Biodata Samuel Goudsmit, Penggagas Konsep Elektron Berputar

Biodata Samuel Goudsmit, Penggagas Konsep Elektron Berputar

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Samuel Goudsmit seorang penggagas konsep elektron berputar. Penasaran ingin tahu tentang seorang penggagas konsep elektron berputar, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Samuel Goudsmit :

  • Lahir : 11 Juli 1902 The Hague, Belanda
  • Meninggal : 4 Desember 1978 (umur 76) Reno, Nevada
  • Kebangsaan : Belanda-Amerika
  • Bidang : Fisika
  • Lembaga : University of Michigan
  • Alma mater : Universitas Leiden (Ph.D) (1927)
  • Mahasiswa doktoral : Robert Bacher
  • Dikenal dalam : Elektron berputar & Operasi Alsos
  • Penghargaan : National Medal of Science (1976)

 

Samuel Goudsmit adalah seorang fisikawan terkenal berkebangsaan Belanda-Amerika, ia bersama-sama mengusulkan konsep elektron berputar dengan George Eugene Uhlenbeck pada tahun 1925.

Biografi

Samuel Goudsmit lahir pada tanggal 11 Juli 1902 di The Hague, Belanda. Goudsmit adalah keturunan Belanda-Yahudi, anak dari pasangan Ishak Goudsmit, produsen lemari air dan Marianne Goudsmit-Gompers yang mengelola sebuah toko topi wanita. Pada tahun 1943 orang tuanya dideportasi ke kamp konsentrasi oleh penjajah Jerman dari Belanda dan dibunuh di sana.

Goudsmit belajar fisika di Universitas Leiden dibimbing oleh Paul Ehrenfest hingga memperoleh gelar PhD pada tahun 1927. Setelah menerima gelar PhD. Antara tahun 1927 dan 1946 Goudsmit menjabat sebagai Profesor di University of Michigan.

Pada tahun 1930 Goudsmit ikut menulis sebuah teks dengan Linus Pauling berjudul The Structure of Line Spectra. Selama Perang Dunia II dia bekerja di Massachusetts Institute of Technology.

Goudsmit juga kepala ilmiah dari Alsos Mission dan berhasil mencapai kelompok fisikawan nuklir Jerman sekitar Werner Heisenberg dan Otto Hahn di Hechingen (kemudian zona Perancis) sebelum fisikawan Perancis Yves Rocard. Meteora adalah bagian dari Proyek Manhattan  yang dirancang untuk menilai kemajuan proyek bom atom Nazi.

Baca Juga :  Biodata Abdul Jamil Ridho Dan Niti Soedigdo Penemu Varietas Unggul Singkong Raksasa

Dalam buku Alsos diterbitkan pada tahun 1947, Goudsmit menyimpulkan bahwa Jerman tidak menciptakan senjata. Goudsmit menghubungkan ini dalam ketidakmampuan ilmu pengetahuan berjalan di bawah tekanan totaliter negara dan ilmuwan Jerman tidak mengerti bagaimana membuat bom atom.

Namun kemudian kedua kesimpulan ini telah dibantah oleh sejarawan (lihat Heisenberg ), dan fakta bahwa negara Soviet totaliter memproduksi bom tak lama setelah buku ini dirilis.

Setelah perang Goudsmit sempat menjadi seorang profesor di Northwestern University. Sekitar tahun 1948 hingga 1970 Goudsmit adalah seorang ilmuwan senior di Brookhaven National Laboratory, memimpin Departemen Fisika tahun 1952 sampai 1960.

Goudsmit sementara menjadi terkenal sebagai Editor-in-chief dari jurnal fisika terkemuka Physical Review, diterbitkan oleh American Physical Society. Pada bulan Juli 1958 Goudsmit mulai jurnal Physical Review Letters.

Ketika pensiun sebagai editor pada tahun 1974, Goudsmit pindah ke fakultas University of Nevada di Reno, di sana Goudsmit tetap hingga kematiannya empat tahun kemudian.

Samuel Goudsmit meninggal pada tanggal 4 Desember 1978 saat berumur 76 tahun di Reno, Nevada.

Penutup

Itulah biodata Samuel Goudsmit seorang penggagas konsep elektron berputar. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski