usaha cuci motor

Mau Mulai Usaha Cuci Motor ? Hitung Dulu Yuk Modalnya

Mau Mulai Usaha Cuci Motor? Hitung Dulu Yuk Modalnya – Sobat Waca Berita, salah satu usaha yang awet dan menguntungkan adalah usaha jasa. Contoh nyata usaha jasa yaitu usaha cuci motor. Usaha cuci sepeda motor merupakan bisnis yang marak di kota-kota besar.

Usaha ini dibutuhkan seiring dengan bertambahnya jumlah sepeda motor yang dimiliki oleh masyarakat.

Prospek usaha cuci motor bisa dikatakan sangat baik mengingat banyak orang tidak mempunyai waktu yang cukup ataupun merasa malas saat dituntut untuk mencuci motor mereka sendiri.

Dengan itu, maka usaha ini pun berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Belum lagi saat musim hujan, tunggangan kerap kotor saat mengaspal.

Mengutip dari tempo.co, ada pula hal-hal yang harus dipersiapkan ketika seseorang memutuskan untuk membuka usaha cuci motor.

Persiapan membuka usaha cuci motor diantaranya :

Memilih lokasi usaha yang tepat

Membuka usaha cuci motor sebaiknya mempertimbangkan pemilihan tempat atau lokasi yang strategis demi menjaga berjalannya kelangsungan bisnis.
Seseorang disarannkan memilih lokasi yang ramai serta mudah dijangkau oleh target pasar.
Pemilihan lokasi yang tepat ini menjadi salah satu cara agar usaha yang dimiliki bisa terus bertahan dan berkembang.

Strategi promosi

Strategi promosi yang tepat juga diperlukan guna menarik perhatian dari target pasar.
Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menyebarkan brosur, memasang iklan di portal online, memberikan diskon dengan jumlah tinggi,
hingga memberikan bonus tambahan secara besar-besaran.

Baca Juga :  Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Sobat Musti Coba!

Pelayanan

Poin berikutnya yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha cuci motor adalah memberikan pelayanan yang baik.
Hasil cucian motor yang bersih bisa membuat konsumen merasa puas dan itu akan menarik minat mereka kembali untuk menggunakan jasa cuci motor yang dipakai sebelumnya.

Berapa Modal Untuk Membuka Usaha Cuci Motor ?

Untuk membuka serta menjalannkan usaha pencucian motor tentunya harus mempersiapkan peralatan yang hendak dipakai.

Berikut merupakan daftar-daftar peralatan yang harus dipersiapkan :

  • Kompresor (Lengkap): Rp 650.000
  • Steam Air (Lengkap): Rp 400.000
  • Selang Spiral: Rp 200.000
  • Tabung Cuci Salju+ selang: Rp 600.000
  • Kunci Busi: Rp 130.000
  • Kunci Stel Rantai: Rp 125.000
  • Spanduk: Rp 500.000
  • Banner besar+ kecil: Rp 500.000
  • Stik: Rp 300.000
  • Nepel Sambungan: Rp 90.000
  • Inflator: Rp 200.000
  • Sikat dan Spons: Rp 75.000
  • Shampo Motor: Rp. 150.000
  • Semir ban: Rp 100.000
  • Stempel: Rp 75.000
  • Biaya Promosi: Rp 250.000
  • Kuas: Rp 30.000
  • Kursi Futura 6 pcs: Rp 2.500.000
  • Meja Kasir 1 pcs: Rp 1.300.000
  • Sepatu boot dan Sarung Tangan: Rp 90.000
  • Nota: Rp 40.000
  • Total : Rp 8.305.000

Dibutuhkan sekitar Rp 8.305.000 untuk modal awal bagi seseorang yang berminat membuka usaha cuci sepeda motor.

Jumlah diatas ditujukan bagi orang-orang yag sudah memiliki tempat sendiri untuk memulai usaha cuci sepeda motor, Namun bagi orang-orang yang belum memiliki tempat, biasanya mereka menyewa tempat milik orang lain dan harus membayar “charge” di setiap bulannya sesuai dengan harga yang telah disepakati.

Tips Membuka Usaha Cucian Motor Di Rumah

Nah Sobat, berikutnya Sobat bisa simak apa saja tips membuka usaha cuci motor cukup di rumah saja.

Pelajari Cara Mencuci Motor dengan Benar

Jika dilihat sekilas, pekerjaan mencuci motor memang tampak cukup mudah dilakukan. Namun, pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan.

Baca Juga :  Peluang Usaha Tamiya, Hobi Yang Bikin Cuan!

Maka dari itu, mempelajari cara mencuci motor dengan baik dan benar menjadi hal pertama yang harus dilakukan pada saat ingin memulai usaha cuci motor di rumah. Pastikan Sobat mempelajari cara atau metode mencuci motor dengan benar dari berbagai sumber terpercaya agar nantinya bisa memberikan layanan yang memuaskan.

Siapkan Lokasi dan Fasilitas yang Nyaman

Lokasi yang nyaman dan fasilitas yang memadai menjadi faktor penting untuk memastikan keberlangsungan bisnis jasa cuci motor yang Sobat buat.

Setelah menentukan posisi yang tepat, pastikan untuk menyiapkan ruang yang cukup. Baik untuk menampung beberapa motor pada saat dicuci, meletakkan meja pembayangan, serta ruang untuk parkir pelanggan yang sedang mengantre. Selain itu, pastikan pula lokasi usaha tersebut memiliki fasilitas yang memadai.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan yang digunakan akan sangat menentukan bagaimana kualitas hasil cuci motor yang Sobat lakukan. Untuk memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan, ada baiknya untuk menyiapkan peralatan cuci motor yang sesuai dengan standar dan menggunakan teknologi modern.

Beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan adalah mesin steam, spons, kain lap, sikap, cairan pembersih, semir ban, dan lain-lain. Selain itu, sediakan juga mesin cuci salju dan sistem hidrolik agar bisnis cuci motor Sobat tampak semakin profesional.

Rekrut Karyawan yang Mumpuni

Meski baru memulai usaha cuci motor kecil-kecilan, namun memiliki karyawan menjadi sebuah keharusan. Dengan memiliki 1–2 karyawan yang mumpuni, maka mereka bisa membantu mencucikan motor para pelanggan.

Hal ini membuat pelanggan tidak perlu antre dan membantu terlalu lama. Sebaiknya, pilih karyawan yang dapat bekerja keras, teliti, dan mampu bersikap ramah kepada para pelanggan.

Lakukan Strategi Promosi yang Efektif

Setelah menyiapkan semuanya, kini saatnya untuk mempromosikan usaha Sobat. Tentunya, ada banyak strategi promosi yang bisa dilakukan. Selain memasang spanduk atau banner di lokasi yang ramah, Sobat juga bisa mempromosikannya lewat blog, website atau media sosial.

Baca Juga :  Memulai Bisnis Gorengan Omset Jutaan!

Jangan lupa untuk membuat promosi yang menarik, seperti memberikan harga spesial untuk 50 pelanggan pertama, hadiah souvenir menarik untuk semua pelanggan, cuci sebanyak 3 kali gratis 1 kali, atau promosi lainnya.

Berikan Layanan yang Memuaskan

Melakukan strategi promosi yang menarik, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa cuci motor Sobat.

Nah, inilah saatnya untuk menunjukkan kualitas layanan bisnis Sobat kepada semua pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan layanan yang memuaskan. Mulai dari bersikap ramah kepada pelanggan yang datang hingga memberikan hasil pencucian motor yang memuaskan

Usahakan Penghasilan Tambahan

Perlu diketahui bahwa usaha cuci motor juga bisa digabungkan dengan beberapa bisnis lainnya. Hal ini pastinya akan menambah penghasilan bisnis Sobat. Misalnya adalah jasa mencuci helm. Selain itu, Sobat juga bisa sekaligus menjual minuman dingin dan snack di tempat usaha tersebut.

Biasanya, para pelanggan yang sedang mencuci motor akan sekaligus membeli minuman dan snack sambil menunggu motornya selesai dicuci. Selain itu, Sobat juga bisa menambah penghasilan dengan usaha lainnya asalkan tidak mengganggu usaha yang utama.

Cara Membuka Usaha Cuci Motor : Kesimpulan

Itulah cara membuka usaha cuci motor di rumah dengan mudah. Sobat dapat pelajari dan praktikkan mulai dari langkah pertama hingga akhir. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob!