama dengan batagor juga karena bumbunya sama, yaitu sambal kacang. Bahan utama siomay juga seperti batagor, yaitu campuran ikan tengiri, tepung tapioka, dan bumbu lainnya. Siomay dimasak dengan cara dikukus dan disajikan bersama tahu, kubis, paria, kentang, dan telur.

Hotang

Hotang atau hotdog kentang adalah sosis yang dibaluti dengan kentang dan disajikan dengan tusuk kayu seperti sate. Ini merupakan snack yang berasal dari Korea Selatan. Hotang dimasak dengan cara digoreng dan bisa langsung disajikan dengan pelengkap seperti saus dan mayones.

Martabak Pizza

Martabak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan hampir di seluruh daerah. Martabak pizza adalah salah satu inovasi dari bentuk martabak kekinian.

Topping martabak jadi lebih terlihat sehingga menambah daya tariknya. Selain itu, topping martabak juga semakin beragam, sehingga kamu lebih bisa berkreasi.

Bakso Goreng

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bakso goreng. Ada banyak variasi bakso goreng mulai dari bakso sapi, ayam, hingga ikan. Bakso goreng juga bisa digoreng hingga kering maupun tidak dan biasanya dicampurkan dengan bubuk cabai atau bumbu bubuk lainnya sesuai selera. Keripik bakso goreng kini juga banyak dijual secara online.

Tahu Bulat

Camilan satu ini menjadi fenomenal karena jingle-nya yang sangat khas. Tahu yang bagian tengahnya kopong ini biasa disajikan dengan berbagai bumbu bubuk. Tahu bulat biasa dijual dengan berkeliling atau bisa juga menggunakan stand kecil di pinggir jalan. Kamu juga bisa menjual tahu bulat mentah secara online.

Baca Juga :  Pengertian Storyboard, Fungsi dan Langkah Pembuatan

Tahu Krispi

Selain tahu bulat, bentuk tahu lain yang tidak kalah lezat dan laku di pasaran adalah tahu krispi. Tahu ini biasanya disajikan dengan taburan bumbu bubuk atau bisa juga dengan cabai rawit.

Jamur Krispi

Jamur kripsi juga memiliki polularitas yang tidak kalah dengan tahu kripsi. Bisa dikatakan bahwa ini menjadi salah satu olahan jamur yang paling disukai banyak orang. Jenis jamur yang paling umum digunakan untuk olahan ini adalah jamur tiram.

Seblak

Seblak terbagi menjadi dua jenis yaitu seblak basah dan seblak kering atau kerupuk seblak. Keduanya sama-sama bisa jadi ide bisnis yang potensial. Umumnya seblak ini menjadi incaran para pecinta pedas.

Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue berwarna hijau yang berisikan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah. Kini variasi dadar gulung semakin banyak, ada yang kulitnya warna-warni dan ada juga yang isiannya diganti menjadi cokelat, keju, hingga pisang.

Ide Bisnis Makanan Ringan olahan singkong : Keripik Singkong

Keripik singkong adalah salah satu makanan ringan legendaris di Indonesia. Sama halnya seperti keripik pisang, keripik singkong juga kini lebih menarik karena banyak pilihan rasa dan dikemas dengan lebih menarik.

Singkong Keju

Olahan singkong lainnya yang bisa dijadikan ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah singkong keju. Makanan ini sangat mudah dibuat, hanya dengan mengukus singkong, lalu menaburkannyaa dengan keju dan topping lainnya sesuai selera.

Ayam Goreng Tepung

Bukan ayam goreng biasa, kamu bisa mencoba bisnis ayam goreng tepung khas Taiwan. Ciri khasnya adalah ayam fillet yang dipotong tipis lalu dibaluri dengan tepung yang krispi saat digoreng. Selanjutnya ditaburkan dengan bumbu bubuk dengan berbagai varian rasa.

Roti Bakar

Meskipun bukan jenis makanan baru, tapi roti bakar tetap jadi makanan yang banyak diminati. Variasi rasa dari roti bakar juga semakin beragam sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan inovasi ketika menjalani bisnis yang satu ini.

Donat

Donat juga termasuk makanan legendaris lainnya yang terus bermunculan inovasi barunya. Salah satu yang belakangan hits adalah jenis donat Yunani. Donat ini biasanya berukuran kecil-kecil dan topping-nya langsung disiramkan di atas donat.

Keripik Usus

Usus ayam dapat dijadikan olahan berbagai makanan, salah satu yang paling populer adalah keripik usus. Usus harus digoreng hingga benar-benar garing agar bisa disimpan lebih awet. Biasanya keripik ini disajikan dengan bumbu bubuk berbagai rasa.

Onion Ring

Onion ring adalah bawang bombai yang dipotong bentuk lingkaran dan dibalurkan tepung, lalu digoreng hingga garing. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus sambal atau mayones.

Churros

Churros merupakan salah satu dari sekian ide bisnis makanan ringan. Churros sendiri adalah makanan ringan sejenis roti khas Meksiko yang khas dengan bentuk stik panjang dan taburan gula kayu manisnya. Sebelum dimakan, churros dicelupkan ke dalam saus cokelat atau karamel yang menambah rasa manisnya. Sekarang churros juga tersedia dalam bentuk frozen sehingga lebih mudah dalam menjualnya.

Croffle

Croffle adalah makanan kekinian yang merupakan singkatan dari croissant waffle. Ini merupakan makanan yang terbuat dari adonan croissant namun dipanggang menggunakan cetakan waffle.

Croffle bisa dinikmati dengan berbagai topping layaknya waffle. Makanan satu ini mulai banyak ditemui di Indonesia di 2021, tapi beberapa sumber menyebutkan croffle sebenarnya ditemukan sejak 2017.

Ide Bisnis Makanan Ringan: Mi Lidi

Mi lidi atau lidi-lidian juga termasuk makanan legendaris. Dulunya makanan ini biasa ditemukan di sekolah-sekolah, tapi kini sudah banyak juga yang menjualnya secara online. Biasanya dijual bersama dengan snack lain seperti bakso goreng, makaroni kering, keripik usus, dan snack kering lainnya.

Baca Juga :  Cek Yuk, Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Jagung Susu Keju

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah jagung susu keju. Tidak hanya enak, tapi makanan ini sehat karena terbuat dari jagung yang kaya nutrisi. Jagung diolah dengan dikukus sehingga tentu gizinya tidak hilang begitu saja. Jagung yang direbus kemudian dicampurkan dengan susu kental manis dan juga parutan keju.

Keripik Talas

Talas adalah salah satu umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia. Talas memang biasa diolah menjadi berbagai makanan ringan. Salah satu yang populer adalah keripik talas berbentuk stik. Bumbunya ada berbagai macam mulai dari aneka bumbu bubuk hingga bumbu rujak.

Sempol Ayam

Sempol adalah makanan khas dari kota Malang. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan dicampurkan ayam. Adonan ini kemudian ditempelkan ke tusuk sate, dibaluri telur, lalu digoreng. Setelah itu sempol dapat langsung disajikan dengan saus sambal.

Pisang Molen

Pisang molen adalah pisang yang dibalut dengan adonan yang terbuat dari tepung. Selain pisang, ada beberapa bahan lain seperti keju, selai cokelat, atau selai rasa lainnya.

Biasanya molen yang diisi dengan selai bentuknya dibuat lebih kecil, sehingga menjadi molen mini. Ukurannya yang kecil membuatnya cocok sekali untuk menikmati waktu ngemil.

Onde-Onde

Onde-onde adalah makanan khas Asia Tenggara yang terbuat dari tepung ketan. Bentuknya bulat dan bagian dalamnya kopong dan diisi dengan kacang hijau. Bagian khas lainnya dari onde-onde adalah lumuran wijen di bagian luarnya. Biasanya onde-onde dijual bersama makanan lain seperti pisang molen, odading, cakwe, dan masih banyak lagi.

Ide Bisnis Makanan Ringan olahan pisang : Pisang Nugget

Bisnis makanan ringan selanjutnya kembali lagi ke olahan pisang. Memang pisang termasuk buah yang melimpah di Indonesia sehingga olahannya pun jadi variatif. Pisang nugget adalah pisang yang dibaluri telur dan tepung roti lalu digoreng, setelah itu diberikan berbagai topping manis seperti saus cokelat, saus green tea, saus stroberi, hingga keju.

Kue Cubit

Beberapa tahun lalu kue cubit sempat hits dan muncul berbagai macam variasi kue cubit seperti kue cubit green tea, kue cubit taro, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya kue ini sudah ada sejak dulu dan akan selalu diminati. Bahkan jenis kue cubit klasik pun masih laku dijual hingga saat ini.

Pie Susu

Ide bisnis makanan ringan berikutnya adalah pie susu. Pie susu adalah makanan ringan khas Bali yang terbuat dari kue pastri yang diisi dengan kustar. Selain itu bisa juga diberi tambahan topping lain seperti kismis, keju, hingga buah. Bentuknya yang mini membuat kue ini sangat cocok untuk menjadi camilan sore hari.

Camilan Sehat

Camilan sehat juga bisa menjadi ide bisnis makanan ringan. Ada banyak jenisnya mulai dari kacang-kacangan sangrai, keripik sayuran, hingga granola. Biasanya jajanan sehat ini diperuntukkan bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Memang tidak bisa membantu menurunkan berat badan, tapi bisa menjadi alternatif camilan saat diet karena biasanya kalorinya lebih rendah.

Ide Bisnis Makanan Ringan Yang Menjanjikan

Nah sobat, itu dia sederetan inspirasi ide bisnis makanan ringan yang bisa dicoba. Sebagian dari makanan di atas dapat dengan mudah dijual secara online, sehingga bisa memperluas pemasaran. Gimana, apakah kamu sudah memutuskan mau mulai bisnis apa?