9 Tanaman Hias Bunga Tropis, Indah dan Mudah Dirawat!

9 Tanaman Hias Bunga Tropis, Indah dan Mudah Dirawat! – Sobat Waca Berita, semoga selalu sehat. Di dunia ini banyak jenis bunga dengan berbagai latar belakang atau asal yang berbeda. Ada yang hidupnya di iklim dingin dan ada juga yang hidupnya di iklim tropis. Jenis bunga hias yang hidupnya di daerah dengan iklim dingin belum tentu bisa mekar dengan indah jika ditanam di daerah tropis.

Sobat, Indonesia termasuk dalam negara beriklim tropis. Curah hujannya cukup tinggi, tingkat kelembabannya pun tinggi. Di Indonesia, rata-rata temperatur cuaca ada pada angka 18 hingga 38 derajat Celcius.

Tentu saja hal ini membuat kamu harus benar-benar cerdas dalam memilih bunga yang tepat untuk ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia. Bunga yang kamu tanam di halaman rumah kesayangan bisa tumbuh subur dan mekar dengan indah, asalkan kamu bisa merawat dan mencegah tanaman rusak karena hama atau penyakit.

Jenis tanaman hias bunga tropis

Nah, sebenarnya apa saja sih jenis tanaman bunga yang cocok ditanam di daerah tropis? Simak penjelasannya berikut yuk.

Bunga Jengger Ayam

bunga jengger ayam, tanaman hias bunga tropis

Bunga ini diberi nama jengger ayam karena bentuknya yang menyerupai jengger ayam sungguhan. Warnanya tidak hanya merah, tapi ada juga yang kuning dan oranye. Bunga yang satu ini cukup tahan banting dengan sinar matahari dan mampu berbunga berkali-kali dalam waktu satu bulan.

Baca Juga :  Kembang Anting Putri Idola Pehobi Bonsai

Bunga Kertas atau Bougainvillea

bunga bougenville tropis

Pohon bunga yang mudah ditemukan di sekitar rumah kamu nih sob. Bunga ini mirip seperti bunga kertas di sekitar rumah. Pasalnya bunga yang juga disebut bunga Bougainvillea (sering juga disebut Bougenville) ini mampu tumbuh subur di seluruh penjuru Indonesia.

Perawatannya yang mudah membuat tanaman hias bunga yang satu ini begitu populer. Warna-warnanya antara lain adalah merah, kuning, ungu, dan oranye.

Bunga Kamboja

bunga kamboja

Salah satu jenis tanaman hias bunga yang sering ditemukan pada kompleks pemakaman ini ternyata bisa tumbuh subur di daerah tropis meski jarang disiram dengan air dan diberikan pupuk. Kelopaknya berukuran cukup besar dengan perpaduan warna putih bersih dan kuning.

Bunga Tabebuya, tanaman hias bunga tropis yang eksotis

bunga tabebuya

Tanaman hias yang aslinya berasal dari Brazil ini sering disebut-sebut sebagai sakura di daerah tropis. Bunga Tabebuya ini tumbuh pada pohon tabebuya. Warna kelopaknya ada yang kuning dan ada yang pink.

Selain bisa tumbuh subur di daerah tropis, tanaman ini bisa juga tumbuh subur di daerah subtropis. Sangat cocok untuk menghiasi taman belakang rumah milikmu.

Bunga Euphorbia

Bunga berikutnya adalah Euphorbia. Ukurannya kecil-kecil dengan bentuk kelopak yang melingkar. Warnanya ada yang merah, merah muda, dan putih. Bagian tengahnya berwarna kuning. Jenis tanaman hias ini memiliki 2.420 spesies berkat campur tangan manusia. Biasanya bunga Euphorbia ini digunakan orang Meksiko untuk membuat lilin.

Bunga Melati

Bunga yang cocok ditanam di daerah tropis berikutnya adalah flora kebangaan masyarakat Indonesia, melati. Warnanya putih melambangkan kesucian. Baunya pun sangat harum. Pilihan tanaman hias yang sifatnya merambat dengan sejumlah daun hijau ini sering digunakan sebagai ronce pelengkap dandanan pengantin Jawa.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tumbuh Lebat

Tanaman Hias Bunga Tropis: Bunga Pentas

Kalau yang satu ini pasti identik dengan masa kecil kamu, bunga Pentas merupakan salah satu tanaman hias bunga tropis, memiliki warna merah dan berukuran kecil. Pada waktu masih anak-anak, kita akan menarik bagian tengahnya kemudian menghisap madu yang ada di ujung dalam.

Meski kecil, bunga Pentas ini terlihat besar karena tumbuh banyak pada satu titik membentuk buket. Bunga Pentas yang termasuk tanaman hias tahan panas ini juga tahan terhadap ulat dan kutu, lho!

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu memiliki ukuran yang cukup besar dengan pilihan warna ungu, merah, kuning, dan merah muda. Bentuk kelopaknya ada dua macam, yaitu kelopak tunggal dan kelopak tumpuk.

Keduanya sama-sama cantik untuk ditanam di taman depan rumah. Daya tahannya sama seperti bunga Kertas yang tahan dengan cuaca panas dan matahari terik.

Bunga Marigold

Bunga Marigold memiliki warna yang sangat cantik yaitu perpaduan kuning dan oranye yang terlihat keemasan. Kelopaknya saling bertumpuk sehingga terlihat semakin mempesona.

Tanaman ini sangat menyukai matahari sehingga kamu bisa menanamnya tanpa perlindungan di luar ruangan. Salah satu daerah penghasil bunga Marigold terbesar di Indonesia berada di Bali, karena bunga ini sering digunakan untuk upacara adat.

Tanaman Hias Bunga Tropis

Dari sekian banyak bunga tropis, ciri utamanya adalah tahan sinar matahari dan cuaca yang panas. Nah Sobat, kira-kira kamu mau menanam yang mana sob? Semoga daftar tanaman hias bunga tropis pada artikel ini bisa membantu kamu memilih bunga yang bisa kamu tanam di sekitar rumah.

Selamat menanam, semoga bermanfaat ya Sob!