Biodata Alan Turing Penemu Mesin Turing

Biodata Alan Turing Penemu Mesin Turing

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Alan Turing seorang penemu mesin turing. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin turing, simak penjelasannya berikut ini.

Alan Mathison Turing adalah seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang asal Inggris.
Alan Turing lahir pada tanggal 23 Juni 1912. Dia ialah seorang dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama.

Selain itu Alan adalah orang pertama yang berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Alan mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program.

Alan juga memberikan ide tentang mesin Turing, mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah. Alan juga yang mencetuskan tes Turing. Namanya diabadikan dalam nama Penghargaan Turing.

Pada tahun 1936, Alan pergi ke Princeton University di Amerika lalu kembali ke Inggris pada tahun 1938. Disana ia mulai bekerja secara rahasia sebagai tenaga paruh waktu untuk departemen kriptoanalisis Inggris, Kode Pemerintah dan Sekolah Cypher.

Pada saat pecah perang dunia II Alan mengambil pekerjaan penuh waktu di kantor pusatnya, Bletchley Park. Di sana Alan memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu.

Alan memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menterjemahkan pesan Jerman. Alan menjadi tokoh terkenal dan agak eksentrik di Bletchley.

Setelah perang dunia II selesai, Alan Turing berubah pikirannya untuk pengembangan mesin yang secara logis akan memproses informasi. Alan bekerja pertama untuk National Physical Laboratory (1945-1948).

Baca Juga :  Biodata Charles Louis Alphonse Laveran Penemu Parasit Protozoa

Rencananya itu ditolak oleh rekan-rekannya dan laboratorium yang diusulkan untuk proyek tersebut kalah untuk menjadi yang pertama merancang sebuah komputer digital.

Pada tahun 1949, Alan pergi ke Manchester University di mana dia memimpin laboratorium komputasi dan mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan. Pada tahun 1951 Alan dipilih sebagai salah satu anggota dari Royal Society.

Pada tahun 1952, Alan ditangkap dan diadili atas tindak pidana h0m0sek5ual!tas. Untuk menghindari penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun, yang dimaksudkan untuk menetralkan libidonya.

Pada waktu itu, h0m0sek5ual!tas dianggap sebagai sebuah risiko keamanan karena mereka terbuka untuk memeras. Izin keamanan Alan ditarik, berarti dia tidak bisa lagi bekerja untuk GCHQ, penerus pasca-perang untuk Bletchley Park.

Mesin Turing

Mesin Turing adalah model komputasi teoritis yang ditemukan oleh Alan Turing, berguna sebagai model ideal untuk melakukan perhitungan matematis.

Meskipun model ideal ini diperkenalkan sebelum komputer nyata dibangun, model ini tetap diterima kalangan ilmu komputer sebagai model komputer yang sesuai untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat selesaikan oleh komputer atau tidak (menentukan computable function).

Mesin Turing terkenal dengan ungkapan ” Apapun yang bisa dilakukan oleh Mesin Turing pasti bisa dilakukan oleh komputer.” Sebuah mesin turing terdiri atas barisan sel tersusun berupa pita yang dapat bergerak maju mundur, komponen aktif baca atau tulis pita yang memiliki status perhitungan serta dapat mengubah atau menulisi sel aktif yang ada di pita tadi, dan suatu kumpulan instruksi bagaimana komponen baca atau tulis ini harus melakukan modifikasi terhadap sel aktif pada pita, serta bagaimana menggerakkan pita tersebut.

Baca Juga :  Pemanfaatan Sumber Daya Energi dan Perubahan Energi

Pada setiap langkah dalam komputasi, mesin ini akan dapat mengubah isi dari sel yang aktif, mengubah status dari komponen baca atau tulis, dan mengubah posisi pita ke kiri atau ke kanan.

Kematian

Alan Mathison Turing meninggal pada tanggal 7 Juni 1954 pada umur 41 tahun, di Maide Vale, London, Inggris. karena bunuh diri.

Penutup

Itulah biodata Alan Turing seorang penemu mesin turing. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu