Anggrek Besi Papua, Eksotis dan Langka

anggrek besi papua

Anggrek Besi Papua, Eksotis dan Langka – Sobat Waca Berita, anggrek merupakan tanaman hias yang masih populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tentu saja anggrek yang memiliki bunga yang indah sangat menarik untuk ditanam dan menjadi hiasan tempat tinggal kamu. Tahukah kamu, ternyata tidak banyak yang mengetahui kalau Indonesia memiliki spesies anggrek yang beragam. Salah satunya adalah anggrek alam langka yang tumbuh hanya di Papua saja.

Hutan papua memang terkenal sangat kaya akan tanaman anggrek. Lebih dari 2000 jenis anggrek tumbuh secara alami di sana. Jumlah terbanyak adalah jenis anggrek dendrobium. Anggrek yang memiliki berbagai macam bentuk unik dan langka. Anggrek dari Papua sering disilangkan dengan jenis lain untuk menghasilkan bunga anggrek baru yang istimewa.

Salah satu anggrek asli Papua disebut Anggrek Besi. Bagaimana ciri-ciri dan apa istimewanya? Simak informasi tentang anggrek besi papua berikut ini.

Mengenal Anggrek Besi Papua

Nama ilmiah anggrek ini adalah Dendrobium violaceoflavens. Disebut anggrek besi kemungkinan karena bentuk batang pohonnnya yang keras, kekar dan kokoh seperti layaknya sebuah besi.

Tanaman anggrek ini bisa tumbuh mencapai ukuran 2m. Daun tanaman anggrek ini bulat dan kaku.

Bunga dari anggrek ini sangat wangi. Memiliki kombinasi warna yang cantik yaitu kuning dan ungu violet. Sesuai dengan namanya ya sob, viola-flavens.

Bentuk bunganya juga unik, karena memiliki sepal-petak yang melengkung ke belakang hingga menampilkan bagian labellum yang berwarna ungu.

Anggrek besi papua ini tergolong tanaman yang tumbuh secara alami, bukan hasil dari persilangan. Anggrek ini sering dijadikan sebagai indukan bagi anggrek-anggrek hibrida hasil silangan dengan anggrek lain.

Merawat Dendrobium violaceoflavens

Perawatan anggrek besi sebenarnya seperti perawatan anggrek pada umumnya, karena anggrek ini termasuk anggrek alam, jadi tidak sesulit merawat anggrek hasil silangan.

Baca Juga :  Apa Saja yang Sudah Kamu Pelajari Hari Ini Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 33 dan 34

Sebenarnya masih ada jenis anggrek lain yang berasal dari Papua, tunggu update informasi dari Waca Berita selanjutnya, ya!

Demikian informasi singkat tentang anggrek Besi Dendrobium violaceoflavens yang Eksotis dan Langka. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski