aglaonema mutasi
aglaonema mutasi

Aglaonema Mutasi Langka dan Istimewa

Aglaonema Mutasi Langka dan Istimewa – Sobat Waca Berita, Aglaonema merupakan tanaman hias yang masih menjadi populer sejak pandemi Covid-19.

Beragamnya corak dan jenis tanaman ini menjadi salah satu alasan mengapa aglaonema terus populer.

Bahkan, banyak kolektor tanaman hias yang mulai melirik jenis-jenis yang unik. Salah satu yang kian diburu oleh para kolektor adalah Aglaonema mutasi.

Uniknya Aglaonema Mutasi

Berbeda dengan aglonema pada umumnya, jenis mutasi memiliki keistimewaan tersendiri. Aglaonema jenis mutasi merupakan jenis yang berubah penampilan dari varietas aslinya.

Tanaman mutasi juga disukai karena termasuk tanaman hias yang langka.

Tahu gak sob mengapa aglaonema bisa berubah dan bermutasi? Mutasi dan perubahan wujud penyebabnya adalah jumping gen atau perubahan susunan gen DNA.

Ditelusuri lebih jauh, faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut antara lain lingkungan yang ekstrem, pemberian hormon tertentu, atau tingginya variasi genetik akibat seringnya persilangan. Intensitas perbanyakan juga memicu perubahan wujud tanaman dari aslinya.

Akan tetapi, tidak semua hasil mutasi bisa bertahan lama. Hal ini terbukti beberapa varietas kembali ke wujud aslinya setelah dipindah ke media tanam yang lain.

Jenis-jenis Aglaonema Mutasi

Berikut ini jenis aglaonema mutasi yang langka dan istimewa.

Aglaonema Adelia Merah

Tanaman hias ini cukup istimewa, Sob. Daunnya lebar dan hampir bulat seperti mangkuk. Memiliki warna merah yang terlihat mencolok, kontras dengan totol hijau kecil-kecil yang menyelimuti daunnya.

Aglaonema Audrey

Merupakan jenis mutasi dari widuri. Ciri khas daunnya ialah berukuran lebar dengan dasar merah bermotif hijau dan kuning. Keistimewaan lainnya adalah tanaman ini bermutasi merata di setiap daunnya.

Baca Juga :  Biodata George Eastman Penemu Film Gulung

Aglaonema Butterfly

Memiliki ciri khas warna dasar hijau dengan motif merah muda yang nyaris tak terlihat. Sedangkan tulang daun berwarna pink. Keistimewaan tanaman ini adalah motif corak merah yang berubah menjadi hijau.

Aglaonema Diana

Tanaman ini tergolong istimewa karena motif umumnya sdah nyaris hilang sempurna. Daunnya berwarna kuning cerah berpadu dengan tulang daun merah yang melebar.

Aglaonema Dolores

Jenis ini merupakan jenis yang langka dan banyak diburu penggemarnya. Keistimewaan dolores yaitu pada dedaunnya yang berwarna merah dan kuning merata.

Aglaonema Donna carmen

Tampak istimewa dengan daun yang berbentuk bulat cekung seperti mangkuk dengan ujung daun yang cukup runcing. Keistimewaan mutasi donna carmen berupa tulang daun yang berwarna pink lembut melebar ke helaian daunnya.

Aglaonema Mutasi Langka dan Istimewa

Itulah informasi tentang aglaonema mutasi ya Sob. Kira-kira kamu sudah ada bayangan mau koleksi yang mana? Semoga bermanfaat ya!