Bayam Rambat yang Kaya Gizi dan Manfaat

bayam rambat

Bayam Rambat yang Kaya Gizi dan Manfaat – Sobat Waca Berita, inilah bayam rambat atau ada yang menyebutnya gondola, gandola, dan lembayung malabar.

Tanaman ini nampak seperti ular yang bergerombol dan merambat di pagar. Oleh karena itu tanaman ini lazim menjadi penghias di pagar atau di teras rumah.

Dilansir dari wikipedia, nama latinnya adalah Basella alba. Tanaman ini berasal dari India anak benua, Indocina, Malaysia, Indonesia, Filipina, New Guinea; menjadi tumbuhan umum di Afrika, Cina selatan, Amerika tengah, dan berbagai negara Oseania.

Selain menjadi tanaman hias yang elok dipandang, gondola juga kaya akan nutrisi atau gizi.

Rasa dari daun tumbuhan ini enak di lidah, gurih dan segar. Akan tetapi di Indonesia belum sepopuler sayuran umum lain yaitu bayam atau selada. Oleh karena itu masih belum ditemukan banyak petani yang membudidayakan tanaman ini.

Kandungan gizi dan manfaat bayam rambat

Meski belum populer, kamu dapat mendapatkan beberapa manfaat jika mengonsumsi bayam rambat. Sayuran ini dapat diolah dengan cara dimasak seperti sayur lainnya. Kandungan nutrisi pada tumbuhan ini antara lain kaya akan protein, lemak, karbohidrat dan serat. Selain itu mengandung vitamin C, vitamin A dan kalsium.

Kamu bisa memanfaatkan rebusan daunnya untuk melancarkan air besar. Sementara buahnya kaya akan zat antosianin yang dapat menurunkan tekanan darah. Sementara itu perasan buahnya dapat dipakai sebagai pewarna alami.

Budidaya tanaman gondola

Di Indonesia, tanaman ini belum begitu populer. Padahal jika melihat kandungan dan cara budidaya yang cukup mudah, bayam rambat ini lumayan menggiurkan. Kamu dapat menanamnya pada lahan yang cukup. Sebelum ditanam, bibit tanaman gondola disemai terlebih dahulu hingga muncul tunas daun sejumlah empat atau lima lembar. Setelah disemai, petani dapat memindah bibit tersebut ke media tanam. Dengan perawatan dan pemupukan yang baik, kamu dapat memanen tanaman ini setelah 30-45 hari. Karena tanaman ini merambat jadi memerlukan ajir dalam penanamannya di lahan.

Baca Juga :  Biodata Slamet Rijadi, Pahlawan Nasional

Demikian informasi tentang tanaman bayam rambat yang kaya manfaat, semoga bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski